Tetap Sehat dalam Penerbangan, Simak Panduan Halau COVID-19 Ini

Meskipun sudah dibersihkan berulangkali, tidak menjamin bahwa pesawat dapat terbebas sepenuhnya dari kuman.

Hal ini didukung oleh penelitian dari Skyscanner yang menyebutkan bahwa satu dari lima orang dapat terserang flu atau pilek setelah penerbangan.

Namun ketakutan terpapar kuman tidak lantas membuat kita berhenti melakukan perjalanan bukan. Karena perjalanan itu sendiri juga menjadi obat dikala suasana hati sedang tidak baik atau stres karena tekanan pekerjaan yang cukup tinggi.

Agar kita bisa tetap happy bepergian dan terbebas dari kuman saat sedang melakukan penerbangan, ada beberapa kiat khusus yang perlu dilakukan.

Langsung saja yuk, simak cara-cara mudah menghindari kuman saat bepergian dengan pesawat berikut ini.

 

1. Simpan tisu anti-bakteri di tas tangan

Benda satu ini tidak akan memakan banyak tempat di tas tangan kita tapi membawa manfaat yang luar biasa. Lap permukaan yang sekiranya tersentuh penumpang lain sebelum kita seperti sandaran lengan dan meja baki dengan tisu anti-bakteri sebelum kita gunakan.

Tisu anti bakteri juga sangat membantu saat kita bepergian dengan anak-anak yang rentan kotor atau tumpah. Dengan sekali usap, anak-anak sekaligus permukaan yang terkena tumpahan bisa langsung bersih seketika.

 

2. Hindari menggunakan kantong kursi

Salah satu tempat paling rawan di pesawat sebagai lokasi berkumpulnya kuman adalah kantong kursi. Kantong kursi memang jarang dibersihkan.

Beberapa penumpang juga sering menggunakannya untuk menyimpan tisu kotor, makanan sisa, atau benda-benda yang berpotensi mengandung kuman lainnya.

Bila kita meletakkan gadget di sana kemungkinan besar kita ikut menyebarkan kuman tanpa kita sadari. Seram bukan.

 

3. Pesan tempat duduk dekat jendela

Setiap orang memiliki kursi favorit di pesawat tapi jika kita ingin menghindari kuman maka kursi dekat jendela adalah pilihan terbaik.

Kursi dekat jendela memiliki risiko paling kecil terpapar kuman karena terhindar dari sentuhan penumpang lain yang berlalu-lalang ke toilet apalagi jika dia sedang sakit.

 

4. Hindari tempat duduk di dekat toilet

Toilet bisa menjadi tempat yang paling menjijikkan di dalam kabin pesawat. Duduk di dekat toilet bisa membuat kita terpapar oleh kuman-kuman di udara.

Ditambah dengan aroma tidak sedap yang sering tercium, mmebuat tempat di sekitar toilet wajib untuk dijauhi demi kenyamanan dan kesehatan.

Jika memungkinkan, hindari untuk pergi ke toilet selama penerbangan singkat kecuali kita tidak bisa menahannya. Dan, jika harus ke toilet pastikan untuk selalu mengenakan sepatu.

 

5. Sering mencuci tangan

Bepergian melalui bandara membuat kita bersentuhan dengan banyak permukaan. Jadi sebaiknya cuci tangan dengan teratur untuk membunuh kuman yang mungkin menempel pada tangan kita.

Hindari untuk menyentuh wajah terlalu sering dengan tangan kotor agar penyebaran kuman tidak terjadi.

 

6. Banyak minum selama penerbangan

Banyak manfaat yang kita dapatkan bila sering minum air dalam penerbangan.

Seperti menjaga kulit dari kekeringan, membantu menstabilkan tingkat energi, mencegah telinga berdenging dan juga membantu menghilangkan potensi racun.

So, bawa bekal air yang cukup selama perjalanan ya!

baca juga:

Galau Liburan Sendirian? Ini 6 Alasan Kamu Harus Coba Solo Travelling dan Tipsnya

 

7. Nyalakan AC

Beberapa penelitian telah dilakukan tentang manfaat AC di pesawat, dan hasilnya menunjukkan bahwa jika kita mengarahkan udara ke bawah pada diri kita maka hal tersebut dapat bertindak sebagai penghalang terhadap kuman di udara.

Meski begitu udara dingin yang digunakan secara terus menerus dalam beberapa jam tidak baik untuk kesehatan.

Bila kita ingin menerapkan trik menggunakan AC untuk mengusir kuman maka jaga agar tubuh tetap hangat dengan menambahkan beberapa lapis pakaian.

 

8. Ciptakan suasana yang nyaman selama perjalanan

Suhu yang terlalu dingin atau panas dalam penerbangan membuat perjalanan tidak nyaman. Ketidaknyamanan yang tercipta akan membuat sistem tubuh rentan terhadap kuman.

Oleh karena itu, lengkapi diri dengan berbagai keperluan yang dapat membantu menciptakan kenyamanan. Kita bisa membawa bantal khusus yang bisa sewaktu-waktu digunakan bila ingin tidur sejenak.

Baik penerbangan singkat atau panjang, jika kita mau menerapkan langkah-langkah praktis seperti di atas maka kita tidak perlu takut akan jatuh sakit saat sedang bepergian sehingga dapat menikmati liburan dengan menyenangkan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.