Pengen Liburan Rame-rame Selama Bulan Ramadhan, Kemana ya Destinasinya?

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, kemungkinan besar banyak wisatawan yang memilih untuk berdiam diri di rumah untuk memperbanyak ibadah.

Selain itu, mereka juga tidak mau terlalu banyak menguras tenaga saat berpuasa. Seperti yang diketahui, selama berpuasa tubuh akan kehilangan banyak asupan energi yang membuat lemas. Namun, jangan khawatir, puasa itu tidak berarti hanya bermalas – malasan atau tidur – tiduran sepanjang hari hingga beduk maghrib.

Justru sebaliknya, berpuasa di bulan Ramadhan dapat diisi dengan sejumlah kegiatan yang positif dan aktivitas seru tanpa menguras tenaga. Salah satunya adalah liburan rame –rame yang tetap menyenangkan meskipun berpuasa. Berikut adalah beberapa destinasi yang ideal untuk para wisatawan yang sedang berpuasa:

1. Duduk di tepi pantai

Wisata ke pantai saat berpuasa? Eits… kenapa tidak sih? Suasana pantai itu begitu teduh dan menentramkan pikiran. Anda bisa membawa hammock agar dapat lebih leluasa menikmati pemandangan.

Jangan lupa, tunggu hingga matahari terbenam atau saat adzan magrib dan berbuka puasa di tepi pantai menyeruput es kelapa muda sebagai takjil. Wahh.. mantap!

Sembari memandang deburan ombak yang datang silih – berganti menyentuh bibir pantai, Anda bisa sejenak berzikir, atau membaca al quran untuk menambah pahala puasa. Puasa jadi makin bersemangat. Asyik, kan?

2. Berjalan – jalan ke alun – alun kota

Di berbagai negara seluruh dunia. Terutama negara – negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim, kerap mengadakan ifthar atau acara berbuka puasa bersama. Tanpa segan, menjelang berbuka puasa, para warga masyarakat akan berkumpul di taman kota atau alun – alun kota sembari membawa bekal yang sudah dikemas praktis dalam kotak bekal makanan.

Sembari menggelar tikar seperti berpiknik, semua orang serentak untuk berbuka puasa bersama – sama dengan bekal masing – masing. Bahkan, Anda juga bisa turut berbagi bekal makanan bagi pengunjung alun – alun kota yang mungkin sedang tidak memiliki takjil.

Memenuhi panggilan sholat dari adzan maghrib yang berkumandang? Tak perlu khawatir, alun – alun kota di seluruh Indonesia umumnya selalu berhadapan dengan masjid jami atau masjid raya kota. Jadi, akan lebih mudah bagi Anda untuk menunaikan sholat maghrib maupun sholat isya dan sholat taraweh.

3. Mengunjungi museum

Destinasi wisata yang tak kalah menarik saat berpuasa adalah mengunjungi museum. Sama seperti mengunjungi perpustakaan, kebanyakan pengunjung museum dilarang terlalu ramai. Nah, pas banget kan, bagi Anda yang sedang berpuasa. Tidak akan menguras energi meskipun berkeliling gedung museum yang megah untuk melihat berbagai koleksi peninggalan sejarah yang menarik.

Sembari berkunjung, para wisatawan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang berbagai bidang ilmu sekaligus mendapat hiburan. Seperti Museum Angkut di kota Batu, Malang; Museum Geologi Bandung; Museum Sampoerna di Surabaya; Museum Brawijaya di Malang, dan lain – lain.

4. Berwisata religi

Satu lagi wisata yang tak kalah asyik untuk dilakukan saat sedang berpuasa. Yaitu wisata religi ke sejumlah masjid atau tempat – tempat makam para wali. Di seluruh Indonesia, banyak terdapat masjid – masjid yang megah dan memiliki keunikan tersendiri. Baik dari segi bentuk rancangan desain bangunan, interior, hingga letaknya atau lokasinya yang terkadang tidak biasa.

Selain itu, Anda juga bisa berwisata religi ke berbagai makam para penyebar agama Islam yang ada di beberapa kota se- Nusantara.

Makam – makam para tokoh penyebar agama Islam biasannya juga ramai dikunjungi para peziarah terutama di bulan Ramadhan untuk berdoa atau mencari tempat yang ideal untuk beribadah bersama – sama secara kelompok atau rombongan.

5. Bazaar Ramadhan

Selama bulan Ramadhan, ada banyak pasar atau bazaar Ramadhan yang digelar di berbagai kota. Event ini bisa Anda kunjungi bersama teman atau keluarga sembari menunggu waktu berbuka puasa. Sempatkan juga untuk membeli sejumlah takjil atau makanan untuk berbuka puasa keluarga di rumah. Karena di bazaar Ramadhan umumnya para pedagang akan menggelar berbagai jenis makanan dan minuman nikmat. Mulai dari berbagai jenis takjil, minuman dessert yang manis dan menyegarkan, panganan tradisional, hingga lauk – pauk untuk bersantap sahur nanti. Semuanya murah lho. Borong yuk!

Baca juga:

4 Destinasi Wisata di Batu yang Instagrammable Untuk Foto Selfie

 

***

Siap liburan di bulan Ramadhan? Kemana pun tujuan liburan Anda, pastikan untuk menggunakan jasa agen travel wisata Jari Adventure. Pemesanan atau info travel wisata selengkapnya bisa menghubungi nomor Whatsapp Jari Adventure 0877 – 78906999.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.