Sambut Keajaiban Bunga Sakura Bersemi! Begini Cara Hemat Liburan ke Jepang

Biasanya, wisatawan Indonesia lebih memilih Jepang daripada negara lainnya untuk dikunjungi. Kenapa? Itu karena Jepang memilii banyak sekali lokasi wisata yang hits.

Apalagi Jepang terkenal akan segala keunikannya yang membuatnya menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan. Kuliner Jepang juga rata-rata cocok dengan lidah Indonesia sehingga wisatawan tak perlu susah-susah untuk makan.

Saking banyaknya wisatwan yang menyukai Jepang, banyak orang yang berlomba-lomba untuk liburan ke sana. Hal yang paling penting untuk dipersiapkan selain fisik adalah budget.

Budget terbesar untuk liburan ke Jepang adalah urusan transportasi, makan, serta penginapan. Daripada membuat kantong kebakaran, Anda bisa mengintip beberapa tips liburan ke Jepang dengan budget murah. Bagaimana? Simak saja berikut ini.

1.    Booking Tiket Pesawat Jauh-jauh Hari

Pastikan Anda telah merencanakan liburan ini jauh-jauh hari. Setelah Anda menentukan tanggalnya, Anda mudah untuk membooking tiket pesawatnya.

Jangan terlalu mendadak karena bisa saja kehabisan. Jika Anda memesannya jauh hari, Anda bisa memilih banyak promo tiket di booking tiket online atau pameran traveling.

Selain itu, memesan tiket jauh-jauh hari membuat Anda bebas untuk pilih pesawat yang mana. Ada AirAsia atau Garuda Indonesia yang full service, atau juga ANA yang harganya lebih miring saat beli di jauh-jauh hari.

2.    Akomodasi Non-Hotel Online

Jika Anda ingin mencari penginapan yang murah, maka hindari pemesanan kamar hotel karena akan lebih mahal. Selain itu, kamar hotel di kota besar di Jepang ukurannya cenderung kecil dibandingkan di Indonesia.

Oleh karena itu, cobalah akomodasi non-hotel online yang bisa Anda cari di internet. Anda bisa mencoba kamar atau rumah milik orang Jepang itu sendiri  dan pasti akan lebih murah saat Bersama teman dan keluarga.

Dengan harga 500-700 ribu rupiah, Anda bisa menginap di satu rumah dengan kapasitas 5 orang selama semalam. Bagaimana? Jauh lebih murah, bukan?

3.    Gunakan JR Pass

Salah satu budget terbesar saat berlibur di Jepang adalah Transportasi. Liburan ke Jepang kurang banget jika hanya menetap di satu kota saja.

Untuk berpindah ke 4 hingga 5 kota seperti Osaka, Kyoto, Yokohama, dan yang lainnya maka Anda harus memiliki JR Pass.

JR Pass atau Japan Rail Pass akan mempermudah Anda. Harganya memang cukup mahal yaitu 29.110 yen untuk 7 hari (3,5 juta rupiah).

Namun, harga itu akan mengcover harga semua kereta peluru yang Anda naiki  selama itu (selain tipe Nozomi serta Mizuho). Kartu ini juga bebas naik KRL Komuter oleh Japan Railways.

Jika Anda hanya akan menaiki kereta satu kali dua kali dengan jarak yang dekat, maka Anda tak perlu menggunakan JR Pass. Cukup gunakan bus malam antarkota atau beli One Day Tiket untuk kereta dalam kota.

4.    Depachika

Jika makan di restoran Jepang, budgetnya memang akan mahal. Untuk menekan harga, makanlah di Depachika yang murah dan juga enak.

Depachika adalah lantai basement di mall besar seperti Seibu, Daimaru, hingga Tobu. Di lanatai ini ada banyak makanan yang dijual murah namun teta enak.

APalagi jika Anda datang ketika Depachika sudah mau tutup ekitar jam 7 hingga 9 malam. Di jam ini lah Depachika akan mengobral makanan (ada tanda stiker kuning) . Bisa Anda borong untuk makan besok pagi dan siang dengan memanaskannya di microwave.

Tak hanya Depachika, makanan obralan di malam hari bisa Anda temukan di supermarket dan beberapa stasiun kereta besar.

Baca juga:

Pesona Savanna Afrika, Pengalaman Safari Satwa Liar di Kenya

 

5.    Membawa Wifi dari Indonesia

Agar tetap bisa online, biasanya wisatawan memilih menyewa WiFi di bandara Jepang. Namun, untuk menekan harga, sewa WiFi portable langsung di Indonesia seperti provider Wink yang sinyalnya kencang di Jepang. Harganya juga akan lebih murah dibanding menyewa di Jepang.

Selain itu, menggunakan WiFi dari Indonesia juga bebas ribet. Anda tidak perlu mencari konter untuk menyewa dan mengembalikan WiFi.

6.    Maksimalkan Destinasi Gratis

Destinasi wisata di Jepang tidak terhitung jumlahnya. Untuk menekan budget namun tetap ingin seru-seruan berwisata, Anda bisa memaksimalkan untuk berkunjung ke destinasi gratis.

Ada banyak kuil dan landmark seru yang tidak perlu biaya masuk. Selain itu, Jepang punya banyak spot gratis untuk berfoto seperti spot foto Doraemon atau Songokou tanpa biaya tambahan.

Itulah beberapa tips yang bisa membantu Anda ketika berlibur ke Jepang. Biasanya, traveler backpacker akan menerapkan beberapa tips ini ketika travelling. Bagaimana dengan Anda?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.