Sebelum Melakukan Perjalanan, Apa Sih yang Perlu Direncanakan?

Merencanakan perjalanan tidak pernah mudah apalagi ini adalah petualangan besar pertama. Ada banyak begitu banyak hal yang perlu dipikirkan dan direncanakan. Sehingga terkadang sangat membingungkan terutama bagi pemula.

Ketahuilah, kamu tidak harus merencanakan setiap detail dan momen perjalanan. Beberapa hal memang perlu direncanakan sebelumnya. Tetapi, ada banyak hal yang baru akan diketahui setelah tiba di tujuan.

Yuk, langsung cek apa saja yang harus dipersiapkan sebelum perjalanan dan apa yang dapat dilakukan saat sedang di jalan.

 

Yang Harus Diketahui Sebelum Melakukan Perjalanan

Cara Mencapai Hotel dari Bandara

Tidak perlu mengetahui semua transportasi yang akan digunakan selama perjalanan. Tapi, akan sangat membantu jika kamu mengetahui bagaimana petunjuk menuju hotel ketika pertama kali tiba.

Hati-hati dengan kemungkinan seperti mendarat dengan jet-lag, tak memiliki akses Wifi atau ponsel yang kehabisan baterai.

Tetapi, semua masalah itu tidak akan menyulitkan untuk mengakses akomodasi jika kamu telah mengumpulkan berbagai infomasi dari awal.

 

Hari Pertama dan Hari Terakhir Perjalanan

Meskipun tidak setiap detik perlu direncanakan, kamu mungkin ingin mengetahui hari pertama dan terakhir perjalanan sebelum bepergian. Karena hari-hari tersebut berhubungan dengan mengejar pesawat.

Mengetahui hari terakhir juga berguna untuk mengetahui di mana akan tinggal dan bagaimana kamu mencapai bandara untuk pulang.

Jadi, pastikan untuk merencanakan di depan untuk memastikan kamu bisa berangat teapt waktu.

 

Visa dan Ijin Kerja

Sebelum naik pesawat, pastikan kamu sudah mengantongi informasi tentang visa. Apakah bisa didapatkan saat kedatangan atau perlu mengajukan permohonan terlebih dahulu.

Pastikan kamu memiliki ijin yang benar untuk visa sebelum tiba di tujuan.

 

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan perlu dipersiapkan sebelum keberangkatan karena premi sering tidak valid jika membelinya setelah di perjalanan.

Idealnya, belilah asuransi dalam 15 hari sejak kamu memesn perjalanan. Dengan begitu, kamu akan memenuhi syarat untuk cakupan penuh.

 

Mengetahui Modus Penipuan Lokal

Hal penting lain yang harus kamu teliti sebelum melakukan perjalanan adalah penipuan yang sering terjadi di destinasi tujuan.

Jika menunggu setelah tiba mungkin saja semua telah terlambat.

Menjadi korban penipuan tidak hanya menyulitkan saat di negeri orang tetapi juga dapat merusak perjalanan secara keseluruhan.

 

Yang Boleh Diketahui Setelah Sampai di Tujuan

Jadwal Perjalanan

Jika mau kamu bisa menyiapkan semua jadwal perjalanan sebelum berangkat tetapi hal tersebut sepertinya tidak perlu dilakukan.

Bahkan menurut para pakar perjalanan, menyiapkan jadwal kegiatan dengan detail sebelum berangkat dianggap sebagai ide yang buruk.

Dalam perjalanan, beberapa hal biasanya memakan waktu lebih lama daripada yang diharapkan sehingga kamu pasti menginginkan jadwal yang lebih fleksibel untuk menyesuaikan.

Cuaca juga tidak bisa diprediksi sehingga butuh penyesuaian rencana dengan kondisi lingkungan.

Sebenarnya sangat menyenangkan untuk memiliki beberapa hari dalam perjalanan di mana kamu hanya berkeliaran tanpa rencana dan ‘melihat apa yang terjadi.’

Bahkan, itu bisa menjadi salah satu pengalaman terbaik.

baca juga:

Seram! 5 Tempat Wisata Unik di Indonesia Ini Bikin Bulu Kuduk Merinding

 

Tempat Makan

Beberapa pengalaman bersantap terbaik saat perjalanan biasanya didapatkan ketika tidak direncanakan sebelumnya.

Jadi, berikan sedikit ruang dalam perjalanan untuk menjelajah dan melakukan hal spontan dalam hal mencici makanan.

Tetapi jika berencana tinggal di suatu tempat untuk beberapa lama, menemukan beberapa tempat makan yang bagus sebelum berangkat adalah cara yang tepat.

 

Imunisasi Perjalanan

Di beberapa negara, wisatawan diharuskan memiliki bukti vaksinasi tertentu agar diijinkan masuk. Dalam situasi seperti ini penting untuk mendapatkan vaksinasi sebelum keberangkatan.

Namun, prasyarat vaksinasi ini tidak berlaku di semua negara di dunia sehingga kamu perlu melakukan riset sebelumnya.

Terkadang, mengambil vaksinasi perjalanan di destinasi tujuan bisa lebih murah jadi sebaiknya periksa apakah vaksinasi dapat dilakukan segera setelah kamu tiba, terutama di negara-negara di mana layanan kesehatan jauh lebih murah.

Setelah mengetahui apa yang perlu dipersiapkan sebelum dan bisa dilakukan selama diperjalanan, kamu tidak perlu lagi membuang waktu, tenaga bahkan biaya secara cuma-cuma.

Tidak semua hal akan mendapatkan hasil terbaik dengan melakukan persiapan sebelum perjalanan. Tetapi liburan tanpa persiapan matang kemungkinan terancam gagal.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.