Sering Terbang Lintasi Zona Waktu? Yuk, Hindari Jetlag Dengan 5 Tips Ini

Bagi kamu yang sering menggunakan pesawat terbang, mungkin kamu sudah terbiasa dengan kondisi yang ada. Beda halnya dengan yang  belum pernah terbang jauh atau yang baru naik pesawat.

Umumnya, banyak dari mereka yang terkena Jetlag. Apa itu Jetlag? Secara umum, saat melintasi zona waktu yang berbeda, maka tubuh akan berusaha menyesuaikan diri dengan waktu yang sekarang.

Tapi, transisi yang terlalu mendadak membuat banyak orang kebingungan dan justru jadi terganggu. Seperti pola jam tidur, jam makan, dan rasa kantuk atau lelah yang berlebihan.

Sebenarnya tubuh kita memiliki jam biologis. Apa itu jam biologis? Jam biologis adalah ritme atau rekaman tubuh kita tentang waktu kita dalam beraktifitas sehari-hari, misal untuk waktu makan, waktu untuk tidur, dll.

Masing-masing kita punya aktivitas rutin berdasarkan waktu selama 24 jam. Di saat kita berpindah ke zona waktu baru maka bisa dibilang tubuh spontan akan kaget karena waktu aktivitas kita akan berbeda.

Sebagai contoh, kamu sekarang berada di Indonesia dengan waktu masih pagi, kamu melakukan perjalanan ke Amerika Serikat yang relatif singkat menggunakan pesawat, saat kamu sampai di Amerika, keadaan masih pagi, maka tubuh akan kebingungan dengan kondisi tersebut.

Agar bisa mengatasi Jetlag, perhatikanlah 5 tips berikut:

  1. Beradaptasi sebelum Terbang

Sebelum melakukan penerbangan, ada baiknya kamu mencoba untuk beradaptasi di zona waktu tujuan, baik itu dari pola tidur maupun pola makan.

Mulailah tidur lebih awal atau lebih lambat dan mengganti jadwal makan. Persiapan sekecil apapun bisa memberikan efek besar dan membantu ketika sudah sampai di negara tujuan.

  1. Pilih Maskapai penerbangan yang nyaman

Perjalanan yang panjang akan terasa sangat melelahkan bila selama di perjalanan kamu merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu pertimbangkanlah untuk memilih maskapai penerbangan dengan pesawat yang terkenal akan kenyamanan yang ditawarkannya.

Mahal sedikit asal tidak memberikan rasa sakit. Bisa bayangkan tidak bagaimana rasanya bila waktu yang kamu tempuh tidaklah singkat untuk perjalanan yang cukup jauh.

Lalu, di perjalanan pun kamu harus dipaksa untuk merasa nyaman di pesawat yang tidak bisa menawarkan hal tersebut, membayangkannya saja sudah cukup membuat mual ya.

  1. Hindari Alkohol dan Kafein

Untuk kamu si perokok atau pecinta kopi, secangkir kopi setiap hari akan sangat menggoda. Tahanlah godaan ini terlebih dahulu, hindari meminum minuman yang mengandung alkohol maupun Kafein. Kafein dan alkohol akan memberikan gangguan yang amat besar dalam perjalanan lintas benua. Perbanyaklah minum air putih saat berada di dalam pesawat. Semakin lama waktu terbang semakin tubuh kita mengalami dehidrasi. Air putih akan sangat membantu keadaan yang demikian. Pilih air putih dibandingkan kopi atau alkohol saat berada di dalam kabin.

  1. Ubah Waktu di Jam

Atur ulang waktu yang tertera di jam tangan atau handphone kamu. Settinglah agar waktu sesuai dengan negara tujuan, cara yang seperti ini bisa membuat kamu seakan sudah tinggal di negara yang akan kamu kunjungi.

Ketika  sudah berada di negara tujuan pun nantinya tubuh kamu akan diberitahu bila waktu sudah berubah dan telah disesuaikan. Dengan begini, tubuh akan mendapatkan informasi terlebih dahulu sehingga tidak kaget dan stress.

Baca juga:

Museum Ronggowarsito Semarang, Liburan Edukatif Untuk Tahun Baru

 

  1. Makanan Ringan

Bila kamu merasa lapar di dalam pesawat, janganlah terlalu makan makanan berat. Konsumsilah makanan-makanan ringan seperti sandwich, snack, dll.

Makanan ringan akan membantu mengurangi rasa mual yang berujung pada Jetlag setelah mendarat. Perut yang terlalu terisi penuh dengan makanan berat akan menimbulkan rasa mual.

Mau terbang ke negara manapun, jangan sampai sindrom Jetlag menyerang kamu. Kemungkinan terkena Jetlag bisa datang kapan saja, tapi usahakanlah untuk meminimalisir kemungkinan tersebut. Praktekkanlah beberapa tips diatas agar Jetlag bisa dihindari.

***

Negara tujuan antar benua? Atau justru tujuan wilayah domestik? Kemana pun perginya, Pesanlah Paket Perjalanan di Jari Adventure. Jari Adventure adalah Agen travel Terpercaya.

Jari Adventure menyediakan berbagai macam paket perjalanan sesuai kebutuhan kamu. Liburan menyenangkan dan berkesan bersama Jari Adventure. Tunggu apalagi, segera gunakan Jari Adventure sebagai partner wisata kamu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.