Sstt.. Tak Diduga, Ternyata Wisata ke Gunung dan Pantai Punya 7 Manfaat Ini!

Travelling merupakan sebuah kegiatan yang mengandung unsur seni. Kenapa begitu? Karena di dalam kegiatan wisata atau travelling, kita dapat menikmati segala unsur keindahan. Panorama alam seperti pantai yang berpasir putih dan ombak berdebur, gunung – gunung dihiasi rimbunnya hutan, atau kejernihan air terjun dengan mata air menyegarkan, semuanya menjadi hal – hal yang dapat dinikmati oleh mata dan memuaskan jiwa para petualang secara batin.

Nah, bila kamu termasuk tipe wisatawan yang senang berwisata ke gunung dan pantai, bersiaplah untuk terus bersyukur dan menikmati petualanganmu. Karena, ternyata ada beberapa keuntungan positif berwisata alam. Apa saja ya? Langsung kita simak bersama yuk..

Menambah daya pikir, kreativitas dan daya imajinasi

Tahukah kamu jika kebanyakan penulis terkenal asal Eropa memiliki tempat tinggal di tepi pantai atau pedesaan terpencil di puncak bukit? Bahkan, mereka rela merogoh kocek dalam – dalam untuk membangun sebuah rumah yang indah di tepi pantai atau puncak bukit. Hal ini karena pemandangan indah yang alami dan dinamis dapat merangsang daya nalar untuk lebih kreatif dan merangsang daya imajinasi manusia. Panorama alam juga tidak akan pernah membuat mata menjadi bosan untuk memandang. Penulis terkenal seperti J.K. Rowling bahkan senang travelling sambil menulis buku untuk mencari ide – ide dan melatih daya kreasinya.

Menjaga kesehatan mental dan fisik

Wisata alam ke gunung atau pantai bakal “memaksa” kamu untuk berolahraga dan bergerak lebih aktif dibandingkan hari biasa. Kamu akan lebih banyak hiking, trekking, berlari, berenang, melompat, membawa beban tas ransel yang berat, dan lain –lain. Semua aktivitas olahraga ini tentunya bagus untuk menjaga kesehatanmu. Bergerak aktif untuk mengeluarkan keringat dapat menjadikan tubuh terasa lebih bugar dan pikiran atau mental merasa lebih bahagia.

Mendapat asupan vitamin D dari sinar matahari

Liburan akhir pekan tak ada ruginya keluar jalanm – jalan ke pantai atau gunung, atau mungkin di taman sekitar tempat tinggal. Paparan sinar matahari pagi sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, sinar matahari pagi di bawah jam 8 juga baik sebagai anti depresi ringan. Bila kamu akan hiking ke gunung atau berjemur di pantai, aplikasikan tabir surya setiap 2 jam sekali untuk menghindari sun burn dan reaksi alergi kulit.

Detoks digital

Masyarakat urban ataupun generasi milenial sangat lekat dengan yang namanya teknologi digital. Beraneka macam gadget menjadi pegangan sehari – hari dan sering jadi senjata pamungkas untuk menuntaskan pekerjaan. Liburan sudah saatnya kita membebaskan diri dari penggunaan gadget yang membuat mata dan pikiran penat. Detoks digital atau melepaskan diri dari pemakaian gadget saat liburan akan membuat hari terasa lebih menyenangkan dan menciptakan suasana berbeda yang lebih fresh.

baca juga:

 

Tempat Terbaik Rayakan Tahun Baru di Banten, Keren dan Terjangkau Lho!

 11 Tempat Kuliner di Lombok yang Berpanorama Epic

Jelajahi 7 Permata Tersembunyi Paling Indah di Asean, Indonesia Juga Ada!

Kamu Takkan Sangka, 15 Peralatan Camping Berguna Ini Terbuat Dari Bahan Sederhana

Cerdas Pilih Hotel yang Hemat di Tempat Liburan, Ingat 6 Tips Ini

 

Menambah tingkat suasana hati

travel-wisata-pangandaran-dari-bandung

Melihat pemandangan alam yang hijau dengan perpaduan gradasi warna langit atau air laut kebiruan akan mengubah suasana hati buruk jadi lebih baik. Kamu pun akan mudah tersenyum lepas dan sejenak semua masalah akan terlupa dari kepala.

Menghirup udara bersih dan bebas polusi

Gogonesia Travel Blog

Paru – parumu akan berterima kasih karena kamu sudah meluangkan waktu liburan ke pantai atau ke gunung. Pasalnya, di sini udaranya masih kaya oksigen yang bersih dan bebas polusi. Hirup oksigen sebanyak – banyaknya untuk mengisi relung paru – parumu. Dijamin, otakmu akan terasa lebih fresh dan tubuh juga lebih segar.

Mensyukuri keindahan alam

Mungkin tak akan setiap hari kamu bisa menjumpai keindahan alam berupa gunung, pasir putih, lautan biru dan ombak yang bergulung – gulung menyentuh bibir pantai. Ucapkanlah rasa syukur atas pemandangan indah ini yang akan membuat jiwamu terasa lebih bahagia dan terbebas dari segala beban.

Lagipula, kamu butuh perjuangan ekstra untuk bisa mencapai lokasi pantai atau gunung yang biasanya berada di daerah yang masih terpencil. Tidak semua orang lho bisa melakukan apa yang kamu lakukan. Bersyukurlah karena kamu adalah salah satu orang yang beruntung bisa menyaksikan keindahan alam berupa pantai dan gunung yang masih perawan atau masih menjadi permata tersembunyi.

***

Bahagia itu sederhana, bukan? Hanya tersenyum menatap indahnya panorama pegunungan, pantai, atau bahkan lingkungan sekitarmu yang asri maka jiwamu akan mengucapkan rasa syukur untuk menuai kebahagiaan.

Pastikan petualanganmu ke alam rimba raya berupa gunung, pantai atau wisata alam lainnya sudah ter-planning dengan baik. Bila ingin yang lebih praktis? Pastikan kamu menghubungi agen tour and travel, Jari Adventure untuk mengakomodir perjalanan wisatamu bersama teman – teman se-geng. Dijamin seru dan sesuai dengan budget.

Selamat bertualang ke pantai atau gunung ya..

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.