Tetap Langsing Buat Camilan, Coba 7 Buah-buahan untuk Bekal Travelling

Buah merupakan makanan yang kaya akan serat serta nutrisi. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah-buahan.

Kandungan seratnya bisa melancarkan pencernaan dan menyehatkan. Tak hanya itu, mengonsumsi buah secara teratur ternyata bisa membantu tubuh memiliki berat badan yang ideal dan terhindar dari obesitas.

Menurut penelitian, ada beberapa jenis buah yang dapat membantu menurunkan berat badan. Itu karena buah memiliki kalori yang rendah namun tinggi akan serat.

Pantas saja perut akan kenyang lebih lama setelah mengonsumsi buah sehingga keinginan untuk makan bisa berkurang.

Jika Anda bingung buah apa saja yang ampuh untuk menurunkan berat badan, simak rekomendasinya berikut ini.

1.    Apel

Siapa yang tidak suka apel? Apel kaya akan serat namun rendah kalori. 1 buah apel seberat 223 gram ternyata mengandung 116 kalori serta 5,4 gram serat.

Penelitian menunjukkan jika seseorang mengonsumsi buah apel secara rutin, berat badannya akan menurun.

Penelitian yang diterbitkan di PLos Medicine menyebutkan bahwa orang yang makan apel dapat kehilangan berat badan sebesar 0,56 kg per harinya, lho!

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa apel yang dimakan utuh bisa mengurangi rasa lapar bahkan dapat mengontrol nafsu makan menjadi lebih baik. Apel mengandung air yang banyak sehingga bisa membuat perut Anda terasa kenyang.

2.    Semangka

Semua pasti sudah tahu jika buah ini mengandung air yang cukup banyak, yaitu sekitar 90 persen. Kadar airnya yang tinggi membuat semangka menjadi salah satu buah yang diandalkan untuk menurunkan berat badan.

Beberapa potong semangka bisa membuat perut terasa lebih kenyang sehingga nafsu makan akan berkurang.

Jadikan semangka sebagai salah satu cemilan sehat Anda setiap harinya. Selain dapat membuat berat badan menjadi ideal, semangka bisa juga memenuhi hasrat atau nafsu Anda untuk makan yang manis-manis.

3.    Kiwi

Salah satu buah yang dapat membuat diet Anda berhasil adalah buah kiwi. Kiwi kaya akan vitamin C, vitamin E, serat hingga folat yang baik bagi kesehatan.

Kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu kesehatan usus. Penelitian mengatakan bahwa dari 41 orang yang menderita prediabetes, setelah mengonsumsi kiwi per hari selama 12 minggu ternyata dapat menurunkan lingkar pinggang sebesar 3,1 cm.

Kiwi memang mengandung gula, namun kadar glikemik dalam buah ini cukup rendah sehingga menyebabkan kadar gula darah tidak melonjak drastis setelah Anda mengonsumsi buah kiwi.

4.    Melon

Buah Melon tak jauh berbeda dengan semangka karena mengandung kadar air cukup tinggi. Melon mengandung serat, kalium, vitamin C, beta karoten, serta likopen.

Bahkan, setiap 150 gram melon hanya mengandung 46 hingga 61 kalori saja, lho!

Kalori yang rendah tentu tidak membuat perut Anda mudah merasa lapar. Perut akan merasa kenyang setelah mengonsumsi melon. Akan terasa lebih nikmat jika mencampurkan melon dalam salad buah.

baca juga:

Diet Sehat Saat Travelling? Why Not! Siapkan 5 Camilan Superfood Ini

5.    Pisang

Pisang kaya akan kalori dibandingkan dengan buah-buah sebelumnya. Namun, pisang juga dapat menurunkan berat badan Anda menjadi lebih ideal.

Pisang mengandung magnesium, kalium, serat, mangan, antioksidan, serta vitamin C. pisang juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga dapat membantu mengendalikan kadar insulin dalam tubuh.

6.    Stroberi

Stroberi juga menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan. 100 gram buah stroberi mengandung 33 kalori serta asam folat, air, dan serat yang tinggi sehingga mampu membantu menurunkan berat badan.

Stroberi juga mengandung asam ellagic dan antosianin yang berguna bagi tubuh. Asam ellagic bisa membantu tubuh untuk mengembalikan fungsi normal hormon berat badan yang sering terblokir akibat peradangan yang kronis.

Antosianin di dalamnya dapat mempercepat metabolism sekaligus menurunkan berat badan.

7.    Lemon

Salah satu buah terbaik untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat adalah lemon. Lemon mengandung banyak vitamin C serta mampu membantu meningkatkan fungsi pencernaan.

Air hangat yang dicampur perasan lemon mampu meningkatkan metabolism tubuh. Bahkan bisa mengakibatkan menurunnya nafsu makan.

Mengonsumsi buah-buahan tentu masih ada batasnya. Berat badan tidak akan menurun dengan bergantung pada buah-buahan saja. Seimbangkan dengan olahraga serta pola makan yang lebih sehat.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.