Takut Gendut Sehabis Lebaran? Simak Dulu 7 Tips Sehat Ini

Momen lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim seluruh dunia. Hari lebaran adalah hari kemenangan setelah umat muslim berpuasa satu bulan lamanya.

Di hari lebaran, tradisi yang paling umum dan selalu ada adalah banyaknya hidangan khas lebaran yang menggugah selera.

Misalnya Indonesia sendiri, umat muslim di negara kita ini terbiasa menyajikan hidangan khas seperti ketupat, opor ayam, hingga rendang seat hari lebaran tiba.

Ada banyak makanan yang bisa Anda makan dengan berbagai macam bahan. Tradisi makan besar ini memang selalu ada di setiap rumah.

Namun, meskipun Anda dikelilingi oleh banyak sekali makanan nikmat, Anda tetap harus membatasi asupan yang masuk agar kesehatan tetap terjaga.

Tentu Anda tidak ingin merasa sakit saat hari lebaran, bukan? Makanan di hari lebaran bisa menjadi sumber dari lemak berlebih dan bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Oleh karena itu, mari kita simak beberapa tips sehat saat lebaran di bawah ini :

1.    Batasi Porsi Makan

Di hari lebaran, tentu saja tak cukup 1 jenis makanan. Mulai dari berbahan daging ayam, sapi, serta sayuran pasti terhidang di atas meja.

Apalagi godaan sayur ketupat, opor ayam dan rendang yang tidak bisa dihindari. Setelah sebulan berpuasa menahan lapar dan haus, akhirnya dapat mencicipi berbagai makanan di hari lebaran.

Namun, Anda harus tetap membatasi porsi makanan yang Anda makan. Porsi berlebih dapat membuat tubuh Anda kurang sehat. Cobalah tahan diri Anda agar tidak kalap mata dan ambil porsi yang secukupnya.

2.    Tambahkan Sayur dan Buah

Pasti ada banyak makanan yang bersantan dan berlemak saat hari lebaran tiba. Meskipun begitu, Anda harus tetap mengonsumsi buah dan sayur.

Kedua makanan ini kaya akan serat sehingga kolestrol dalam tubuh dapat terimbangi. Selain itu, mengonsumsi sayur dan buah dengan cukup juga dapat melancarkan system pencernaan Anda.

3.    Kurangi Minuman Manis

Setiap rumah biasanya akan menyediakan minuman manis untuk keluarga atau tamu yang bersilaturahmi. Demi kesehatan Anda, pastikan untuk menghindari terlalu banyak minum minuman manis atau soft drink.

Anda bisa menggantinya dengan air putih. Air putih juga dapat menetralisir makanan bersantan dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Ada banyak kandungan di dalam minuman manis. Beberapa minuman manis tidak menggunakan gula alami namun dengan perisa buatan sehingga tidak baik untuk tenggorokan.

Sebaiknya, Anda bisa memilih minuman manis yang akan Anda minum.

4.    Jangan Kalap Mata Saat Melihat Kue Lebaran

Tradisi lebaran lainnya adalah tersajinya kue lebaran di rumah-rumah untuk menjamu tamu. Namun, Anda tidak boleh kalap mata saat bertemu kue lebaran dengan berbagai macam.

Kue dan snack lebaran biasanya mengandung gula, karbohidrat, lemak, serta kalori yang cukup tinggi. Jika makan beberapa saja tidak apa-apa.

Namun jika Anda memakannya dalam porsi banyak, penyakitlah yang akan hadir karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Oleh karena itu, batasi konsumsi kue dan snack lebaran demi kadar gula darah yang tetap terkontrol.

Baca juga:

Andalan Transport Mudik Antar Pulau, Tips Naik Kapal Laut yang Wajib Diingat

 

5.    Ganti Cara Masak

Daripada menggunakan minyak biasa atau mentega, Anda bisa memilih minyak zaitun untuk memasak hidangan lebaran.

Dengan begitu, makanan akan jauh lebih sehat dan terhindar dari lemak jahat dari minyak goreng. Selain itu, hidangkan makanan yang lebih sehat lagi yaitu diolah dengan cara dikukus, direbus, atau dibakar tanpa minyak.

6.    Konsumsi Penawar Lemak

Jika Anda terlalu banyak makan hidangan yang berlemak, Anda bisa mengonsumsi penawar lemak berupa jus jeruk atau kopi hitam.

Kedua minuman ini dapat menetralisir lemak dalam tubuh. Konsumsi kedua minuman ini setelah Anda menikmati hidangan bersantan dan kaya akan lemak. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan tetap terjaga.

7.    Aktif Bergerak

Biasanya, perut kenyang setelah makan akan membuat tubuh jadi ngantuk dan bermalas-malasan. Lakukan aktivitas kecil seperti jalan-jalan kecil, main dengan keponakan, atau membantu anggota keluarga lain membersihkan meja makan.

Aktivitas ringan seperti itu dapat membakar kalori dalam tubuh sehingga tidak berkumpul menjadi lemak jahat. Rasa kantuk juga akan hilang dan bisa menambah keakraban dalam keluarga.

Setelah menerapkan beberapa tips di atas, perayaan lebaran Anda dijamin akan lebih sehat dan jauh dari penyakit berbahaya yang mengincar tubuh karena kandungan lemak pada makanan Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.