Tips Backpacker Ke Tiga Negara ASEAN Anti Mahal

Berencana jalan-jalan ke luar negeri? Tapi tak ingin jauh-jauh? Mudah banget kok, pilih saja tiga negara berikut yang bisa kamu kunjungi sebagai tujuan backpacking.

Singapura yang terkenal dengan kota modern yang serba teratur dan bersih. Malaysia yang masih menyisakan peninggalan masa kolonial dan banyaknya suku dan ras yang bisa kamu rasakan atau Thailand yang memiliki budaya yang beda dengan Indonesia dan alamnya yang asyik untuk dijelajahi.

Atau masih bingung pilih diantara ketiga negara tetangga tersebut untuk jadi tujuan backpacking selanjutnya? Nah, bagaimana kalau langsung backpacker ke tiga negara sekaligus mumpung letaknya berdekatan dan transportasi umum yang menghubungkan ketiga negara ini sudah bagus. Yuk, simak tips backpacker ketiga negara ini, Singapura, Malaysia dan Thailand.

 

1.   Tentukan Rute

Sebelum melakukan perjalanan, tentukan rute terlebih dahulu negara mana yang akan kamu singgahi pertama kali. Rute paling ideal adalah Singapura – Malaysia – Thailand atau sebaliknya. Atau mungkin kamu ingin berangkat dari Bangkok, Thailand dan berakhir di Singapura juga bisa lho.

 

2.   Melintasi perbatasan antar negara lewat jalur darat

Kamu bisa menggunakan transportasi darat seperti bus dan kereta menjadi pengalaman yang unik & berharga, namun naik pesawat bisa juga mendapatkan harga yang sama. Kalau pilihan kamu melewati perbatasan antar negara dengan jalan darat bisa menggunakan bus atau kereta tapi kalau kamu ingin naik pesawat, maka rajin-rajinlah membandingkan harga tiket pesawat.

 

Nah kalau naik kereta, pilihlah naik sleeper train yang nanti bisa kamu gunakan sebagai tempat tidur dari Singapura hingga Bangkok. Istimewanya kereta ini melewati tiga negara di Asia Tenggara.

 

3.   Tentukan tempat menginap

Selama perjalanan melintasi 3 negara sebaiknya menginap di Singapura, KL, Penang atau Butterworth dan Bangkok. Kalau kamu ada jadwal yang pasti lebih baik memesan penginapan jauh-jauh hari jadi kamu tidak perlu bingung lagi ketika sudah sampai di tempat tujuan. Namun bila kamu tipe orang yang go with the flow dan santai, kamu bisa pesan penginapan sehari sebelumnya atau waktu di perjalanan. Ingat sebelum memesan penginapan, pilihlah yang berdekatan dengan transportasi umum.

 

4.   Siapkan uang cash

Sebelum berangkat ke negara masing-masing, siapkan uang cash dari berbagai masing-masing mata uang. Mata uang ini akan berguna untuk membeli makanan dan membayar bus kota. Memang di tiga negara bisa ambil ATM namun belum tentu di stasiun atau bus tersedia ATM dan bisa menerima kartu ATM asal Indonesia.

 

Sebaiknya kamu sudah menyiapkan uang cash dalam pecahan masing-masing negara selama satu hari untuk biaya hidup. Kekurangan uang di tempat tujuannya bisa mencari money changer atau tarik tunai di ATM. setidaknya bisa membeli makan dan bayar ongkos bus kota.

baca juga:

Kesulitan Mencari Penerjemah Bahasa Inggris, Lakukan Ini Saat Travelling

 

5.   Tentukan lama waktu liburan

Idealnya backpacker ke tiga negara membutuhkan minimal seminggu perjalanan termasuk perjalanan dan waktu menginap sehari. Mari kita putuskan bawa tujuan pertama adalah Singapura, Kuala Lumpur, Penang dan Bangkok dan masing-masing kota minimal satu hari untuk bermain. Ditambah waktu perjalanan dari Singapura ke KL sekitar 1 hari, KL ke Penang sekitar 4-5 jam dan Penang ke Bangkok sekitar 22 jam.

 

6.   Pahami Negara Tujuan

Melakukan perjalanan ketiga negara harus dipahami secara terperinci negara yang akan disinggahi seperti tempat wisata, penginapan, transportasi, makanan karena setiap negara memiliki keunikan tersendiri. Pilih tempat yang banyak review dari traveler lain agar tidak salah pilih. Untuk transportasi sebaiknya pilih transportasi publik agar menghemat biaya untuk transportasi. Selain itu sebaiknya makan di street food yang memberikan nuansa berbeda dari masing-masing negara. Khusus yang mencari makanan halal perhatikan logo dan penjual yang ada di kaca display.

 

7.   Bawa barang penting saja

Jangan pernah membawa barang yang tidak penting ketika traveling selain menghambat kamu dalam perjalanan, kamu juga akan terbebani di bagian bagasi pesawat saat hendak pulang maupun berangkat.

 

8.   Pilih transportasi darat yang berangkat malam

Sebaiknya pilih transportasi yang berangkat malam, selain menghemat biaya menginap lumayan untuk tidur sejenak dalam perjalanan. Terlebih lagi kamu terhindari dari jam sibuk imigrasi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.