Kesulitan Mencari Penerjemah Bahasa Inggris, Lakukan Ini Saat Travelling

Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua yang digunakan selain bahasa setempat untuk banyak negara. Terlebih lagi jika kamu berkunjung ke negara-negara yang menjadi pilihan destinasi turis atau pebisnis internasional.

Meskipun begitu banyak negara yang masih belum fasih dengan bahasa Inggris, misalnya wilayah Amerika Latin dan Asia sehingga kebanyakan mereka mencari english speaker saat travelling.

Lalu bagaimana kamu bisa menghadapi situasi seperti ini  ketika sedang berkunjung ke negara orang? Gampang dan tak perlu khawatir kok, kamu bisa mencoba tips berikut ini agar membantu kamu untuk beradaptasi dengan sekitar.

 

Jangan Panik

Solusi terbaik dari masalah ini adalah jangan panik, berpikir dengan logika dan ketenangan. Misalnya dengan situasi seperti ini  mungkin kalau kamu terlambat naik kereta atau tidak menemukan ATM atau hotel baru.

Namun kamu meski tanya ke penduduk lokal yang tak bisa fasih berbicara bahasa Inggris, tapi khawatir akan semakin membingung.

Stop berpikir seperti itu atau kamu akan tetap panik, tetaplah bertanya kepada mereka siapa tau mereka akan mencarikan orang yang bisa membantumu. Tetaplah berpikir positif.

Solusi selanjutnya cari anak mudah berusia 20-an yang cenderung bahkan bisa memahami bahasa inggris, meskipun hanya sepatah dua kata saja.

Setidaknya mereka lebih baik daripada orang tua. Solusi lainnya yang bisa kamu ambil adalah menggunakan bahasa tubuh atau gambar untuk menjelaskan apa yang hendak kamu tanyakan.

 

Tulis apa yang kamu cari

Mintalah resepsionis hotel untuk menuliskan nama hotel yang kamu jadikan penginapan dalam bahasa lokal atau meminta kartu nama dengan detail hotel di atasnya sebelum keluar dari hotel.

Dengan informasi yang kamu bawa, mengurangi rasa khawatir akan tersesat dan terhindar dari masalah.

 

Unduh Google translate

Di dunia yang sudah maju dan serba digital seperti saat ini, tak ada alasan untuk tersesat & panik. Kamu bisa mengunduh google translate sebagai teman ajaib dalam perjalanan selama berada di negara asing.

Apalagi aplikasi ini mencakup puluhan bahasa di dalamnya.

Kamu bisa mengarahkan kamera ke teks tertulis atau menerjemahkan dalam bahasa inggris dan bahasa ibu. Dan istimewanya aplikasi ini akan tetap ada bisa digunakan walau dalam keadaan offline.

 

Beli kamus sederhana

Meskipun kamu sudah menggunakannya , mungkin kamu bisa membeli kamus sederhana sebagai bekal jalan-jalan ke negara asing. Meskipun tak mengucapkan kata-kata kamus ini juga berfungsi bila baterai low bad.

 

Pergi ke hotel atau pusat turis

Bila kamu tersesat cobalah cari penginapan terdekat karena disana mereka pasti memiliki staf yang bisa menggunakan bahasa inggris. Bila mereka tidak punya kamu bisa beristirahat sebentar di lobi hotel.

Selain itu kamu bisa mencari pusat informasi turis untuk mendapatan penerjemah bahkan bisa diantarkan hingga tempat tujuan.

 

baca juga:

Di Islandia, Nyebur ke Kolam tanpa Mandi Siap-siap Diusir

 

Pakai kalkulator saat belanja

Kalau kamu ingin membelikan oleh-oleh dan melakukan tawar menawar kamu bisa menggunakan bahasa setempat atau bahasa ibu kota lokal.

Manfaatkan kalkulator, ketik harga yang kamu inginkan lalu tunjukkan kepada penjual, maka para penjual akan mengerti yang kamu maksud.

 

Membawa Peta

Meskipun cara ini cukup jadul tapi kamu bisa dengan cepat menemukan destinasi ketika dalam perjalanan. Kamu tak perlu ke penerjemah tentunya untuk bertanya dan tinggal menunjukkan kepada masyarakat dengan peta yang kamu pegang.

 

Foto tempat tujuan

Masukkan foto tempat tujuan nah bila kamu tersesat tunjukkan kepada masyarakat dan pastikan foto tempat tersebut dalam keadaan terbaru dan memberikan informasi penting

 

Belajar kata-kata penting saja

Sesulit apapun bahasa namun usahakan kamu menghafal beberapa kata penting seperti tolong, terima kasih, halo. Hal ini akan membantu kamu menemukan tujuan.

Supaya aman kamu bisa mencatatnya dalam notebook atau foto tulisan pada smartphone bila diperlukan maka kamu akan mempermudah urusan saat travelling.

 

Pelajari destinasi dengan seksama

Persiapan adalah kunci segalanya, dengan persiapan yang matang agar kita tidak ribet dan khawatir tentang kegagalan liburan.

Dengan mempelajari destinasi kamu membuang salah satu kekhawatiran saat bepergian sendiri. Catat dan gambar untuk mempermudah kamu untuk berlibur.

Pelajari makanannya, transportasi dan jalan yang akan kamu lewati. Kalau kamu sudah paham kamu tidak perlu berkomunikasi dengan warga lokal.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.