Lebih PeDe Jalan-jalan, Tips Aman Wanita Travelling Sendirian

Pernahkah Anda mendengar istilah solo travelling? Sesuai namanya, traveller akan melakukan travelling secara solo atau sendiri.

Ada banyak manfaat yang dipetik dari kegiatan satu ini. Selama perjalanan, Anda akan ditantang untuk lebih teliti dalam mengambil keputusan sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Solo travelling juga membuat Anda bebas dalam menentukan rencana. Selain itu, beberapa traveller memiliki alasan tersendiri untuk solo travelling.

Seperti ingin menikmati perjalanan pribadi hingga menenangkan diri. Manfaat lain yang akan Anda dapatkan ialah bertemu banyak teman baru.

Solo travelling banyak sekali diminati oleh para traveller dunia. Mungkin Anda adalah salah satunya. Dalam melakukan travelling, keamanan adalah prioritas utama. Keamanan diri sendiri harus Anda perhatikan, terutama jika Anda melakukan solo travelling.

Salah satu bentuk kejahatan yang sering terjadi pada banyak orang adalah kejahatan seksual. Tak hanya wanita, kejahatan seksual bisa menyerang pria sekalipun sebagai target.

Anda pasti sering mendengar pengalaman buruk yang sering muncul di media sosial mengenai kejahatan seksual yang dialami para traveller.

Contoh yang menggemparkan public ialah Grace Millane, ia dibunuh tepat seusai berkencan Ketika melakukan solo travelling.

Untuk itu, Anda perlu melakukan Tindakan preventif untuk melindungi diri saat traveling. Apa saja tips nya? Simak berikut ini.

1. Selalu Berkabar

Meski travelling dengan diri sendiri, Anda harus tetap mengupdate kabar dan keadaan diri Anda selama perjalanan. Entah kepada istri / suami, orang tua, sahabat, atau rekan terdekat Anda.

Terutama jika anda melakukan perjalanan ke luar pulau bahkan ke negeri orang. Berkabar ialah hal yang sangat penting.

Beri nomor telepon lokasi tempat Anda menginap pada orang terdekat. Anda bisa mendapat nomor penting tersebut  pada resepsionis atau agen travel.

Memberikan nomor telepon atau kabar terbaru pada orang terdekat Anda akan sangat membantu jika terdapat hal darurat yang tidak diinginkan selama perjalanan.

 

2. Pilih Akses Penginapan yang Aman dan Terjangkau

Sebelum Anda berangkat ke lokasi tujuan Anda, pastikan lokasi penginapan sudah Anda tentukan. Jangan sampai asal pilih dalam memilih penginapan karena ini adalah salah satu hal penting dalam menjaga privasi dan keamanan selama travelling.

Memang, beberapa destinasi wisata menyediakan fasilitas lengkap seperti penginapan. Namun, hal ini bukan menjadi penjamin keamanan Anda. Penginapan seperti losmen atau hostel bisa menjadi lokasi target kejahatan.

Untuk itu, memeriksa penginapan yang aman dengan lokasi terjangkau ialah hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Perhatikan pula lokasi tempat Anda menginap.

Apakah cukup aman untuk pendatang seperti diri Anda? Apakah pernah terjadi Tindakan kejahatan? Periksalah secara detail.

 

3. Hindari Mabuk dan Pulang Malam

Mungkin lokasi penginapan yang Anda pilih sudah terjamin aman dan terjangkau. Namun, Tindakan kejahatan bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Cukup mustahil untuk dihentikan!

Tak hanya wanita, pria juga perlu menghindari pulang terlalu larut saat berada di tempat yang dikunjungi. Apalagi sampai mabuk tak sadarkan diri. Hindari berpesta berlebihan Ketika Anda dalam solo travelling.

Keadaan mabuk bisa membuat perjalanan pulang tidak fokus dan memberi peluang para begal untuk menjadikan Anda sasarannya.

 

baca juga:

Jangan Nekat Sendirian! 7 Negara Berbahaya untuk Female Solo Traveller

 

4.  Siapkan Alat Perlindungan Diri

Saat mempersiapkan barang bawaan untuk solo travelling, alat perlindungan diri tidak boleh Anda lewatkan. Barang ramah di kantong yang dapat melindungi serangan kejahatan.

Seperti eyes spray yang disemprot ke mata penjahat, baton stick untuk memukul pelaku, hingga sebuah peluit untuk memberikan penanda melalui bunyi wajib Anda bawa.

List benda tersebut akan bermanfaat saat waktu emergency. Meski hanya sebuah benda kecil, namun Anda bisa mencari pertolongan saat dibutuhkan.

 

5. Jangan Mudah Percaya

Meski melakukan travelling seorang diri dan mudah mendapat banyak kenalan, Anda tidak boleh mudah percaya dengan orang yang baru Anda temui.

Seorang solo traveller biasanya memiliki insting kuat yang dapat membaca situasi dan orang disekitarnya. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari hal tak menyenangkan yang tidak diinginkan.

Kelima tips di atas wajib Anda terapkan kala melakukan solo travelling agar terhindar dari kejahatan seksual. Tetaplah waspada dimana Anda berada dan kemana pun Anda pergi. Selamat travelling!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.