Sempat Terhenti Akibat Pandemi, Tips Naik Pesawat Saat New Normal

Kini, kita tengah bersiap untuk menghadapi new normal. Beberapa tempat bahkan telah meluncurkan protocol Kesehatan mereka untuk menjalankan bisnis yang sempat terhenti.

Termasuk transportasi umum terhambat akibat angka terinveksi covid 19 yang selalu bertambah. Salah satunya adalah dunia penerbangan. Itu mengapa Anda harus mengetahui apa saja tips naik pesawat saat new normal

Meski penerbangan telah kembali dibuka, bukan berarti Anda bisa leluasa saat naik pesawat. Setelah masa pandemic yang kian menuai kontroversi, hidup New Normal harus Anda jalankan.

Begitu pula dalam dunia penerbangan yang akan menerapkan aturan baru untuk menghindari penyebaran virus.

Bagi Anda yang akan segera melakukan perjalanan jauh dengan pesawat, simak syarat dan tips naik pesawat di era new normal

 

1.      Persyaratan Penerbangan Orang Dalam Negeri

Pesyaratan ini diluncurkan oleh Gugus Tugas, dalam SE (Surat Edaran) Nomor 7 Tahun 2020 yang berisi tentang kriteria dan syarat perjalanan orang dalam masa adaptasi kebiasaan baru. Yang berarti dalam transportasi umum darat, laut, dan udara. Surat edaran ini berlaku sejak 6 Juni 2020.

Surat edaran ini berlaku bagi seluruh kalangan penumpang. Jadi, pihak penerbangan tak lagi mengacu pada pengguna dengan jabatan atau kepentingan khusus  yang pernah ada dalam aturan di masa larangan mudik yang lalu.

Berikut persyaratan penerbangan orang dalam negeri yang patut Anda taati :

  • Tunjukkan kartu identitas diri seperti KTP, atau tanda pengenal lain yang sah dan diakui.
  • Tunjukkan surat keterangan uji tes PCR yang menunjukkan hasil negative, dimana surat tersebut hanya berlaku selama 7 hari (Bisa juga surat keterangan uji rapid test dengan hasil non-reaktif, berlaku selama 3 hari saat keberangkatan)
  • Jika daerah Anda tak memiliki fasilitas rapid test atau PCR, maka tunjukkan surat keterangan bebas gejala yang bisa Anda dapatkan dengan pengecekan Kesehatan di rumah sakit atau puskesmas.
  • Unduh dan aktifkan aplikasi Peduli Lindungi di perangkat seluler Anda.

2.      Persyaratan Penerbangan Orang Kedatangan dari Luar Negeri

Tak hanya aturan untuk orang dalam negeri, ada pula persyaratan penerbagan bagi Anda yang datang dari luar negeri. Pengguna harus mengikuti persyaratan yang tertulis dalam SE. berikut persyaratan yang harus ditaati:

  • Tiap orang yang datang dari luar negeri wajib melakukan tes PCR (Jika belum melakukan tes sebelum keberangkatan)
  • Pemeriksaan tes PCR dikecualikan pada PLBN (Pos Lintas Batas Negara) karena tak memiliki peralatan tes PCR sehingga harus melakukan rapid test dan menyerahkan surat bebas gejala dari rumah sakit atau otoritas kesehatan.
  • Wajib karantina di tempat khusus dan memanfaatkan akomodasi karantina yang telah disiapkan Pemerintah seperti hotel dengan sertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina Covid-19 oleh Kementrian Kesehatan
  • Unduh dan aktifkan aplikasi Peduli Lindungi di perangkat seluler Anda

Baca juga

3.      Tips Bepergian saat New Normal

Setelah memenuhi persyaratan, lakukan beberapa tips berikut :

  • Jika merasa tidak enak badan, maka tunda perjalanan dan lekas periksa kondisi Anda. Jangan sampai menularkan penyakit dan tunggu hingga tubuh benar-benar fit.
  • Jangan lupa untuk menutup hidung ketika batuk dan bersin. Gunakan tisu atau tangan bagian atas agar droplet tak bertebaran di udara. Ikuti aturan bersin dan batuk yang baik.
  • Hindari menyentuh wajah seperti area mulut, mata, dan hidung selama Anda dalam perjalanan. Tentunya untuk meminimalisir masuknya partikel virus dalam tubuh.
  • Tetap gunakan masker selama di bandara, pesawat, hingga sampai ke tempat tujuan Anda. Sediakan lebih dari 1 masker untuk berjaga-jaga saat kotor atau rusak.
  • Sedia hand sanitizer ke manapun Anda pergi. Jika Anda dekat dengan spot air mengalir, maka rajinlah mencuci tangan Anda dengan sabun agar bakteri dan virus pada tangan bisa mati.
  • Jangan buang sampah sembarangan meski dalam kondisi apapun, termasuk tisu bekas batuk dan bersin!
  • Hindari bersentuhan dengan banyak permukaan benda seperti gagang pintu, kursi, jendela, dan yang lainnya. Pastika cuci tangan dengan sabun selepas memegang permukaan benda.

Memasuki era new normal mungkin menjadi tantangan baru dalam bepergian. Tetap patuhi aturan dan protocol Kesehatan di tempat Anda berada agar terhindar dari terjangkit virus dan bakteri selama perjalanan. Stay safe!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.