Tak Bisa Mudik, 8 Tips Libur Lebaran Seru Meskipun di Rumah

Tidak terasa hari lebaran telah tiba. Kini saatnya setiap umat muslim untuk merayakan lebaran dengan hikmat dan bahagia.

Hari lebaran adalah hari kemenangan setelah umat muslim berpuasa sebulan lamanya. Menyambut hari raya Idul Fitri dimulai dengan ibadah sholat Ied berjamaah di pagi hari.

Bagi masyarakat yang sedang mudik, pasti ini adalah momen yang membahagiakan karena dapat berkumpul Bersama keluarga di kampung halaman.

Namun, ada juga sebagian orang yang merayakan lebaran di rumah saja. Biasanya, mereka yang tidak mudik ingin menghabiskan waktu lebaran dan berkumpul Bersama keluarga yang ada di rumah sendiri.

Ada juga beberapa alasan lain yang mungkin membuat mereka tidak bisa mudik seperti kurangnya budget atau biaya, transportasi, atau berbagai alasan lainnya.

Jangan bersedih, merayakan hari lebaran di rumah saja tentu juga bisa seru, lho! Apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan kala menghabiskan waktu lebaran di rumah? Simak berikut ini.

1.    Berkunjung ke Tetangga Sekitar Sekaligus Silaturahmi

Setelah sholat Ied dan menikmati hidangan khas lebaran, Anda dapat melanjutkan aktivitas untuk saling bermaafan dengan keluarga.

Namun, jangan lupa untuk bermaaf-maafan dengan tetangga sekitar juga yang hingga kini menjadi saudara Anda yang paling dekat.

Bersilaturahmi lah terhadap tetangga dan jangan pernah menyakiti tetangga sendiri. Ingat, kita adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Mengunjungi tetangga juga dapat membuat Anda lebih dekat dengan mereka.

2.    Video Call dengan Keluarga di Kampung Halaman

Meskipun saat lebaran Anda tidak bisa pulang ke kampung halaman, Anda masih bisa video call Bersama keluarga.

Dengan begitu, rasa rindu yang memuncak sedikit terobati sekaligus bisa saling membagi kebahagiaan. Jangan meratapi nasib dan bersedih karena Anda tidak berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Video call atau telepon bisa membuat rindu Anda maupun keluarga setidaknya terobati meski hanya bertatap muka lewat telepon.

3.    Mengadakan Open House

Daripada bersedih karena kesepian atau tidak bertemu keluarga, lebih baik Anda adakan Open House di rumah Anda sendiri.

Undang semua teman dan kerabat dekat untuk datang ke rumah Anda saat lebaran tiba. Jangan lupa untuk mengundang tetangga-tetangga, ya!

Mengadakan Open House memang akan sangat merepotakan, namun acara ini tentu sangat bermanfaat bagi Anda. Rumah tidak akan sepi dan perasaan akan merasa jauh lebih baik.

Untuk mengadakan Open House, persiapkan budget yang cukup dan jangan berlebihan. Jangan lupa untuk menyediakan beragam makanan khas lebaran. Jika Anda kewalahan, ajaklah kerabat dekat untuk membantu Anda.

4.    Mengurangi Tingkat Kemacetan di Musim Mudik

Bulan Ramadhan juga identic dengan musim mudik. Setiap orang tentu ingin pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga besar.

Tetapi, jika Anda tidak mudik di tahun ini maka Anda telah menjadi salah satu orang yang mengurangi tingkat kemacetan di musim mudik tahun ini. Bagaimana bisa?

Tingkat kemacetan di Indonesia memang sudah terlampau tinggi terutama di kota besar. Ditambah lagi datangnya musim mudik yang bisa membuat macet semakin panjang.

Orang yang tidak melakukan mudik sangatlah aman karena terhindar dari kemacetan parah dalam perjalanan.

5.    Melakukan Hal yang Disukai di Rumah

Momen lebaran biasanya diisi dengan berkumpul Bersama orang-orang yang tersayang, seperti orang tua dan kerabat dekat.

Namun, jika Anda tidak dapat berkumpul karena suatu alasan, maka janganlah bersedih. Tutupi kesedihan Anda dengan melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Mulai dari membuat makanan khas daerah Anda, membuat camilan dan kue lebaran, atau makanan untuk dibagikan kepada tetangga-tetangga.

Bisa juga mengisi waktu dengan menonton film bertema Ramadhan agar momen berkumpulnya keluarga bisa sedikit terasakan dan mendorong Anda untuk semangat lagi agar bertemu mereka di lebaran selanjutnya.

Janganlah bersedih saat Anda tidak dapat merasakan momen lebaran bersama orang-orang yang tercinta. Masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan saat lebaran sendiri di rumah.

Semua pasti ada hikmahnya. Semoga Anda dapat menikmati lebaran selanjutnya Bersama keluarga di kampung halaman. Minal Aidzin Wal Faidzin untuk kita semua, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.