Persiapan Booking Akhir Tahun, Tips Menentukan Tempat Berlibur Mengesankan

Liburan telah tiba, sudah waktunya untuk menyiapkan diri sebelum berlibur. Salah satunya adalah menyiapkan destinasi wisata tujuan yang akan Anda singgahi.

Berlibur merupakan aktivitas yang sangat disukai siapapun karena dilakukan setelah Lelah melakukan aktivitas sibuk sehari-harinya. Oleh karena itu, Anda harus memilih destinasi wisata yang tepat agar liburan berjalan lancar.

Ada banyak sekali destinasi wisata yang ada di Indonesia, bahkan luar negeri. Saking banyaknya, Anda bisa bingung dalam memilih tempat mana saja yang cocok.

Dengan tips di bawah ini, Anda bisa memperkirakan destinasi apa yang akan Anda kunjungi. Mari kita simak tips memilih destinasi wisata berikut ini.

Mengetahui Kawasan Domisili Anda

Dengan mengetahui kawasan Anda sendiri, Anda bisa tahu kawasan wisata yang ada di sekitar domisili Anda. Dari lokasi Anda sekarang, itu bisa dijadikan acuan untuk jenis destinasi apa yang akan Anda pilih nantinya. Kenapa begitu?

Jika tempat tinggal Anda dekat dengan wisata laut atau pantai, maka pilihlah wisata yang berbeda dari pantai. Meskipun biasanya banyak orang yang akan menghabiskan waktu di pantai saat libur, Anda bisa memilih destinasi lain yang berbeda.

Itu karena jika Anda juga pergi ke pantai atau laut, itu akan memberikan suasana berlibur yang hampir sama dengan suasana sehari-hari Anda biasanya. Maka, pilihlah destinasi yang berbeda.

Jika Anda berdomisili di kawasan perkotaan, maka berliburlah ke kawasan perdesaan yang jauh dari hiruk pikut kota.

Menentukan Jarak Tempuh

Setelah Anda menemukan beberapa pilihan destinasi yang ingin Anda kunjungi, pikirkan juga jarak tempuh dari kawasan domisili Anda menuju tempat wisata.

Hal yang satu in tak kalah penting di saat menentukan destinasi wisata. Pilihlah destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi dengan mudah dengan mempertimbangkan waktu liburan Anda. Jangan sampai waktu libur Anda dihabiskan dalam perjalanan.

Jika Anda hanya memiliki waktu yang sebentar untuk berlibur, pilihlah destinasi yang mudah dijangkau. Jika masih jauh, Anda bisa memilih untuk menempuh perjalanan dengan pesawat atau transportasi yang cepat.

Kawasan yang Belum Pernah Dikunjungi

Dengan memilih kawasan yang belum pernah Anda kunjungi, suasana baru dapat Anda rasakan.

Jika Anda pergi ke tempat yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya, bisa saja Anda akan merasa bosan dan suasananya sama dengan dulu.

Berlibur di tempat baru akan memberikan sensasi yang baru dan pengalaman baru tentunya. Oleh itu, lokasi berlibur yang masih belum pernah Anda kunjungi bisa Anda pertimbangkan.

Baca juga:

Jangan Lupa Selfie, Hotel Paling Instagenik di Indonesia untuk Kaum Milenial

Sesuaikan dengan Karakter Diri Anda

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda. Ternyata, karakter diri Anda bisa menentukan tujuan liburan yang berbeda dengan orang lain yang memiliki karakter berbeda.

Jika Anda sedang dengan suasana yang sepi dan damai, Anda bisa berkunjung ke wisata alam atau sejarah seperti pantai, gunung, atau kawasan perdesaan.

Berbeda dengan karakter yang suka dengan suasana ramai yang akan memilih destinasi wisata bermain, mall, perkotaan, dan yang lainnya.

Bagi Anda yang suka dengan wisata adrenalin, Anda bisa memilih wisata dengan aktivitas mendaki, arung jeram, diving, dan yang lainnya.

Pilihlah Partner Berlibur

Memilih destinasi wisata juga harus memperhatikan dengan siapa Anda berlibur. Jika partner berlibur Anda adalah pasangan atau kerabat dekat, maka Anda bebas memilih destinasi wisata yang ramai dan baru seperti museum, pegunungan, pantai, atau wisata adrenalin.

Anda juga bebas untuk memilih destinasi dengan suasana ekstrim atau suasana romantic saat bersama pasangan.

Namun, jika Anda berlibur dengan keluarga, pilihlah destinasi wisata keluarga yang menyenangkan bagi semuanya. Seperti wisata wahana permainan, kebun binatang, waterboom, dan yang lainnya.

Tentukan Budget

Hal terpenting dalam berlibur adalah menentukan budget Anda. budget atau anggaran biaya wajib untuk ditentukan saat Anda akan berlibur.

Jika Anda punya budget yang cukup banyak, Anda bisa pergi ke wisata yang harganya mahal sekalipun. Sesuaikan destinasi wisata Anda dengan anggaran Anda agar liburan tetap terasa lancar dan menyenangkan.

Tentukan pula budget yang akan Anda habiskan per harinya. Jangan sampai di akhir liburan, dompet sudah habis duluan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.