Staycation Saat New Normal, Alternatif Liburan Aman di Tengah Pandemi

Munculnya Covid-19 di berbagai negara termasuk Indonesia memang menyebabkan banyak sekali kesulitan. Menurunnya ekonomi negara juga disebabkan oleh banyaknya sektor industri yang tidak beroperasi untuk mengurangi penyebaran pandemi.

Selain itu, warga juga wajib menerapkan social dan physical distancing sehingga terpaksa untuk membatasi interaksi langsung Bersama orang lainnya, termasuk dalam melakukan perjalanan.

Liburan di tengah pandemi yang menyeruak memang sangat tidak dianjurkan. Apalagi Sebagian besar dunia pariwisata tidak beroperasi untuk mendukung program Pemerintah dalam melawan Covid-19.

Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat untuk tetap Stay At Home kecuali dalam keadaan penting serta bersyarat.

Setelah pandemi berakhir, bersiaplah untuk Kembali berlibur dan merefresh pikiran serta tubuh Anda. Karena banyak negara yang mungkin tetap menerapkan social distancing (meskipun pasca pandemi), tren Staycation bisa Anda pilih untuk liburan setelah wabah berakhir.

Kenapa Anda harus memilih Staycation untuk pilihan liburan pasca pandemi? Check this out.

 

Terbatasnya Akomodasi

Setelah situasi membaik, tentunya wisatawan ingin segera berlibur dan melanjutkan travelling. Namun, perjalanan wisata tentu akan terbatas di seluruh dunia akibat dari Corona Virus.

Belum lagi soal pembatasan perjalanan Internasional yang bisa saja ditetapkan hingga setahun lamanya. Dengan adanya keterbatasan, tentu wisatawan akan kesulitan untuk mengurus segala akomodasi yang dibutuhkan terutama saat akan pergi ke luar negeri.

Oleh karena itu, memilih untuk berlibur di dalam negeri setelah pandemi berakhir menjadi salah satu pilihan terbaik saat ini. Terlebih lagi gunakanlah transportasi pribadi agar lebih mudah dalam melakukan perjalanan.

 

Tetap Jaga Kesehatan dan Bebas dari Stres

Pembatasan akomodasi seperti transportasi, larangan perjalanan internasional hingga objek wisata yang belum beroperasi tentu akan menyulitkan liburan Anda.

Namun, hal tersebut tidak boleh membuat Anda terbebani dan stress. Salah satu tujuan dari travelling adalah menghilangkan stress dan beban pikiran, bukannya malah menambah beban karena adanya pembatasan sosial.

Untuk itu, Anda bisa mengakali hal tersebut dengan tetap melakukan perjalanan sambal menikmati keindahan alam.

Bisa dengan berjalan-jalan ke tempat perbelanjaan terdekat, atau menikmati makanan di restoran kesayangan Anda. Anda juga bisa mengunjungi tempat olahraga di sekitar staycation Anda.

Dengan suasana yang baru, tentunya tidak membuat Anda cepat bosan. Jangan lupa untuk tetap mengedepankan protocol Kesehatan seperti hand sanitizer, masker, dan hindari keramaian.

 

Liburan Aman dan Mudah

pandemi menyebabkan semua orang terhambat dalam melakukan aktivitas termasuk travelling. Pastinya banyak wisatawan yang menantikan untuk segera melakukan perjalanan dan menikmati indahnya dunia. Orang-orang tidak lagi menganggap liburan suatu kemewahan.

Salah satu jalan teraman dan mudah untuk menikmati liburan setelah pandemi adalah staycation. Selain aman, wisatawan dapat mengobati rindunya dengan melakukan perjalanan singkat meskipun di dalam negeri.

Jelajahi tempat baru yang belum sempat Anda singgahi sebelum virus mewabah di Indonesia.

Jika memilih untuk pergi ke tempat yang cukup jauh dari lokasi tempat Anda tinggal, maka persiapkan diri Anda agar tetap dalam kondisi yang prima.

Namun perhatikan aturan dari Pemerintah sebelum Anda melakukan perjalanan.

 

Merasakan Aktivitas Baru

Terlalu lama berada di rumah bisa membuat Anda bosan. Tidak dapat pergi ke café, mall, atau tempat wisata karena adanya pembatasan sosial.

Namun, banyak orang yang mengakalinya dengan liburan di rumah saja. Melakukan aktivitas baru yang tidak bisa Anda lakukan saat di luar rumah akan menghilangkan rasa bosan Anda.

Ciptakan kegiatan baru seperti belajar memasak, menonton film Bersama keluarga, atau bereksperimen makanan dan minuman baru.

Jangan lupa untuk menyapa teman meskipun melalui media sosial Anda. Berinteraksi Bersama teman tentu akan mengalihkan pikiran dan stress dibandingkan hanya berdiam diri.

Dijamin, rasa bosan akan hilang dengan sendirinya.

baca juga:

Lakukan Kunjungan Domestik

Dengan adanya pembatasan dimana-mana, tentunya wisatawan internasional akan menurun drastis. Ini saatnya Anda berkunjung ke tempat-tempat yang sering ramai akan wisatawan internasional.

Tetapi, tetaplah untuk menunggu izin dari Pemerintah sebelum berkunjung ke lokasi wisata.

 

Membantu Ekonomi Lokal

Dengan beraktivitas di area lokal, secara tidak langsung dapat membantu perekonomian masyarakat lokal. Terutama adanya wabah membuat banyak omset menurun.

Meskipun hanya dengan mengunjungi toko dan restoran terdekat, itu sudah membantu menaikkan ekonomi mereka.

Virtual tur yang sering diadakan oleh pemandu wisata juga dapat Anda ikuti. Anda bisa membantu mereka meskipun berwisata secara virtual.

Jika Pemerintah telah memperbolehkan perjalanan domestic, Anda bisa menginap di hotel lokal dan berkunjung ke objek wisata lokal. Artinya, Anda juga turut membantu mereka dalam menaikkan ekonomi yang sempat turun akibat pandemi.

Staycation adalah pilihan terbaik untuk menjaga Anda dan orang lain tetap aman. Fokuskan diri Anda ke berbagai hal yang berada di sekitar Anda.

Bantu perekonomian lokal agar ekonomi dapat stabil Kembali. Stay safe and stay at home…

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.