Scan Tiket Mandiri, Inilah Aturan New Normal Saat Naik Kereta Api

Pemerintah telah mengupayakan beragam cara untuk dapat mengatasi Virus Corona yang tengah mewabah di Indonesia. Selain PSBB, Pemerintah berencana akan menerapkan aturan new normal.

New Normal sendiri merupakan aturan dimana masyarakat akan hidup berdampingan dengan Covid-19 sehingga dapat memulai aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Tentunya dengan memperhatikan protocol Kesehatan dan kebersihan yang ketat.

PT Kereta Api Indonesia atau KAI kini telah merilis aturan baru dalam era new normal. Pedoman ini akan berlaku saat kereta api kembali bergerak.

Mengingat banyaknya penumpang kereta api yang tentu bertolak dengan prinsip new normal, pedoman ini tentu akan sangat berguna dalam menekan angka yang terinfeksi virus.

Untuk menyiapkan diri saat kembali hidup new normal, mari kita simak beberapa aturan yang harus Anda patuhi saat naik kereta api.

 

1.      Perpendekan Waktu Loket Pemesanan Tiket

Biasanya, loket pemesanan tiket di berbagai titik stasiun kereta api buka lebih lama sebelum jam pemberangkatan. Meskipun telah tersedia aplikasi pemesanan tiket, masih banyak orang yang memilih untuk membeli di loket.

Namun, dengan adanya pedoman new normal Anda harus bersiap untuk memesan tiket 3 jam sebelum kereta api berangkat. Untuk menghindari antrian, datanglah 3 jam lebih awal sebelum keberangkatan atau memesan melalui aplikasi KAI.

 

2.      Pemesanan Tiket Lewat Daring

Pembelian tiket secara tatap muka akan membuat antrian lebih Panjang dan berdesakan sehingga dikhawatirkan menyimpang dari protocol Kesehatan yang berlaku.

Dengan begitu, Anda bisa memesan tiket melalui mitra penjualan atau aplikasi KAI. Jadi, resiko tertular dan/ menularkan Covid-19 semakin kecil.

 

3.      Pengecekan Suhu Penumpang 3 jam sekali

Salah satu gejala daripada orang yang terkena Covid-19 ialah demam. Untuk itu, penumpang akan dicek suhu nya sebelum menaiki kereta api. Siapapun penumpang dengan suhu diatas 37,3 tidak diperbolehkan untuk naik.

Selain itu, setiap penumpang baik di dalam maupun di area stasiun wajib menggunakan masker.

Tak hanya saat masuk dan keluar, pengecekan ini dilakukan setiap 3 jam sekali demi menghindari adanya penumpang yang sedang demam atau tidak enak badan ikut menaiki kereta api.

Sebaiknya tetap jaga Kesehatan dan pastikan dalam kondisi tubuh yang prima sebelum menaiki kereta.

 

4.      Pengisolasian Penumpang dengan Suhu Tinggi

Jika ada penumpang yang suhunya 37,3 atau lebih, maka penumpang tersebut akan langsung di bawa ke ruang isolasi untuk menghindari kemungkinan tersebarnya virus jikalau penumpang tersebut memang terinfeksi Covid-19.

 

5.      Scan Tiket Mandiri

Sebelum memasuki kereta api, penumpang biasanya akan memberikan tiket kepada petugas. Namun, kini Anda harus melakukan scan tiket secara mandiri dan menunjukan tiket serta identitas diri saat boarding.

 

6.      Wajib Menggunakan Face Shield

Selain masker, pedoman kereta api menyatakan bahwa seluruh penumpang wajib menggunakan face shield bahkan hingga keluar dari area stasiun. Bagi Anda yang belum memiliki face shield sendiri, PT KAI telah menyediakannya untuk Anda. Sebaiknya persiapkan dulu sebelum Anda menaiki kereta api.

 

Baca juga:

Galau Liburan Sendirian? Ini 6 Alasan Kamu Harus Coba Solo Travelling dan Tipsnya

 

7.      Fasilitas Wastafel dan Hand Sanitizer

Aktivitas cuci tangan dan penggunaan hand sanitizer akan menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat. Oleh karena itu, PT KAI menyediakan wastafel serta hand sanitizer di berbagai spot untuk para penumpang agar tetap menjaga tangan tetap bersih.

Manfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya, terutama saat akan masuk dan keluar stasiun. Hindari memegang area wajah meskipun tidak memegang permukaan apapun.

 

8.      Disinfektan Fasilitas 30 Menit Sekali

Ada banyak benda dan fasilitas di dalam stasiun. Petugas akan menyemprotkan disinfektan kepada setiap permukaan benda selama 30 menit sekali. Dengan begitu, kemungkinan adanya virus atau bakteri yang menempel pada benda akan jauh lebih kecil.

 

9.      Petugas Memakai APD Lengkap

Jangan khawatir ketika akan bertatap muka dengan petugas frontliner. Mereka akan dilengkapi dengan APD seperti face shield, sarung tangan, serta masker. Dengan begitu, rasa aman akan dirasakan oleh setiap penumpang.

Meski demikian, tetap lah untuk jaga jarak dengan penumpang lainnya sebelum atau saat menaiki kereta api.

Penerapan pedoman new normal di PT KAI diharapkan dapat berlangsung secara efektif dan lancar agar menekan orang-orang yang terinfeksi virus.

Sebagai penumpang, Anda juga harus tetap mematuhi protocol Kesehatan. Meski penumpang kereta tergolong cukup banyak, tetaplah jaga jarak dan hindari keramaian.

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.