Tetap Kuat dan Bugar, Tips Jitu Bepergian Meski Berpuasa Ramadhan

Anda orang yang gemar sekali travelling? Mungkin rasanya hampa jika Anda berdiam diri terus di dalam rumah. Di bulan Ramadhan yang suci ini bukan berarti Anda harus mengurung diri di rumah saat menjalankan ibadah puasa. Tentunya Anda juga bisa berwisata bersama keluarga ataupun teman-teman Anda. Bagi kita seorang Muslim mungkin sedikit berat untuk berwisata saat menunaikan ibadah puasa. Tapi tidak perlu khawatir, karena kami memiliki 7 tips yang bisa Anda lakukan jika ingin travelling saat berpuasa.

  1. Persiapan Matang

Saat Anda akan berwisata usahakan buatlah persiapan yang matang, seperti barang bawaan apa saja yang akan dibawa, persiapan transportasi, dan jangan lupa untuk memesan hotel jika ingin bermalam. Buatlah daftar barang bawaan Anda, usahakan membawa barang seperlunya, karena jika terlalu banyak akan membuat Anda kelelahan untuk membawanya.

Selain persiapan di atas, Anda juga harus mempersiapkan diri Anda, kondisikan agar diri Anda berada dalam kondisi yang baik. Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya istirahatkan diri Anda. Ini berguna untuk menyimpan tenaga Anda supaya bersemangat untuk jalan-jalan di esok hari.

  1. Sahur Makanan Bergizi

Sahur adalah ibadah yang sunnah walaupun demikian kita harus melaksanakannya, karena sahur memiliki banyak keutamaan dan Rasulullah menekankan untuk melaksanakan sahur. Saat sahur jangan terlalu banyak makan, makanlah secukupnya dengan makanan yang bergizi.

Dianjurkan sahur dengan makanan yang kaya akan serat dan air, seperti biji-bijian, kurma, sayur, buah, beras merah, dan daging. Makanan yang harus Anda hindari saat sahur adalah makanan yang terlalu manis, karena makanan ini akan membuat Anda akan cepat merasa haus. Selain itu hindari juga makanan yang mengandung kafein, gorengan, dan makanan yang terlalu halus atau pedas.

  1. Membawa Bekal

Saat Anda travelling ada baiknya membawa bekal di tas Anda walaupun sedikit. Ini akan memudahkan Anda bila saat adzan maghrib tiba Anda masih dalam perjalanan dan tidak ada penjual makanan atau minuman. Bawalah bekal seperti roti gandum, madu, kurma, air mineral, dan lain-lain. Jangan lupa untuk berbuka dengan yang manis, karena sesuatu yang manis akan membuat tenaga kita pulih kembali.

  1. Tidak Banyak Destinasi Wisata

Minimalkan destinasi tujuan Anda, dengan destinasi yang sedikit, Anda akan menghemat banyak tenaga selama berpuasa. Jika pada hari biasa Anda berwisata dengan 4 destinasi, kurangilah hingga menjadi 2 destinasi wisata. Selain tenaga yang bisa Anda simpan, uang Anda juga bisa Anda simpan untuk keperluan yang lain.

  1. Utamakan Wisata Indoor

Datangilah wisata indoor, wisata ini membuat kita terhindar dari teriknya sinar matahari yang membuat kita menjadi banyak berkeringat dan mudah kelelahan. Wisata indoor yang bisa Anda kunjungi yang mempunyai pendingin udara seperti museum. Ini cocok bagi kita yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

  1. Kurangi Keluar di Siang Hari

Keluar di siang hari membuat tubuh Anda berkeringat dan merasakan haus. Selain itu panas matahari akan membuat Anda cepat merasa lelah. Untuk itu pilihlah waktu malam atau sore hari.

Baca juga:

3 Taman Hiburan Keluarga Terpopuler di Jepang yang Insta-genik

 

  1. Istirahat yang Cukup

Jika perjalanan yang Anda tempuh sangat jauh, Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda di kendaraan untuk tidur. Jangan begadang apabila tidak terlalu diperlukan, begadang hanya akan membuat diri Anda merasa kelelahan di pagi hari dan rentan terkena penyakit.

***

Selain 7 tips yang sudah dijabarkan di atas. Jangan lupa selama perjalanan seimbangkan ibadah puasa Anda dengan ibadah tambahan yang lain, seperti mengaji, bersedekah, dan berbuat baik kepada setiap orang. Walaupun kita sedang dalam perjalanan jangan gunakan itu sebagai alasan kita untuk tidak mendapatkan pahala yang berlipat ganda di bulan Ramadhan.

Itulah 7 tips yang bisa Anda lakukan saat akan travelling di bulan puasa. Tidak perlu takut lagi akan batal puasa saat travelling. Dengan 7 tips itu dijamin puasa Anda tidak akan bolong hanya karena alasan travelling. Selamat menjalankan puasa dan bertamasya bersama keluarga dengan agen travel profesional, Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.