Travelling Budget Pas-pasan! Ini Tips Backpacker ke Jepang Anti Mahal

Jepang memang tidak pernah terlewatkan untuk tujuan wisata dari berbagai turis belahan dunia.

Tak ada yang salah jika Jepang banyak peminatnya karena memiliki destinasi menarik, budaya dan  pemandangan yang indah untuk ditelusuri.

Meskipun memiliki wisata yang lengkap, banyak juga yang beranggapan bahwa berlibur ke Jepang akan menguras kantong padahal banyak cara untuk lebih berhemat ketika berkunjung ke Jepang lho.

Kamu bisa berlibur dengan cara backpackeran dan menerapkan tips ini untuk menuju negeri Sakura ini. Tips ini nggak hanya tentang cara mengatur keuangan tetapi juga mencari tempat makan enak & murah lho.

 

Berkunjung saat pergantian musim atau musim dingin.

hostelworld

Memilih waktu yang pas saat berlibur adalah kunci untuk menghemat budget, jadi pilihlah waktu pergantian musim atau musim dingin.

Saat dua waktu itu kamu bisa mendapatkan tiket penerbangan dengan harga yang terjangkau. Jepang yang memiliki empat musim.

Sehingga harga tiket penerbangan ke Jepang berbeda-beda setiap musimnya. Umumnya harga penerbangan paling tinggi pada saat terjadi musim semi sedangkan saat harga penerbangan paling murah  bisa kamu temukan saat musim dingin.

 

Kalau musim lainnya harga tiket berada di kisaran Rp. 5 juta – Rp. 9 juta, tapi tidak begitu halnya dengan musim dingin. Sedangkan di musim dingin, kamu bisa mendapatkan harga tiket pulang pergi ke Jepang bisa Rp. 4 juta hingga Rp. 7 juta. Harga tiket yang patut dipertimbangkan, bukan?

 

Berwisata ke Jepang saat musim dingin pun menawarkan keuntungan,lho. Misalnya, kamu akan terhindar dari kerumunan penduduk dan wisatawan, khususnya di Tokyo yang biasanya kerap terlihat kerumunan orang pada jam sibuk.

Karena kebanyakan orang Jepang lebih suka berdiam di rumah sehingga kamu bisa merasakan suasana Jepang yang lebih sepi dan nyaman. Jangan lupa gunakan JR Pass saat berkeliling di negeri sakura ini.

 

Penggemar anime, wajib ke Lashiban.

Japanese For Travelers

Kamu penggemar anime, berarti kamu tidak boleh melewatkan kesempatan berburu anime di negeri sakura. Saat di Jepang, kamu bisa berkunjung ke Lashiban untuk berburu barang anime dengan harga yang bersahabat.

Walaupun barang-barang bekas, kamu nggak perlu khawatir tentang kualitasnya karena barang ditawarkan dijamin bikin kamu ingin memborong semuanya.

Salah satu koleksinya adalah CD Kuroko no Basuke yang dijual dengan harga 300 yen saja, sedangkan harga barang masih mencapai 3.000 yen.

Jadi, jangan sampai kamu tidak datang ke Lashiban untuk membeli barang-barang anime favorit saat liburan ke Jepang.

 

baca juga:

3 Pantai Spektakuler yang Jadi Surga Liburan di Nusa Tenggara Timur

 

Siapkan Kartu Suica.

bangwin

 

Selalu siapkan Kartu Suica agar perjalananmu di Jepang berjalan lancar. Suica sendiri merupakan kartu yang berfungsi mirip dengan e-money untuk pembayaran transportasi umum non taksi, khususnya kereta api dan bus.

Selain itu, kartu ini juga bisa digunakan berbelanja di beberapa jejaring convenience store seperti Lawson atau Family Mart.

Jadi sebelum berkeliling Jepang, pastikan kamu mempunyai kartu ini karena banyak transportasi umum di Jepang menerima pembayaran dengan kartu Suica.

Kartu ini bisa kamu dapatkan di salah satu pengelola transportasi kereta bernama JR-East yang ada di bandara, stasiun maupun terminal bus pada ticket office dan vending machine.

 

Menginap lah di distrik paling murah.

jpninfo

Penginapan biasanya menjadi salah satu biaya paling besar yang dikeluarkan saat liburan, tak terkecuali di Jepang.

Oleh karena itu, kamu harus jeli dalam memilih penginapan agar tetap menghemat dan pilihlah yang sedang promo.

Alangkah baiknya, kamu tidak memilih penginapan di tengah kota karena biasanya penginapan di pusat kota mematok harga yang cukup mahal.

Hindari menginap di distrik Shinjuku atau Roppongi Hills karena biaya menginap disana bisa menghabiskan Rp 1,5 juta – Rp 3 juta per malam. Jadi menginap di distrik Chiba atau luar Tokyo sebagai solusi untuk menghemat budget sewa kamar.

 

Jangan takut untuk jalan kaki.

tsunagu Japan

Kalau kamu membayangkan Jakarta atau kota-kota besar di Indonesia lainnya dengan berjalan kaki pasti sulit untuk dibayangkan.

Namun tidak dengan Jepang. Negara ini terkenal dengan peraturannya yang mengutamakan pejalan kaki sehingga tak heran kalau pejalan kaki di Jepang adalah raja.

 

Takeshita Dori, Pusat oleh-oleh Jepang paling murah.

Japan Hoppers

 

Takeshita Dori merupakan sebuah jalan di Jepang yang biasanya dijadikan tempat nongkrong anak muda. Selain itu menjadi lokasi hangout seru dan pusat perbelanjaan yang menyenangkan.

Mulai dari produk kaos, rok, souvenir hingga aksesoris Jepang bisa kamu temukan di jalan Takeshita Dori. Semua toko yang ada di jalan ini menawarkan barang-barang mulai 100 yen saja.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.