Tetap Aman dan Sehat! Tips Bepergian Naik Pesawat di Era New Normal

Di masa seperti saat ini, bisa kembali beraktivitas tentunya menjadi kebiasaan baru yang perlu disesuaikan dengan protokol kesehatan.

Era New Normal yang baru, tak ada salahnya pula untuk bepergian ke destinasi yang sudah lama tidak dikunjungi selama pandemi baik untuk bisnis maupun hanya untuk berwisata saja, sama-sama asyik lho.

Mau tahu bagaimana tips perjalanan sehat dan aman dari COVID-19 di era new normal ini.

 

Persiapan sebelum berangkat.

FlightGlobal

Yang paling pertama dan paling krusial adalah tetap sehat dan nyaman ketika berlibur. Beberapa panduan ini bisa kamu terapkan agar tidak melewatkan hal penting sebelum berangkat :

Bawa peralatan atau starter pack di era normal seperti saat ini. Jangan lupa membawa barang-barang wajib yang dapat menunjang kesehatan selama liburan seperti masker, tisu kering dan basah, hand sanitizer, sarung tangan hingga vitamin C

Pastikan kalau kamu dalam kondisi sehat sebelum berangkat. Lebih enak lagi kalau kamu sudah melakukan rapid test atau Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk menyakinkan diri terbebas dari COVID-19

Mulailah konsumsi rutin buah-buahan serta makanan yang mengandung protein beberapa minggu sebelum berangkat untuk meningkatkan imunitas diri.

Tak ada salahnya kamu melengkapi diri dengan asuransi kesehatan maupun perjalanan agar aman dan terlindungi ketika berlibur atau melakukan perjalanan bisnis.

Selalu persiapkan dengan matang moda transportasi yang digunakan untuk menuju bandara saat hari keberangkatan.

 

Perjalanan menuju Bandara.

Insight Guides

Persiapkan diri dengan baik ketika hendak berangkat liburan, dan jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan sepanjang perjalanan menuju bandara :

  • Kebersihan mobil atau armada dengan desinfektan secara rutin
  • Cek suhu tubuh sebelum berangkat
  • Pengemudi selalu menggunakan masker
  • Selama perjalanan, pastikan anda selalu memakai masker
  • Usahakan tidak memegang permukaan benda yang ada selama pejralanan
  • Bicara seperlunya selama berada di kendaraan.

 

Tiba di bandara hingga boarding.

AFAR

Pastikan barang kamu tidak ketinggalan di mobil, setelah itu masuklah ke bandara dan bersiap untuk terbang ke tempat tujuanmu. Dan lakukan cara ini untuk mengurangi penularan corona.

  • Segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer setidaknya lebih kurang 20 detik
  • Simpanlah beda yang mengandung metal seperti ikat pedang, kalung, dompet ataupun smartphone ke dalam tas agar mengurangi untuk memegang baki saat pemeriksaan menuju gate
  • Pakai selalu masker, lepaskan ketika ingin makan dan minum.
  • Check in online, agar mengurangi potensi interaksi
  • Gunakan uang non-tunai untuk berbelanja di toko maupun restoran
  • Selalu jaga jarak saat dengan penumpang lainnya baik saat duduk akan boarding ataupun saat mengambil barang. Tetap ikuti arahan dan aturan petugas bandara sehingga boarding menjadi tertib dan tidak berdesakan.
  • Ikuti protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak maskapai saat berada dalam pesawat sehingga perjalanan menjadi aman dan nyaman.

 

Pakai Masker.

travelweek

Memang tidak nyaman menggunakan masker dimana-mana bahkan saat berjalan-jalan di mall, tetapi ini dilakukan agar kamu terhindar dari penularan virus Covid-19.

Pemakaian masker memang boleh sedikit dilonggarkan atau dilepas saat makan, minum dan berfoto. Saat pertama kali memang membuat sesak nafas namun lama-kelamaan akan terbiasa juga kok.

 

baca juga:

Simak Baik-baik, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Traveler Pemula

 

Pakai Hand Sanitizer.

Bloomberg.com

Selalu kantongi sanitizer ketika berpergian ke luar rumah. Mungkin di tempat yang kamu datangi sedang ramai, kamu bisa menggantinya dengan hand sanitizer untuk membersihkan tangan.

Nah, penting juga saat kamu mengambil uang di ATM atau habis memegang gagang pintu juga perlu diwaspadai agar tidak tertular.

 

Menjaga jarak.

US News Travel – US News & World Report

Meskipun memiliki perlengkapan “Covid-19 Survival Kit” saat bepergian, menjaga jarak dengan orang lain juga harus selalu diutamakan.

Baik sedang makan atau sekedar ngobrol dengan orang, kamu harus selalu usahakan jaga jarak. Karena kita sendiri tidak tahu pasti siapa di sekitar kita yang sudah tertular virus Covid-19?

Baiknya kamu perlu jaga jarak dengan orang paling tidak sejauh 1 meter. Dan terpenting tetap batasi kontak dengan siapapun.

 

Pastikan kondisi badan sehat.

USA Today

Tips yang terakhir ini akan menjadi paling penting dan perlu diperhatikan. Sebelum bepergian kemanapun sebaiknya memastikan tubuh dalam kondisi sehat dan bugar.

Karena kalau kita memaksa untuk berlibur dengan tubuh yang kurang sehat, resiko terpapar virus covid-19 akan menjadi lebih besar.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.