Terserang Virus Corona, Begini 5 Panduan Sehat Selama Karantina

Di tengah pandemi corona virus, Anda harus tetap menjaga Kesehatan. Terutama menjaga agar imun tubuh tetap stabil sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Fungsi kekebalan tubuh yang baik dapat Anda dapatkan dengan cara tidur yang cukup, berolahraga, serta memenuhi kebutuhan gizi saat isolasi di rumah.

Di rumah saja bukan berarti kita terus bermalas-malasan. Kebutuhan nutrisi juga harus Anda perhatikan. Apa saja tips sehat selama karantina? Simak berikut ini:

 

Rutin Makan Buah dan Sayur

Selama karantina, kurangi memakan makanan instant dan cepat saji. Pilihlah buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Siapkan sekitar 5 porsi (400 gr) buah dan sayuran segar setiap hari. Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau salad.

Kombinasi buah dan sayuran dengan warna berbeda akan memberikan kombinasi vitamin, mineral serta fitokomia yang berbeda pula. Agar tidak bosan, pilih buah dan sayuran yang bervariasi setiap harinya.

 

Pilih Asupan Lemak Tak Jenuh

Biasanya orang akan menghindari makanan yang mengandung lemak karena takut obesitas atau menaikkan kadar kolesterol.

Namun, jangan salah! Lemak juga menjadi bagian penting bagi Kesehatan. Anda bisa menukar lemak jenuh dengan lemak tak jenuh yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kolesterol berlebih.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara mengurangi asupan daging berlemak, produk susu tinggi lemak, serta minyak tropis seperti kelawa sawit.

 

Hindari Biji Olahan

Selama karantina, pastikan Anda terbiasa untuk mengonsumsi biji-bijian dibandingkan biji olahan. Biji-bijian untuk mempertahankan struktur biji sehingga menjaga lapisan yang berisi vitamin, mineral dan serat.

Padi-padian untuk juga menjadi sumber karbohidrat penting sehingga dapat menambah energi dan membantu perut kenyang lebih lama.

 

Pilih Makanan dan Minuman Sehat

Hindari makanan dan minuman dengan kandungan tinggi lemak, garam, dan gula. Contohnya kue kering, cokelat, serta minuman manis yang banyak dijual di pasaran.

Jika Anda mengonsumsi dalam jumlah tinggi, tentu akan berlebihan dari jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh.

Sebaiknya konsumsi makanan tersebut sesekali dan dalam jumlah kecil untuk menghindari kalori berlebih.

 

Pilah dan Pilih Protein Hewani dan Nabati

Protein adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga system kekebalan tubuh. Terdapat dua jenis protein, yaitu hewai dan nabati. Protein hewani dan nabati dapat Anda dapatkan dalam kacang-kacangan, ikan, telur, susu, dan daging.

Perhatikan pula kebutuhan protein yang dibutuhkan. Orang dewasa memerlukan setidaknya 0,83 gr protein per kg berat bada per hari (sekitar 59 gr per hari untuk orang dewasa dengan bobot 70 kg).

Makanan kaya protein juga mendukung Anda jika melakukan diet sehat.

Sebagai alternatif, Anda bisa memilih daging dan ikan versi beku dan kalengan. Namun, kandungan lemak dan garam di dalamnya lebih tinggi di beberapa jenis ikan kalengan.

Sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu varietas lemak dan garam pada label.

Sedangkan untuk protein nabati bisa Anda dapatkan pada jenis sereal, kacang-kacangan, biji-bijian atau camilan yang kaya protein dan gizi.

 

Kontrol Porsi Makan

Ketika memasak di rumah, mungkin Anda mengalami kesulitan untuk mengontrol jumlah porsi yang Anda masak. Porsi yang tepat akan membantu tubuh untuk menyeimbangkan energi.

Sederhananya, porsi anak-anak harus lebih kecil dibanding orang dewasa. Namun tidak semua makanan memiliki porsi yang sama. Jadi, perhatikan baik-baik, ya!

baca juga:

Staycation Saat New Normal, Alternatif Liburan Aman di Tengah Pandemi

 

Terhidrasi

Air adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak air yang dibutuhkan bergantung pada jenis kelamis, usia, tinggi, berat badan, kondisi lingkungan serta aktivitas fisik.

Minumlah air secara rutin agar terhindar dari dehidrasi. Tambahkan irisan lemon, mint, berry atau mentimun untuk menambah kesegaran.

 

Berbelanja Makanan dengan Aman

Ditengah wabah ini membuat semua orang harus tetap aman saat keluar rumah, termasuk ketika berbelanja bahan makanan. Resiko untuk tertular Covid-19 cukup tinggi.

Resiko terbesar adalah ketika bersentuhan dengan permukaan seperti pegangan keranjang belanja atau tombol lift yang telah terpapar virus.

Karena itu, Anda harus tetap menjaga jarak dan hindari menyentuh wajah. Jangan lupa untuk memakai masker dan hand sanitizer kemana pun Anda pergi.

Ketika sampai di rumah, segera membersihkan diri dan mencuci tangan Anda.

Biasakan untuk mencuci buah dan sayur dengan air mengalir sebelum dikonsumsi. Desinfeksi permukaan benda sebelum dan sesudah digunakan.

Salah satu cara untuk menghindari mikroba berbahaya dalam makanan mentah ialah memisahkannya dengan makanan yang matang. Dengan begitu, itu akan meminimalkan resiko penyakit yang terbawa dari makanan.

Karantina di rumah akan memberikan dampak positif bagi pribadi masing-masing. Seperti lebih menjaga Kesehatan, kebersihan, dan menjaga diri agar tetap aman. Ikuti protocol Kesehatan untuk menghindari resiko terpapar penyakit.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.