Share cost atau Travelling Rame-rame Bersama Teman Karib? Perhatikan 8 Trik Ini

Menjelang musim liburan seperti akhir tahun atau musim panas, umumnya travelling menjadi salah satu kegiatan populer yang sering dilakukan.

Bepergian ke luar kota, luar pulau atau bahkan ke manca negara, seolah – olah di era milenial semakin menjadi tren tersendiri.

Anak – anak milenial yang sangat lekat dengan teknologi modern, berlomba – lomba membagikan foto – foto liburan yang paling hits dan kekinian.

Ibarat kata, belum menjadi kids zaman now, kalau belum memiliki akun media sosial dengan jumlah followers mendekati nominal ratusan ribu.

Bagi anak muda milenial, travelling bukanlah sebuah gaya – gayaan atau mengikuti tren semata. Terkadang hal ini bisa menjadi mata pencaharian alias profesi! Yes, dengan menjadi travel blogger, tak mustahil pundi – pundi uang semakin menumpuk. Bahkan, bisa plesiran ke luar negeri dengan gratis karena endorse.

Wah, pasti mau kan? Tak perlu bingung, buat yang ingin menghabiskan liburan tapi bujet terbatas bisa mencoba share cost atau travelling rame – rame bareng teman dekat. Dengan model share cost, liburanmu bakal makin hemat lho!. Tak percaya, simak tips – tips berikut yang patut kamu coba:

Pilih destinasi yang cocok untuk semua kalangan

Share cost atau open trip mengajak serombongan teman, kemungkinan besar akan banyak adu silang pendapat tentang lokasi yang diinginkan. Tak perlu berdebat yang berlebihan, pusatkan saja pada beberapa destinasi misalnya 2 – 3 destinasi, kemudian ambil suara terbanyak. Toh, jika ada yang destinasinya belum terpilih, masih bisa dikunjungi di lain kesempatan, bukan?

Buat rincian budget atau kisaran biaya

Masalah dana atau ongkos liburan memang tak bisa dikesampingkan. Ada banyak kasus di mana traveller tiba – tiba kehabisan ongkos saat berada di luar negeri. Mujur jika ada bantuan dari orang – orang lokal. Tapi, bagaimana jika tidak? Jangan sampai kehabisan ongkos ini terjadi ya.

Selain mempersiapkan beberapa cadangan dollar, buat rincian detail budget yang akan dikeluarkan. Bila perlu, bayar keseluruhan akomodasi dan tiket pesawat di muka. Jadi, kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos – ongkos ekstra saja. Seperti naik taksi atau sewa mobil.

Memiliki peran masing – masing

Inilah enaknya travelling rame – rame. Selain share cost atau berbagi biaya, kamu juga bisa saling berbagi tugas atau tanggung jawab. Misalnya, ada yang bertugas membuat tenda, memasak, memimpin, menegosiasi harga atau biaya – biaya transportasi, dan sebagainya. Setiap orang memiliki peran masing – masing sehingga tidak akan berat atau kelelahan selama perjalanan.

Baca juga:

Camping Rasa Hotel, Disini Tempat Liburan Seru Outdoor di Bandung Untuk Keluarga

Disiplin waktu

Travelling rame – rame itu tak selalu harus bersama – sama setiap saat. Sebaliknya, kamu bebas menelusuri tempat wisata, namun sepakat untuk berkumpul lagi di suatu titik tertentu. Misalnya, jam 12 siang harus berkumpul lagi di depan tempat informasi wisata/turis.

Jika masing – masing orang tetap disiplin, perjalanan rame – rame bakal sangat menyenangkan.

Menghindari topik sensitif

Selama open trip dengan berbagai kalangan dan usia, pilih jenis obrolan yang sifatnya humor tapi masih ‘universal’ dan tidak menyinggung isu – isu sensitif. Seperti suku, agama, ras dan golongan tertentu.

Hal ini untuk menghindari adanya perdebatan atau bahkan pertengkaran selama perjalanan. Ingat, masalah di depan mungkin akan ada banyak yang jauh lebih penting daripada masalah internal.

Membawa kamera

Zaman sekarang tak perlu ribet menenteng kamera berat. Ada beberapa fotografer profesional yang bisa dihubungi di tempat destinasi lokal. Selain itu, kamu juga bisa membawa kamera mirrorless yang lebih ringan, kamera instan atau bahkan kamera smartphone yang lebih ringkas dan praktis. Bawa juga aksesoris pendukung smartphone seperti powerbank, charger, dan sebagainya.

Tak perlu emosional

Bepergian dengan banyak orang, tak jarang terjadi persinggungan atau kres karena perkataan atau perbuatan teman yang kurang berkenan. Tahan diri dan jauhi masalah. Kamu travelling untuk menghindari stres bukan malah memicu masalah.

Awasi barang – barang

Atur tugas secara bergiliran untuk menjaga barang – barang yang terkadang sangat banyak. Seperti tas ransel, peralatan tenda, kompor dan sebagainya.

Usahakan untuk memilih spot atau sudut tertentu yang luas dan aman jika terpaksa harus berkumpul di tempat umum. Buat susunan melingkar, sehingga semua orang dapat mengawasi barang – barang tanpa harus berceceran atau berserakan di berbagai tempat.

***

Ingin liburan rame – rame tapi bebas ribet dan tetap hemat bujet? Gampang, hubungi saja agen travel wisata Jari Adventure. Kami telah membuktikan pada ribuan klien yang sudah memberi kepercayaan untuk mengakomodir segala kebutuhan wisata, untuk perusahaan, instansi atau kelompok.

Lebih hemat dan praktis, karena satu tarif hemat sudah termasuk akomodasi, transportasi dan biaya tiket masuk obyek wisata serta tour guide.

Enjoy your great adventure with Jari Adventure

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *