Seindah Bidikan Pro! Tips Sederhana Fotografi di Alam Terbuka untuk Pemula

Fotografi merupakan salah satu kegiatan yang banyak digandrungi para remaja saat ini. Bahkan banyak orang yang menjadikannya sebagai hobby hingga terus fokus belajar mengenai dunia fotografi.

Kegiatan ini memang bisa dibilang susah-susah gampang. Namun, akan terasa mudah jika Anda terus berusaha untuk mendalaminya.

Sebagian orang menganggap memotret itu terlihat mudah, tetapi ternyata memiliki kerumitan tersendiri.

Ada banyak objek yang bisa difoto, salah satu yang paling disukai adalah alam terbuka. Apalagi bagi Anda yang suka berpetualang, memotret alam tentu bukalah hal yang sulit.

Bagi para pemula, apa saja tips sederhana fotografi di alam terbuka? Simak berikut ini.

1.    Lebih Peka dengan Sekitar

Menjadi seorang fotografer memang membutuhkan kepekaan yang tinggi, terutama fotografer alam terbuka. Alam yang sangat luas harus dijadikan objek potret sebagus mungkin.

Semua itu bergantung pada kepekaan dan skill Anda dalam mengabadikan setiap momen. Lalu, kepekaan apa yang bisa Anda pelajari?

Cobalah untuk sering bergaul dengan orang-orang yang memiliki hobi yang sama dengan Anda. Selain itu, lebih sering bermain ke alam bisa membantu Anda meningkat kepekaan Anda terhadap lingkungan.

Semakin banyak pengalaman Anda dalam memotret alam, maka tingkat kepekaan akan semakin tumbuh.

2.    Mulailah dengan Peralatan Sederhana

Melakukan pemotretan di alam tidak melulu harus menggunakan peralatan canggih. Mulailah untuk menggunakan peralatan sederhana yang tidak menguras kocek terutama bagi Anda yang masih pemula.

Pakai saja kamera yang Anda miliki saat ini. Tidak perlu buru-buru untuk menggunakan peralatan lengkap seperti gear ketika Anda masih dalam tahap belajar.

Gear bisa Anda lengkapi seiring berjalannya waktu dan bertambahnya kemahiran Anda dalam memotret.

3.    Terus Berlatih dan Belajar

Kalau hanya sekedar modal kamera mahal namun tiada usaha, tentu saja percuma. Yang paling penting dalam meningkatkan keahlian Anda dalam memotret adalah terus berlatih dan belajar.

Praktik akan memberikan efek yang sangat baik dibandingkan teori dalam hal fotografi. Jika bisa, buatlah teori dan praktik agar seimbang.

Jika Anda memutuskan untuk fokus memotret alam, maka seringlah turun ke alam. Semakin sering mengunjungi alam, semakin mahir pula keahlian Anda dalam bidang fotografi.

Intinya, jangan menutup diri terhadap segala ilmu yang bisa diterima dari setiap orang. Belajarlah setiap saat, jangan sampai lengah atau bosan.

4.    Melatih Sense dan Perpektif

Seiring berjalannya waktu, tingkat kepekaan terhadap sekitar akan semakin tinggi. Dengan begitu, Anda juga harus melatih perspektif dan sense sebagai seorang fotografer.

Fotografi yang indah sering kali lahir dari sisi perspektif dan sense yang maksimal. Apalagi objek foto Anda adalah alam yang luas.

Latihlah pespektif Anda agar segala hal yang Anda tangkap lewat lensa kamera memiliki komposisi seimbang. Belajar perspektif dan sense bisa Anda dapatkan jika Anda rajin berlatih dan belajar serta sering turun ke alam.

baca juga:

Padat Merayap, Tips Hindari Kemacetan Saat Arus Balik Lebaran

 

5.    Nikmati Prosesnya

Yang paling penting agar tahap belajar semakin maksimal adalah nikmati prosesnya. Nikmati segala proses belajar ketika Anda ingin menjadi seorang fotografer entah itu di dalam ruangan ataupun luar ruangan seperti alam.

Ingatlah, setiap fotografer terlahir dari seorang fotografer amatir. Tidak perlu iri dan dan buru-buru untuk memiliki skill hebat karena setiap orang butuh proses.

Menjadi seorang fotografer memang tidak semudah yang terlihat kebanyakan orang. Anda harus belajar dari nol untuk menjadi seorang professional.

Ada banyak rintangan yang harus Anda hadapi. Yang paling penting ialah terus belajar dan tidak patah semangat. Setiap usaha pasti ada hasilnya.

Jangan lupa untuk mengikuti tips di atas agar proses belajar terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.