Patuhi Aturan Setiap Negara, 4 Rules Wajib Traveller Ketahui

Pariwisata merupakan salah satu industri yang paling laris di dunia. Seperti data dari PDB bahwa industri wisata selalu bertambah maju setiap tahunnya.

Tercatat bahwa pariwisata menyumbangkan 10 persen dari total penghasilan yang didapat setiap negara. Namun, keuntungan yang didapat ini dapat berefek pada orang-orang yang berada di sekitar tempat wisata.

Bahkan beberapa traveler tidak jarang ada yang tidak memperhatikan aturan yang ada di setiap negara. Wisatawan seakan-akan meremehkan aturan yang ada di setiap objek wisata.

Padahal aturan itu sudah dibuat oleh pemerintah setempat untuk mengatur lingkungan supaya dapat tertata rapi. Meskipun anda seorang traveler sebaiknya perhatikan juga aturan yang ada di negara tersebut.

Sehingga anda dapat menjadi traveler yang baik dan dapat ditiru oleh traveler lain yang berasal dari negara lain.

Berkunjung ke suatu negara menjadi sesuatu yang paling menyenangkan bagi seorang traveler. Apalagi negara itu memiliki keindahan alam yang sangat memukau.

Anda sebagai seorang pelancong sebaiknya selalu bisa menyesuaikan tentang adat istiadat di suatu negara. Sebab dengan anda menaati peraturan yang ada di negara ini maka secara tidak langsung anda dapat belajar menghargai sebuah tempat.

Bagaimana anda harus bersikap di tempat atau negara yang dikunjungi. Dan anda akan merasakan bahwa negara yang anda kunjungi sebagai tempat liburan membuat anda selalu mengikuti cara untuk menaati aturan yang mereka buat sejak lama.

Oleh sebab itu, sebagai pelancong yang taat akan aturan yang ada sebaiknya anda selalu mengikuti beberapa hal dibawah ini :

1. Pelajari Budaya Sebelum Keberangkatan

Saat anda akan mengunjungi sebuah negara untuk liburan. Hal yang perlu anda lakukan adalah ketahui dulu adat istiadat yang ada di negara tersebut.

Ketahui seluk beluk tentang adat yang berlaku di negara tersebut. Lalu ketahui juga bagaimana masyarakat di negara tersebut menerimanya kunjungan dari wisatawan dengan baik.

Cara yang dapat anda lakukan adalah dengan mengetahui bahasa yang khas di negara tersebut. Seperti menggunakan sapaan halo atau selamat pagi setiap bertemu dengan masyarakat di negara tujuan liburan anda.

2. Jagalah Kebersihan

Aturan ini sering diabaikan oleh para wisatawan. Bahwa setiap tempat wisata yang ada di negara tujuan wisata memiliki cara tersendiri untuk menjaga kebersihan fasilitas yang ada.

Negara akan memberlakukan kebijakan untuk memberikan sanksi bagi siapapun yang melanggar tentang kebersihan.

Sebagai wisatawan yang taat aturan anda sebaiknya selalu mematuhi peraturan kebersihan. Seperti membuang sampah pada tempatnya, lalu tidak membuang plastik di selokan dll.

baca juga:

Lebih Hemat Ongkos, Cek 5 Keunggulan Paket Tour Wisata untuk Liburan

 

Mau Kemana? 7 Jenis Tempat Wisata Berdasarkan Tujuan Pelancong

 

Siap Menyelami Dasar Lautan? 10 Galeri Patung Bawah Laut Terbaik Dunia

 

Tekuni Wisata Kuliner, 5 Fakta Unik Seputar Aori Ramen Milik Seungri

 

Tak Terpengaruh Kemerdekaan, 5 Budaya Penjajah Masih Ada di Indonesia

 

3. Selalu Menjaga Tempat Wisata

Ketika berkunjung ke negara tujuan wisata. Anda tentunya akan mengunjungi ke beberapa tempat populer di sana. Biasanya anda akan mengunjungi tempat wisata seperti kebun binatang, taman bermain dsb.

Sebagai traveler yang baik anda memiliki kewajiban untuk menjaga kondisi dari tempat wisata. Karena disini anda sebagai wisatawan jadi anda harus mematuhi segala aturan yang dibuat oleh objek wisata tersebut.

Misalnya saat anda pergi ke kebun binatang di setiap tempat yang anda kunjungi tentunya disana ada beberapa hewan atau satwa liar. Sebagaimana wisatawan anda harus mematuhi peraturan untuk tidak memberikan makanan.

4. Jangan Pergi ke Tempat Berbahaya

Ketika berada di negara wisata kita pasti mendengar berbagai macam tempat yang tidak dapat dikunjungi oleh para wisatawan.

Beberapa alasan yang tidak dapat dikunjungi oleh wisatawan. Seperti adanya tempat mistis yang menjadi kepercayaan warga setempat, lalu adanya tempat berbahaya karena adanya kejadian masa lalu yang dialami oleh daerah tersebut sehingga para wisatawan tidak bisa datang ke daerah tersebut.

Seperti halnya di negara Venesia dan Barcelona. Di mana penduduk mereka memiliki kepercayaan yang dilakukan secara turun-temurun sejak ribuan tahun lamanya. Menurut mereka tempat itu menjadi tempat yang terlarang untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Jadi , sebagai wisatawan yang baik dan taat aturan anda harus mematuhi segala peraturan yang  ada di tempat wisata. Supaya anda menjadi wisatawan yang mempunyai kepedulian terhadap negara wisata yang anda kunjungi.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.