Seruu…! Tips Travelling Nyaman dan Menyenangkan Untuk Lansia

Merancang liburan multi generasi mungkin merupakan suatu tantangan. Tapi, demi menjalin keakraban seluruh keluarga hal ini tentu bukan suatu masalah.

Bepergian dengan komunitas sesama traveller, teman segeng atau teman nongkrong mungkin sudah biasa. Tapi, bagaimana bila mengajak kakek dan nenek untuk berlibur bersama? Eitss.. jangan terburu – buru menolak lho! Dijamin seru dan pastinya akan memberikan kenangan yang menyenangkan bagi orang tua kita.

Destinasinya? Ada banyak yang bisa dikunjungi! Misalnya seperti pantai, perkebunan, pegunungan, mengunjungi saudara di pedesaan, atau bersantai di restoran yang punya tema alam terbuka. Wah, jadi gak sabar nih mengajak keluarga berlibur bareng. Yuk, travelling bareng multi generasi dengan memperhatikan beberapa tips khusus untuk lansia berikut:

1. Sama seperti anak – anak, orang lansia juga perlu dijaga kenyamanannya

Perhatikan cuaca ketika pergi. Bila pergi saat musim panas yang terik, bawalah sebotol air minum agar tubuh keluarga tetap terhidrasi. Di samping itu, jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung karena bagi lansia hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sun burn atau dehidrasi. Sebaliknya, bila pergi saat musim hujan, bawalah payung atau jas hujan untuk antisipasi.

2. Pilih jenis transportasi yang nyaman

Terkadang orang tua atau lansia tidak terlalu nyaman menaiki pesawat terbang. Bila demikian, masih bisa jalan – jalan dengan kereta api, bus atau menyewa mobil di tempat destinasi. Tanyakan kepada orang tua kita moda transportasi apa yang membuat mereka lebih nyaman.

3. Pergi ke tempat yang disukai orang lansia

Sebelum berangkat, lebih baik tanyakan dulu kepada kakek dan nenek destinasi yang diinginkan. Misalnya pergi ke museum, pasar seni, wisata religi atau bahkan mungkin hanya sekadar mengunjungi kerabat dan sanak saudara di luar kota. Kebanyakan orang tua mungkin merasa senang tinggal di rumahnya, jadi agar mereka bersemangat diajak jalan – jalan, maka sebaiknya memilih destinasi yang disukai mereka.

4. Tempat wisata yang cocok untuk keluarga

Agar tidak melulu fokus pada anak – anak atau anak remaja, pilih jenis tempat wisata yang cocok untuk berbagai kalangan usia. Misalnya, taman hiburan bermain, taman bunga, atau pantai. Bisa juga memancing atau berpiknik di tepi telaga. Hmm… kakek dan nenek pasti akan mendapatkan pengalaman baru yang seru.

5. Hindari tempat wisata yang sedang ramai

Tempat wisata yang sedang viral atau mungkin populer, pasti akan ramai dan berdesakan dengan pengunjung lain di hari libur. Daripada lelah di tengah perjalanan, pilih alternatif tempat wisata lain yang masih sepi atau tak terlampau padat. Misalnya wisata alam terbuka, perkebunan atau pedesaan. Tempat wisata di sini lebih sepi, bersih dan nyaman untuk sekadar duduk – duduk santai menikmati panorama.

Baca juga:

6 Tempat Wisata Keren di NTT yang Bikin Kamu Tidur Tersenyum Sepulang Liburan

 

6. Mengunjungi tempat wisata yang tidak banyak anak tangga

Kakek dan nenek mungkin sangat bersemangat dan antusias pergi ke air terjun yang viral di media sosial, tapi ingat bahwa raga mereka tak lagi muda. Terlebih tulang punggung, lutut dan persendian sudah sering encok dan nyeri. Daripada nanti malah kesehatan dan kenyamanan kakek nenek terganggu, pilih tempat wisata lain yang mudah dijangkau untuk orang lansia dan anak kecil.

7. Membawa makanan dan minuman favorit

Sama seperti anak – anak yang masih kecil, orang lansia juga butuh diperhatikan, dimanjakan  dan disayangi. Termasuk untuk menjaga mereka tetap senang dan terhibur selama perjalanan travelling. Anda bisa menyiapkan makanan dan minuman favorit untuk dijadikan menu piknik. Misalnya sambal goreng jengkol, ayam goreng, atau ikan gurami goreng. Kemudian, jangan lupa untuk menyertakan potongan buah – buahan segar yang bisa dijadikan camilan sehat selama di dalam kendaraan.

***

Sebagai anak dan cucu yang baik, sudah sepatutnya agar kita terus menyayangi dan memberikan perhatian kepada orang tua kita atau kakek dan nenek. Salah satunya dengan mengajak mereka sesekali jalan – jalan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Nah, untuk mengakomodir segala kebutuhan perjalanan wisata Anda, serahkan pada agen travel wisata berpengalaman dan terpercaya, Jari Adventure. Cepat, praktis dan mudah karena pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi Whatsapp nomor 0877 – 78906999.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.