Tak Perlu Panik, Tips Atasi Kecemasan Naik Pesawat Terbang Untuk Pertama Kali

Panik atau perasaan gugup sebelum naik pesawat terbang adalah hal yang wajar. Bahkan, seorang pelancong yang sering naik pesawat terbang akan merasakan debaran jantung yang lebih cepat saat pesawat akan lepas landas.

Namun, untuk beberapa kasus kecemasan yang serius bisa menimbulkan perasaan panik yang berlebihan. Dan tentunya membuat tidak nyaman penumpang yang lain. Jangan khawatir, kecemasan selama penerbangan bisa diatasi kok. Cek langkah – langkahnya berikut ini:

Mengajak teman agar tak merasa ketakutan sendirian

pixabay.com

Teman yang mendampingi selama perjalanan akan membuat perbedaan yang signifikan. Setidaknya, Anda bisa mengobrol dan mengalihkan fokus kecemasan ke topik yang lain. Sejenak Anda dapat melupakan kepanikan dan bercanda atau bersenda gurau. Ia juga akan menjadi teman menyenangkan setelah setibanya di tempat liburan.

Praktikkan teknik relaksasi

pixabay.com

Jika ketakutan mulai melanda, tarik napas dalam – dalam dan jangan hiraukan apa yang dilakukan pramugari, pilot atau aktivitas penerbangan lainnya yang malah membuat pikiran tak karuan. Fokuslah pada teknik relaksasi yang paling efektif untuk Anda. Caranya sebagai berikut:

  • Pusatkan fokus pikiran pada tempat yang tenang dan indah
  • Tarik napas dalam – dalam melalui hidung dan keluarkan perlahan dari mulut
  • Lakukan peregangan dan rileksasi pada setiap bagian tubuh selama 10 detik dimulai dari kaki dan kepala.
  • Dengarkan musik atau menonton film untuk menghalau kepanikan
  • Bayangkan diri Anda di tempat lain. Misalnya di tepi pantai, atau tempat – tempat yang tenang.

Baca juga:

Deg – degan Mau Naik Pesawat Terbang Pertama Kali! Ingat Baik – baik Tips Ini

 

Memakai selimut

pixabay.com

Menjaga kehangatan tubuh untuk tetap memberikan kenyamanan dan menenangkan diri Anda. Jika tempat duduk di pesawat terbatas, lipat selimut dan bisa dijadikan sandaran atau bantalan untuk bersandar.

Hindari minuman beralkohol

pixabay.com

Minuman beralkohol sebelum naik pesawat terbang dapat berdampak negatif untuk cara otak Anda bereaksi. Efek alkohol malah akan berpotensi memperburuk kepanikan selama penerbangan. Sebagai gantinya, pilih air putih atau kopi. Air putih adalah pilihan terbaik karena dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi yang bisa membuat pikiran kurang fokus. Bawalah sebotol air minum di dalam tas untuk tetap menjaga tubuh tetap terpenuhi kebutuhan cairannya.

Makan makanan sehat

pixabay.com

Hindari jenis makanan yang  bisa membuat perut begah atau kembung seperti sayuran kol, makanan cepat saji, minuman bersoda atau junk food lainnya. Ini karena tubuh Anda sangat membutuhkan nutrisi untuk menjaga kinerja otak yang tetap bekerja optimal. Makanan yang berkarbohidrat kompleks akan membuat Anda tetap kenyang dan fit sepanjang hari.

Umumnya, restoran cepat saji memang ada di bandara. Untuk menghindari makanan junk food, kenapa tidak membawa bekal sendiri dari rumah. Seperti potongan buah segar, sereal, granola atau snack bar berprotein yang bisa dijadikan camilan di pesawat.

Olahraga pagi sebelum berangkat ke bandara

pixabay.com

Menjaga kebugaran tubuh sebelum penerbangan akan menjaga tubuh tetap segar dan menghindari jet lag karena perbedaan zona waktu. Cobalah berjalan – jalan pagi di sekitar rumah, treadmill atau sekadar bermeditas yoga selama 10 menit. Olahraga ringan sebelum penerbangan akan menjauhkan Anda dari perasaan gugup dan lebih tenang.

Di sela – sela menanti keberangkatan di Bandara. Berjalan – jalanlah untuk meregangkan kaki daripada duduk di gate sepanjang waktu. Tubuh akan menikmati aktivitas peregangan ringan dan jauh lebih rileks dari pada hanya duduk termenung selama berjam- jam.

Duduklah di bagian depan pesawat

pixabay.com

Apabila memungkinkan, duduklah di bagian depan pesawat, bukan di belakang. Kursi ini dapat memberikan ruang bagi kaki agar bisa lebih nyaman selonjor atau setidaknya ada sedikit ruang untuk memberikan rileksasi dibandingkan tempat duduk lain.

Memang kursi ini membuat Anda harus merogoh kocek untuk harga tiket yang lebih mahal. Tetapi, dengan adanya kenyamanan ekstra dan ruang untuk kaki, rasanya cukup sepadan karena Anda akan lebih mudah untuk bersantai.

 

***

Daripada panik atau gugup selama naik pesawat, lebih baik fokuskan tujuan akhir perjalanan Anda. Tempat – tempat wisata yang indah dan menyenangkan sudah menanti untuk liburan yang mengesankan. Pastikan kemana pun tujuan Anda berlibur, Anda sudah mempersiapkan semua kebutuhan perjalanan wisata. Hubungi agen travel wisata berpengalaman, Jari Adventure. Mitra perjalanan wisata andalan traveller Indonesia.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.