Simak Baik-baik, Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Traveler Pemula

 

Kecemasan atau kekhawatiran yang timbul ketika seseorang bepergian untuk pertama kali merupakan suatu hal yang biasa. Tidak mengetahui apa yang mesti dilakukan atau takut apa-apa yang dilakukan akan gagal tak jarang  menimbulkan stres.

Ketahuilah, traveling bukanlah keahlian yang membutuhkan bakat khusus. Jika mau meluangkan waktu untuk belajar, siapa pun dapat menguasai keterampilan ini. Jadi, sangat masuk akal bahwa kamu dapat membuat beberapa kesalahan saat pertama kali melakukan perjalanan.

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh traveler pemula.

 

Menjejalkan Terlalu Banyak Tujuan

Kalian mungkin sangat bersemangat, tetapi memasukkan terlalu banyak destinasi dalam satu perjalanan adalah kesalahan besar.

Pertimbangkan berapa lama perjalanan yang akan kalian lakukan dan sesuaikan dengan tujuan yang ingin kalian capai. Sangat penting untuk memperhatikan juga keterbatasan sebagai manusia.

Bagi seorang pemula, menentukan 3-4 destinasi daripada terburu-buru meraih 6-7 destinasi dalam perjalanan pertama adalah pilihan bijak.

Dengan begitu, kalian akan benar-benar dapat melakukan perjalanan dengan santai dan menikmati momen indah di setiap pemberhentian.

 

Terlalu Bangga Menyebut Diri Sebagai Turis

Tidak ada gunanya membatasi diri dengan sebutan tertentu jika pada akhirnya pilihan kalian menjadi terbatas.

Baik turis atau pun pelancong, kalian bebas untuk mengunjungi tempat-tempat tidak terkenal atau landmark paling terkenal di dunia.

Kalian juga dapat pergi sendiri atau bergabung dengan tur berpemandu. Tidak ada salahnya pula jika kalian ingin tinggal di hostel independen atau resor mewah dan makan makanan yang biasa atau hidangan paling ekstrim yang dapat kalian temukan.

Seorang traveler sejati bangga menyebut dirinya hanya sebagai orang yang bepergian dan menikmati hal-hal yang menarik di tempat tujuan.

Tergiur Tawaran Paling Murah

Kesalahan lain yang sering kali dilakukan oleh backpacker beranggaran terbatas adalah memilih opsi termurah daripada mencari nilai terbaik.

Kalian mungkin memilih akomodasi, transportasi, dan makanan termurah dengan tujuan untuk merentangkan perjalanan dengan dana terbatas.

Namun, terkadang pilihan ini berakhir sia-sia ketika kalian menemukan kamar hotel yang kotor dan tidak terawat, tanpa sambungan internet dan lokasi yang tidak strategis. Padahal dengan tambahan biaya sedikit saja kalian bisa mendapatkan pengalaman yang jauh lebih baik dan semua masalah tersebut dapat diatasi.

Tergantung pada anggaran dan apa yang ingin kalian capai, tetapi nilai terbaik tidak selalu hadir dengan opsi termurah.

 

Mengabaikan Insting

Jika kalian merasakan ada bisikan cerdik di kepala maka mendengarkannya merupakan pilihan yang sangat bagus.

Sayangnya banyak traveler pemula yang tidak mengikuti nalurinya padahal sebenarnya gelagat mencurigakan sudah mereka rasakan sebelumnya. Pada akhirnya, mereka terjebak dalam situasi yang tidak menyenangkan.

Insting atau naluri bisa menjadi senjata yang handal jika kalian mau belajar mendengarkannya. Ada banyak kisah-kisah inspiratif yang dapat kalian ambil pelajaran tentang bagaimana memperhatikan naluri dapat menyelamatkan seseorang dari bahaya yang mengancam jiwa.

Naluri perjalanan kalian mungkin tidak sedasyat dalam kisah-kisah tersebut, tetapi dengan mendengarkan setiap bisikan yang muncul dan memperhatikan situasi yang ada maka kalian akan menjadi lebih waspada. Dengan semakin banyak bepergian naluri kalian akan menjadi lebih akurat dari waktu ke waktu.

 

Overpacking

Traveler pemula cenderung untuk membawa barang bawaan yang banyak dalam perjalanan pertama mereka.

Namun, barang-barang tersebut kebanyakan tidak berguna. Terlalu banyak pakaian dan peralatan tidak penting membuat koper terlalu penuh sehingga kalian akan kesulitan membawanya.

Perhatikan untuk memilih barang-barang dasar untuk pakaian, seperti gaun sederhana, t-shirt dan celana, dan buat tampilan nampak berbeda dengan tambahan aksesories yang tepat.

Kalian juga tidak perlu membawa kanvas dan cat minyak lengkap karena catatan kecil dan pensil warna ukuran kecil sudah cukup untuk membuat sketsa yang cantik.

baca juga:

Cocok untuk Menyepi, 5 Alasan Kamu Harus Rekreasi ke Pantai

 

Tidak Membeli Kartu SIM Lokal

Kartu SIM Lokal akan membantu kalian melakukan panggilan dengan nyaman selama perjalanan dan tentunya menghemat uang.

SIM Lokal di negara asing memberikan banyak keuntungan kepada traveler, termasuk menggunakan Google Map untuk menemukan jalan sekitar kota dan memahami sistem transportasi umum, membaca ulasan Tripadvisor sebelum masuk restoran atau melakukan pemesanan hotel saat di perjalanan.

Masih banyak kesalahan lain yang dilakukan oleh traveler pemula . Pelajari dengan baik agar kalian terhindar dari kesalahan tersebut dan memiliki perjalanan yang lebih menyenangkan dan sukses.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.