Ramah Pendaki Pemula, Apa Hal-hal yang Perlu Disiapkan Sebelum ke Semeru?

Anda pasti tau film yang berjudul “5 cm”? Film ini berlatarkan Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi sekaligus titik tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

Ketinggian dari Gunung Semeru mencapai 3.676 mdpl. Lokasi ini pula yang menjadi destinasi favorit para pendaki serta pecinta alam.

Tak hanya lokal, traveler asing pun juga tertarik untuk mencicipi sensasi mendaki hingga ke puncak Gunung Semeru.

Salah satu destinasi favorit di gunung ini adalah Ranu Kumbolo, sebuah danau cantik dengan pemandangan luar biasa.

Mendaki Gunung Semeru tentu bukanlah hal yang mudah, namun patut untuk dicoba. Bagi Anda yang masih pemula, ikuti beberapa tips travelling ke Semeru di bawah ini sebelum melakukan pendakian.

1.  Mencari Informasi Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung yang masih aktif. Oleh karena itu, Anda harus tahu status dari gunung ini sendiri.

Anda juga harus mengetahui rute yang akan Anda lalui sebelum memulai perjalanan. Tak hanya itu, titik perjalanan juga perlu Anda ketahui agar bisa beristirahat sejenak.

Anda bisa mencari informasi tersebut di internet atau bertanya dengan kerabat yang lebih tau.

2.  Persiapkan Fisik dan Mental

Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah, apalagi mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa. Anda harus menyiapkan fisik yang benar-benar matang dan dalam kesehatan yang baik.

Istirahat dan makan teratur bisa Anda lakukan sebelum mendaki. Anda juga butuh berolahraga agar tidak mudah Lelah saat mendaki.

Tak hanya itu, mental yang kuat juga dibutuhkan saat mendaki. Anda harus berani dengan resiko serta medan yang berat di perjalanan.

Bahkan, beberapa kali medan pendakian Gunung Semeru memakan korban. Namun, Anda jangan takut. Pastikan Anda berani dan memiliki tekad yang kuat untuk mencapai puncak gunung.

3.  Membawa Perbekalan yang Cukup

Sebelum mulai mendaki, persiapkan makanan dan minuman agar bisa bertahan hidup. Pilihlah makanan instant yang mudah dibuat seperti mie instant, sosis, kornet, nasi, dan yang lainnya. Tentunya tak lupa untuk membawa perlengkapan masak seperti kompor gas portable.

Selain makanan, perlengkapan tidur juga penting untuk dibawa. Anda bisa menggunakan tenda atau sleeping bag yang bisa Anda masukkan tas carrier Anda. Perbekalan lainnya adalah jas hujan, senter, botol air, plastic sampah dan sebagainya.

4.  Pilih Pakaian yang Tepat

Pilihlah pakaian yang mudah menyerap keringat serta ringan dipakai. Anda juga bisa menggunakan pakaian khusus untuk mendaki.

Jangan gunakan pakaian berbahan jeans atau celana kain yang tebal serta mudah menyerap air. Itu bisa membuat Anda kedinginan karena pakaian tidak mudah kering.

Jangan lupa untuk menggunakan jaket, kaos tangan dan kaos kaki agar tubuh tetap hangat. Gunakan sepatu khusus untu mendaki agar kaki Anda tetap terlindungi dari medan yang tajam.

5.  Bawalah Obat Pribadi

Tidak ada yang tahu kondisi yang akan kita alami saat berada di medan pendakian. Obat-obatan pribadi perlu Anda persiapkan untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan.

Bawalah obat umum seperti obat asma, flu, maag, masuk angin, sakit kepala, dan juga koyo agar Anda tidak kedinginan.

6.  Mengenali Rombongan Pendakian

Point yang satu ini sangat penting untuk Anda lakukan. Anda harus tahu semua rombongan yang mendaki bersama Anda.

Bersosialisasi terlebih dulu sebelum mendaki hingga saling mengenal. Hal ini juga sebagai antisipasi untuk mudah mengetahui jika ada anggota yang berkurang.

Baca juga:

Mengagumi Alam dari Puncak, 7 Persiapan Naik Gunung untuk Pemula

7.  Mengatur Ritme Perjalanan

Mengatur ritme perjalanan diperlukan agar Anda tidak kelelahan. Jika Anda merasa Lelah atau kurang enak badan, Anda harus memberi tahu rombongan Anda agar bisa istirahat sejenak.

Anda juga harus memaklumi jika ada anggota lain yang kelelahan. Anda bisa menggunakan ritme seperti 15 menit berjalan lalu 5 menit untuk istirahat.

8.  Patuh pada Peraturan

Alam memiliki aturannya sendiri yang harus kita patuhi. Beberapa peraturan yang harus Anda patuhi contohnya adalah mendaki melewati jalur ranu pani, dan tidak buang sampah di lokasi pendakian.

Selain itu, tidak boleh memetik bunga edelweiss, dan yang lainnya. Jangan lupa untuk menjaga segala perkataan saat mendaki ke Gunung Semeru.

9.  Menjauhi Pantangan

Sama seperti gunung lainnya, Gunung Semeru juga memiliki pantangan yang harus Anda ketahui. Contoh pantangannya adalah memancing di Ranu Kumbolo.

Konon, danau ini berisi ikan mas yang dipercaya sebagai jelmaan dari dewi yang tinggal di danau ini.

Oleh karena itu, ikan itu tidak boleh ditangkap. Anda tidak perlu takut, namun tetaplah waspada dan patuhi segala pantangannya.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.