Tips Solo Traveling Untuk Cewek Biar Enjoy dan Aman

Melakukan perjalanan sendiri tentunya akan menemui resiko walau sekecil apapun, terlebih lagi kalau resiko itu banyak menimpa traveler cewek. Nah sebelum memutuskan untuk pergi sendiri, ada baiknya kamu mempersiapkan tips-tips berikut yang bisa kamu praktekkan saat berencana untuk solo traveling.

 

Saat berada di luar

Pelajari peta sebelum keluar, bisa juga kamu bertanya kepada petugas hotel tentang daerah mana yang kurang aman untuk berwisata sendiri. Jangan memakai pakaian yang terlalu mencolok, berbaurlah dengan warga sekitar sehingga tidak memancing orang untuk berbuat jahat.

 

Apabila kamu memakai tas pinggang atau tas kecil, pastikan diikat juga pada sabuk celana sehingga ketika kecopetan kamu tidak akan terlepas karena tersangkut pada sabut tersebut. Jangan keluyuran malam hari sendirian, kalau kamu penasaran ingin jalan-jalan malam, usahakan pergi dengan teman apabila tidak ada teman mending tidur di hotel dan menunggu fajar tiba untuk melanjutkan perjalanan.

 

Kenali teriakan darurat

Banyak travel blogger yang membagi pengalamannya untuk lepas dari situasi berbahaya. Salah satunya soal teriakan darurat, kebanyakan orang langsung terpikir kata “Tolong” ampuh untuk memancing respon orang sekitar. Tapi nyatanya kata “kebakaran” lebih efektif karena akan bereaksi lebih cepat.

 

Membuat jadwal yang longgar

Buatlah waktu yang cukup luang antara kegiatan yang satu dengan lainnya.Jadi kamu nggak akan terganggu dalam perjalanan atau tersesat saat perjalanan. Memiliki waktu yang luang dapat mengurangi stress dan kegelisahan saat di perjalanan terlebih di masa liburan.

 

baca juga:

Terkendala Lockdown, Cari Tahu Kapan Bisa Melakukan Perjalanan Kembali dengan Aman

 

Pilih tujuan wisata

Buat daftar tempat tujuan wisata yang kamu inginkan, tetap realistis dan pilih tempat wisata yang sangat kamu inginkan untuk didatangi dan layak dikunjungi. Jangan sampai memaksakan harus menjelajahi semua dalam waktu yang sempit. Kalau itu terjadi, kamu tak akan menikmati suasana tapi justru kelelahan.

 

Jaga kesehatan

Yang paling penting dalam melakukan perjalanan adalah menjaga kesehatan selama traveling dan jangan membiarkan tubuh kelelahan, kelaparan, kehausan dan terlalu kenyang. Nah kalau sempat, tetaplah mencoba untuk istirahat selama perjalanan dan nikmati momen ini. Selalu bawa air mineral dan camilan untuk mengganjal perut yang keroncongan selama diperjalanan.

 

Sabar

Kalau kamu memilih liburan di peek season, maka liburanmu akan banyak orang. Oleh sebab itu bersabarlah di setiap kesempatan. Bisa jadi ketika cuaca buruk membuat kamu tidak jadi ke tempat wisata tersebut atau saking penuhnya kamu tidak nyaman di lokasi wisata dan terpaksa meninggalkannya.

 

Riset

Sebelum berangkat, sebaiknya riset dulu semua yang berkaitan dengan kebutuhan sepanjang perjalanan mulai dari hotel, tempat makan, objek wisata dan lainnya sehingga tempat yang kamu tuju termasuk daerah zona aman atau tidak berisiko tinggi untuk tindakan kriminal.

 

Ketahui batasan diri

Disini bisa diartikan untuk mengetahui batasan diri misalnya tentang kesehatan saat pergi sendirian, kalau kamu tidak kuat bepergian terlalu lama maka jangan kunjungi tempat terlalu banyak dalam satu hari. Dan bila kamu tidak bisa minum alkohol maka hindari mengkonsumsinya. Selain mencegah sakit, mabuk bisa mengundang kejahatan kriminal.

 

Manfaatkan teknologi

Sebelum bepergian, sebaiknya kamu menyediakan aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan pada handphone seperti kamus untuk berinteraksi dengan warga lokal, maps untuk menjelajah kota-kota yang aman. Kalau ingin berbelanja dan tidak dibohongi, kamu bisa cek harga dengan melakukan konversi ke mata uang yang digunakan atau mengecek harga yang beredar di internet.

 

Cari Kontak Bantuan

Siapkan kontak atau alamat teman serta saudara yang tinggal di tempat tujuanmu. Simpan nomor kepolisian atau kedutaan Indonesia yang ada di negara tersebut. Kabarkan kepada keluarga melalui email, untuk penggantian nomor ponsel selama liburan.

 

Diperbolehkan Berbohong

Saat di lokasi baru, terkadang merasa ada yang tidak nyaman bila bertemu dengan orang-orang yang mengajukan pertanyaan dan sangat pribadi, bisa lho kamu berbohong atau alihkan ke topik lain.

 

Jangan lupa update media sosial

Update media sosial, disini bukan berarti ingin pamer melainkan untuk memberi info terkini soal lokasi yang kamu kunjungi. Dengan begitu, teman dan keluargamu bisa memantau keberadaanmu. Atau cara lainnya kamu memberikan detail itinerary kepada keluarga dan teman dekatmu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.