Persiapan Arus Balik Lebaran, ini 10 Rest Area yang Bisa Disinggahi

Mudik adalah suatu tradisi wajib bagi para penduduk Indonesia di saat liburan Panjang seperti saat ini. Waktu yang paling tempat untuk pulang ke kampung halaman untuk bertemu orang-orang yang dicintai.

Menempuh perjalanan yang jauh tentu sangatlah melelahkan. Apalagi jika Anda menaiki transportasi pribadi seperti mobil atau motor yang mengharuskan diri Anda untuk menyetir sendiri.

Sejauh apapun perjalanan, tentu semuanya membutuhkan waktu untuk beristirahat. Entah saat mengisi bahan bakar, ke toilet, berhenti dan memejamkan mata sejenak, beribadah, hingga mampir ke warung makan untuk mengisi perut.

Daripada tubuh drop di perjalanan, ada baiknya jika Anda beristirahat di rest area, terutama saat mudik Lebaran yang sangat macet dan melelahkan.

Rest area tak hanya dapat ditemukan di jalan tol, namun juga ada di jalur utama antarkota dan provinsi.

Bahkan, kini ada banyak rest area yang tematik dengan bangunan yang instagramable serta indah untuk dijadikan spot berfoto.

Ada juga yang lengkap dengan wahana permainan dan fasilitas sanitasi yang bersih. Apa saja? Simak berikut ini.

1.    Rest Area KM 97 Tol Cipularang – Bandung, Jawa Barat

Tol Cipularang memang memiliki cerita mistis yang sudah dikenal oleh sebagian masyarakat. Ada banyak sekali kejadian kurang mengenakkan saat pengemudi melewati tol Cipularang.

Namun, dibalik cerita mistis ini ternyata tol ini memiliki rest area yang cukup megah di KM 97 arah Jakarta. Lengkap dengan toko oleh-oleh serta restoran ternama. Tempatnya juga sangat bersih dan terjaga dengan baik.

Rest area ini dilengkapi dengan masjid Al-Mi’raj yang besar berasitektur cantik. Anda bisa memotret indahnya pemandangan alam pegunungan yang ada di sekitar rest area kota Purwakarta ini.

2.    Rest Area KM 88 Tol Purbaleunyi di Jawa Barat

Saat melewati tol Purbaleunyi di Jawa Barat, mampirlah ke rest area KM 88. Di sini terdapat Masjid Al-Safar untuk Anda beribadah sekaligus beristirahat.

Masjid ini juga menjadi masjid terbesar yang ada di rest area seluruh pulau Jawa. Design dari interior serta eksterior masjidnya sangat unik, megah, dan futuristic.

Masjid dengan suasana yang tenang dan sejuk dapat membuat pikiran Anda fresh kembali. Ibadah juga akan semakin khusyuk. Bangunannya didesain langung oleh Wali Kota Bandung, Bapak Ridwan Kamil.

3.    Kampoeng Kopi Banaran di Jalan Raya Bawen – Solo KM 1,5 – Semarang, Jawa Tengah

Bagi Anda yang melewati Jalan Raya Bawen – Solo KM 1,5 di Semarang, sempatkan diri Anda untuk merapat ke Kampoeng Kopi Banaran.

Beristirahat sambil minum kopi bisa merilekskan tubuh setelah melakukan perjalanan jauh. Wisata agro yang berada di ujung kota Semarang ini lengkap dengan fasilitas rekreasi.

Mulai dari kafe, hotel, musholla, wahana outbond, kolam renang, keliling kebun kopi dengan ATV, dan fasilitas tambahan lainnya.

Suasananya yang nyaman dan sejuk akan membuat Anda betah berlama-lama. Apalagi lokasinya memang berada di ketinggian. Nikmati indahnya panorama pegunungan yang asri sebelum kembali masuk dalam padatnya arus mudik.

4.    Rest Area KM 22 Tol Semarang-Solo – Ungaran, Jawa Tengah

Saat Anda melewati tol Semarang-Solo, mampirlah ke rest area yang satu ini. Ada fasilitas lengkap berupa foodcourt, kafe, restoran cepat saji, minimarket, taman bermain anak, hingga toilet.

Ada juga masjid berkubah merah besar yang tampak cantik dan megah. Masjid ini bisa menjadi penanda akan rest area ini dari kejauhan.

5.    Masjid Muhammad Cheng Hoo, Jalan Raya Surabaya-Malang – Pandaan, Jawa Timur

Anda pasti sudah pernah mendengan masjid unik yang satu ini. Masjid Muhammad Cheng Hoo memiliki bentuk bangunan khas Tionghoa.

Dan sering kali menjadi tempat singgah para pemudik untuk beribadah dan istirahat sejenak. Arsitekturnya yang indah dapat menghilangkan stress dan penat akibat macet.

Halamannya juga luas dan bisa memuat mobil serta bus pariwisata.

Masjid ini memiliki 2 lantai. Fasilitasnya berupa toilet dan kamar mandi, kios makanan, serta kios souvenir. Masjid Muhammad Cheng Hoo juga dapat Anda temukan di Palembang serta Surabaya.

Baca juga:

Membelah Gunung dan Berkelok, Ini 7 Jalan Terindah di Indonesia

 

6.    Rest Area Lembah Asri – Purbalingga, Jawa Barat

Rest area yang satu ini berada di jalur alternative Banyumas-Pantura. Mampir ke rest area ini untuk melihat panorama megah Gunung Slamet sambil bersantai sejenak.

Selain itu, ada banyak spot foto keren, area petik stroberi, taman labirin, hingga kebun teh dan wahana permainan.

Jika Anda ingin singgah sedikit lebih lama di Purbalingga, mampirlah sejenak ke berbagai tempat wisata salah satunya Kampung Kurcaci.

Singgah ke rest area tentu merupakan hal yang penting ketika melakukan perjalanan jauh. Apalagi jika Anda sempat terjebak macet sehingga bisa menyebabkan kelelahan dan stress.

Dengan rest area yang unik dan instagramable, tentu stress dan penat akan hilang lebih cepat. Rest area mana saja yang sudah pernah Anda datangi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.