Tinggalkan Rumah Untuk Mudik Lebaran, Perhatikan 5 Tips Keamanan Ini

Tradisi mudik lebaran di Indonesia sudah terjadi selama bertahun – tahun bahkan sejak era zaman Majapahit. Warga masyarakat yang merupakan pendatang di perkotaan, akan pulang kembali ke kampung halaman masing – masing dalam rangka melaksanakan berbagai tradisi keluarga selama Ramadhan.

Menempuh perjalanan panjang ke kampung halaman masing – masing seolah –olah bukan menjadi halangan demi bisa berjumpa dan berkumpul lagi dengan saudara dan keluarga di rumah.

Nah, otomatis ketika pergi mudik, rumah akan ditinggalkan dalam kondisi kosong. Tak ayal, kesempatan ini kerap dijadikan oknum kriminal untuk melancarkan aksi pencurian.

Agar tidak menjadi korban kriminalitas karena rumah kosong ditinggal mudik sang penghuni, yuk simak 5 tips aman tinggalkan rumah untuk mudik lebaran berikut:

1. Penerangan otomatis

Cara terbaik untuk memberikan rasa aman pada saat rumah kosong adalah memasang lampu sensor cahaya. Lampu penerangan ini bisa menyala dan mati sendiri secara otomatis meski tidak ada orang yang menyalakan dan mematikan di rumah.

Seperti diketahui, salah satu indikasi jika rumah tersebut kosong adalah adanya lampu penerangan di rumah yang senantiasa menyala meski di siang bolong terutama lampu teras rumah.

Nah, dengan adanya lampu sensor cahaya ini ketika kondisi sudah sore atau mulai gelap, lampu akan menyala sendiri. Sementara, jika hari sudah terang, maka lampu akan mati dengan sendirinya.

Hal ini akan meminimalisir perhatian para pencuri yang hendak menyatroni rumah karena menanggap rumah sedang tidak dihuni.

2. Sepeda motor dikunci ganda

Selanjutnya, adalah memasang kunci pengaman ganda pada kendaraan roda dua atau roda empat yang ditinggal di rumah. Pastikan semua kendaraan di parkir di dalam garasi agar tidak memancing keinginan jahat para pencuri.

Jika terpaksa harus ditaruh di teras atau luar rumah, sebaiknya pagar dikunci gembok yang kuat dan kendaraan tersebut tertutup oleh covernya. Selain menghindari pencurian, penutup ini akan menghalangi dari kondisi panas, debu dan hujan.

Saat ini hampir di setiap sepeda motor terbaru sudah terpasang alarm yang memberikan sinyal kepada petugas keamanan.

3. Memeriksa kran air, gas dan colokan listrik

Apabila sudah berencana akan bepergian dalam waktu yang lama ke kampung halaman, pastikan semua colokan listrik sudah dilepas. Termasuk memastikan untuk menutup kran air dengan baik dan melepas selang gas LPG di rumah.

Mencabut steker listrik untuk TV, kulkas, kipas angin, komputer dan sebagainya dapat menghindarkan dari korsleting atau arus pendek yang bisa memicu kebakaran.

4. Melapor ke petugas keamanan kompleks atau RT/RW

Yang tak kalah penting, usahakan untuk selalu memberitahukan informasi bahwa Anda dan keluarga akan pulang ke kampung halaman dan meninggalkan rumah dalam kondisi kosong. Bila perlu, titipkan kunci kepada tetangga, atau pihak satpam maupun petugas RT/ RW jika ada waktu mereka bisa sesekali memeriksa kondisi rumah.

Berikan juga informasi tentang nomor telepon yang bisa dihubungi dan kapan Anda akan kembali ke rumah.

Baca juga:

Liburan Anti- Mainstream, Menikmati Tour Stadion di Spanyol

 

***

Nah, dengan kondisi rumah yang akan ditinggalkan menjadi lebih aman, mudik lebaran pun akan terasa lebih tenang dan nyaman.

Kemana tujuan Anda mudik lebaran nanti? Yang jelas, kemana pun tujuan liburan Anda, pastikan untuk memesan tiket atraksi wisata, transportasi wisata dan kebutuhan perjalanan wisata Anda lainnya hanya ke jasa agen travel wisata terpercaya, Jari Adventure.

Agen wisata Jari Adventure sudah berpengalaman selama bertahun – tahun melayani para klien yang berasal dari seluruh tanah air.

Banyak paket wisata yang tersedia bisa dipilih dengan harga terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget. Termasuk paket wisata untuk study tour, rombongan keluarga dan instansi, individu, hingga exhibition, gathering, outbond dan sebagainya.

Bila Anda berminat untuk memesan paket perjalanan dengan penawaran harga terjangkau dan terhemat, yuk segera pesan melalui nomor Whatsapp Jari Adventure 0877 – 78906999.

Alamat Kantor / Operational Camp : Jl. Sarimanah I No. 10, Sarijadi, Bandung, 40151 dengan nomor telepon 022 – 82001990 atau 0812 – 22279979. Jam kerja kantor mulai pukul 08.00 – 17.00 setiap senin hingga jumat. Atau 09.00 – 17.00 setiap sabtu dan minggu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *