Rekomendasi Liburan untuk Detoksifikasi Digital, Berani Coba?

Setelah terlalu lama berada di rumah, kini saatnya bagi Anda untuk detoksifikasi digital. Melakukan karantina mandiri di rumah tentu membuat gawai menjadi semakin lekat dengan diri Anda. Apalagi jika Anda bekerja di rumah atau WFH selama beberapa bulan terakhir.

Selama datangnya pandemic Covid-19, aktivitas di depan layar semakin meningkat bagi setiap orang. Tentu saja, hal ini bisa mempengaruhi kebugaran tubuh dari setiap individu.

Masuknya era New Normal seakan mengharuskan kita untuk detoksifikasi digital. Hal ini baik bagi Kesehatan fisik dan mental, yakni mengerahkan lebih banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri. Salah satu caranya adalah dengan terhubung kembali dengan alam hijau dan menghindari komputer dan gawai.

Terlalu fokus di depan layar komputer dan gawai juga membuat setiap orang lebih terbatas untuk berinteraksi dengan orang yang dicintai. Gunakan kesempatan ini untuk merekatkan hubungan kembali.

Untuk itu, inilah rekomendasi liburan untuk detoksifikasi digital bagi Anda yang siap berlibur!

 

1.      Menginap di salah satu hotel terbaik di Bali dan Sumba

Salah satu tujuan dari detoksifikasi digital ialah melepas Lelah. Melepas Lelah bisa Anda lakukan dengan menginap di salah satu hotel terbaik di dunia, apa lagi kalau bukan hotel-hotel di Bali dan Sumba.

Hotel-hotel yang menduduki 100 hotel terbaik di dunia 2020 yakni Capella Ubud di Bali, The Ritz-Carlton di Bali, Belmond Jimbaran Puri di Bali, The Mulia Bali, serta Nihi Sumba di Pulau Sumba.

Beberapa hotel di atas akan membuat Lelah dan penat hilang seketika. Tak hanya sekedar hotel, tempat-tempat di atas dapat memanjakan Anda dengan berbagai fasilitasnya.

Jika terlalu jauh, bisa juga berkunjung ke Kebun Raya Bogor yang megah, cukup dekat dengan Jakarta. Kebun Raya Bogor terletak sekitar 1 jam dari kawasan Jakarta. Di dalamnya tumbuh ribuan flora.

Bagi Anda yang tidak dapat bepergian terlalu lama, Anda dapat mengatasi rasa rindu akan alam dengan membuat taman kecil di rumah Anda.

Melakukan piknik atau berkunjung ke kebun binatang dan memberikan makanan pada hewan-hewan ternyata bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mendetoks digital dari hari-hari Anda.

 

2.      Berkunjung ke hutan Yogyakarta

Lakukan kontak langsung dengan alam, yakni dengan grounding atau earthing. Berjalan tanpa alas kaki dapat menambah suasana menyatu dengan alam.

Cara terbaik melakukan detoksifikasi adalah dengan terbenam di alam. Salah satunya dengan berkunjung ke hutan pinus Dlingo yang tak jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Berjalan di bawah rimbunnya pohon serta menikmati tempat tidur gantung yang dapat disewa dari penduduk setempat bisa menghindarkan diri Anda dengan interaksi pada gawai. Pemandangan sejuknya akan membuat tubuh lebih tenang.

Selain itu, Anda juga bisa membaca buku, menulis cerita, menggambar selagi menikmati keindahan alam bisa membantu Anda menghilangkan rasa penat.

 

3.      Berkemah di tenda-tenda Bandung

Lakukan quality time Bersama orang tersayang dengan berkemah. Tak perlu mengorbankan kenyamanan, Anda dapat melakukan glamping di Lakeside Rancabali dan The Lodge Maribaya yang ada di kawasan Bandung.

Rasakan serunya berkemah di luar ruangan sambil menikmati angin Bandung yang sejuk. Bahkan, tersedia fasilitas mewah yang bisa Anda coba di glamping ini.

 

4.      Menikmati keindahan Jawa

Pulau Jawa adalah salah satu pulau dengan keindahan alam luar biasa. Ada berbagai wisata alam yang bisa Anda kunjungi, bahkan beberapa bisa menantang adrenalin Anda.

Salah satunya Anda dapat melakukan pendakian menuju Coban Sewu di Lumajang, atau berkunjung ke air terjun yang berada di Geopark Ciletuh, Sukabumi.

Untuk Anda yang suka dengan wisata menantang adrenalin, bisa memilih destinasi yang menawarkan jalur trekking dengan tingkat kesulitan yang beragam.

Jalur trekking bisa memberikan sensasi yang berbeda serta pemandangan yang layak didapat. Hal ini dapat menyibukkan waktu Anda dengan kembali ke alam tanpa memikirkan hal-hal yang membuat Anda stress.

 

Indonesia kaya akan keindahan alam. Tentunya ada banyak sekali destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan Anda untuk menghilangkan penat. Tunggu apalagi? Siap untuk berlibur?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.