Tips Aman dan Jaga Keselamatan Diri Saat Berlibur, Apa yang Perlu Dilakukan?

Bencana alam tentu tidak dapat diperkirakan atau diprediksi sebelumnya. Apalagi ketika Anda sedang melakukan perjalanan entah itu keluar kota, atau sedang menikmati traveling di tempat tertentu. Di musim ini, bencana alam berupa banjir dan longsor akibat hujan deras marak terjadi dan bisa saja mengganggu perjalanan.

Jika Anda terjebak ditengah bencana tersebut ketika sedang berlibur, apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana jika Anda sama sekali tidak menyangka jika bencana alam terjadi di tengah waktu traveling Anda? Tentu saja sebagian diantara Anda sama sekali tidak menyiapkan apapun untuk menghindari kondisi-kondisi tersebut.

Lalu, bagaimana caranya agar kita tetap siaga bencana meskipun dalam waktu berlibur dan traveling? Ini dia tips yang patut diperhatikan agar traveling tetap aman dan terkendali.

1.Perhatikan Kondisi Kesehatan

Sebelum melakukan traveling, pastikan tubuh Anda sudah berada dalam kondisi sehat wal afiat. Jika Anda dalam kondisi yang kurang fit, tunda dulu perjalanan Anda hingga tubuh kembali normal. Sediakan pula obat-obatan tambahan ketika melakukan persiapan traveling. Mengapa? Saat traveling di tengah tempat yang mudah terkena bencana, kondisi tubuh sangat penting agar Anda tidak mudah jatuh sakit. Contohnya, ketika terjadi hujan deras dengan suhu yang dingin, tubuh yang kurang fit akan mudah masuk angin ketika terkena hujan beserta angin dinginnya. Oleh karena itu, meskipun tempat yang Anda kunjungi sedang tidak bermusim hujan deras, setidaknya Anda tetap siap akan segala hal yang mungkin saja terjadi.

2.Bawalah Payung dan Jas Hujan

Meskipun Anda berkendara dengan menggunakan mobil dan transportasi tertutup, payung dan jas hujan harus selalu tersedia di dalam tas Anda. Apalagi Anda sedang berlibur di kawasan dataran tinggi yang mudah hujan atau destinasi wisata yang berada di alam. Anda tidak akan tahu kapan hujan turun di tempat Anda berada. Dengan payung dan jas hujan, setidaknya Anda akan terhindar dari pusing dan flu, bahkan baju kebasahan akibat derasnya hujan dan banjir.

3.Cari Tahu Keamanan Destinasi Wisata dan Akses Jalan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda sudah mengetahui kondisi dan situasi destinasi wisata yang Anda pilih. Jika tempat itu sedang mengalami bencana atau sedang dalam kondisi rawan bencana, lebih baik batalkan saja perjalanan Anda lalu pilih destinasi wisata lainnya. Selain itu, perhatikan pula akses jalan yang akan Anda lalui. Biasanya, akses jalan untuk destinasi wisata alam memiliki jalur yang rawan longsor, apalagi ketika berada pada waktu musim hujan. Jika memang rawan longsor dan banjir, pilihlah jalur alternative lainnya yang lebih aman meskipun jalur itu lebih jauh.

Baca juga:

5 Destinasi Wisata Menyeramkan yang Bikin Adrenalin Berdesir, Berani Datang?

5 Destinasi Wisata Alam Thailand Untuk Travelling Rame-rame Bareng Teman Kuliah

10 Hal Tersembunyi di Hotel yang Belum Kamu Ketahui

Bencana Gempa di Surga Wisata Lombok, Apa Pentingnya Ikut Asuransi Perjalanan?

Cuma Libur 2 Hari dan Budget Minimal, Ini 7 Tips Agar Liburan Tetap Maksimal

6 Tempat Wisata Keren di NTT yang Bikin Kamu Tidur Tersenyum Sepulang Liburan

4.Mengecek Kondisi Cuaca di Internet

Internet pada smartphone sudah menyediakan perkiraan cuaca di berbagai tempat. Sebelum menuju lokasi, pastikan Anda sudah mengetahui cuaca yang sedang dialami di tempat itu hingga beberapa jam atau beberapa hari ke depan. Itu dilakukan agar Anda dapat berjaga-jaga jika terjadi bencana alam seperti hujan lebat yang dapat berakibat longsor, atau cuaca terik sehingga Anda dapat mempersiapkan pakaian yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menanyakan cuaca yang sedang terjadi pada teman atau kerabat Anda yang sedang berada di lokasi wisata untuk lebih memastikan kondisi destinasi agar traveling lebih tenang dan aman.

5.Mengetahui Tentang Bencana Alam di Kota Tujuan

Selain mempersiapkan fisik dan mental, Anda juga harus tau bencana apa saja yang telah dialami kota tujuan Anda selama sebulan atau beberapa bulan terakhir. Bencana yang terjadi dapat berupa longsor, banjir, dan yang lainnya sehingga Anda dapat jaga-jaga akan terjadinya bencana susulan. Semua kabar bencana alam dapat Anda pantau di beberapa channel berita di tv atau beberapa situs di internet untuk lebih lengkapnya. Jika kota tujuan Anda sedang berada dalam kondisi tidak baik, maka sebaiknya Anda mengganti destinasi wisata ke kota lainnya yang lebih aman agar liburan tetap berjalan meskipun dengan tempat yang berbeda.

***

Pastikan liburan Anda aman dan nyaman bersama agen travel wisata yang berpengalaman dan kredibel. Jari Adventure tour and travel, siap mengakomodir kebutuhan perjalanan wisata Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.