Panduan Liburan Aman Untuk Wanita yang Senang Bepergian Sendirian

Seorang wanita jarang terlihat sendirian di tempat ramai, termasuk saat travelling. Hal utama yang patut diperhatikan ketika travelling adalah keamanan. Traveling di tempat baru harus membuat kita was-was akan hal-hal yang bisa saja terjadi seperti pencopetan atau pencurian akan barang penting yang kita bawa sebagai turis.

Apalagi seorang wanita yang melakukan traveling sendirian. Sangat tinggi resikonya karena banyak hal buruk yang bisa terjadi kepada wanita, contohnya pelecehan seksual. Tentu itu sangat tidak diinginkan, bukan?

Banyak wanita yang ingin berwisata sendirian untuk menenangkan pikiran atau sekedar ingin menyendiri, namun itu semua terhambat karena tingginya resiko yang bisa terjadi.

Dengan tips yang ada di bawah ini, bagi Anda para wanita sudah tidak perlu ada alasan keamanan lagi untuk menunda traveling Anda. Apa saja tips yang dapat Anda terapkan? Ini dia infonya..

1.Membawa Alat Pelindung Keselamatan

Salah satu barang yang wajib Anda bawa kemana-mana saat traveling adalah pisau lipat atau pepper spray. Kedua alat ini dapat menjadi alat pelindung Anda bila ada orang yang ingin berbuat jahat dan mengganggu Anda.

Letakkan kedua alat itu di tempat aman seperti tas atau kantong celana dan tempat lainnya yang mudah untuk Anda jangkau.

2.Hindari Perjalanan Malam Hari

Malam biasanya rentan terjadi kasus kejahatan seperti pelecehan, pencurian, dan yang lainnya. Apalagi Anda berada di tempat atau kota yang tidak aman ketika malam hari.

Pastikan Anda sudah berada di dalam penginapan setelah sore hari agar terhindar dari pelaku kejahatan. Jika Anda ingin melakukan perjalanan, maka lakukan lah di pagi atau siang hari agar lebih aman. Keselamatan Anda lebih penting dari pada resiko tinggi dari perjalanan malam hari.

3.Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Alas kaki yang nyaman akan membuat traveling Anda lebih mudah. Ditambah lagi jika Anda harus berlari untuk mengejar bis atau ketinggalan jam kereta. Oleh karena itu, pakailah sepatu kets atau sneakers. Anda juga bisa menggunakan flat shoes untuk lebih terlihat girly.

Hindari pemakaian wedges dan high heels karena akan membatasi ruang gerak kaki Anda. Jika ternyata ada orang yang ingin mencelakai Anda, Anda akan kesusahan dalam menyelamatkan diri jika menggunakan wedges dan high heels. Anda boleh menggunakan high heels, namun gunakan saja pada acara tertentu di tempat yang aman.

4.Pilih Penginapan yang Strategis

Apa maksud dari penginapan yang strategis? Penginapan ini berarti letaknya dekat dengan tempat-tempat penting seperti minimarket, warung makan atau restoran, ATM, atau destinasi wisata yang akan Anda kunjungi.

Ini bertujuan agar Anda tidak perlu jalan jauh-jauh untuk pergi ke tempat yang telah disebutkan. Apalagi jika Anda kelaparan di malam hari. Tidak aman rasanya jika Anda keluar untuk membeli makanan sendirian di tempat yang jauh dari penginapan.

5.Pastikan Baterai Ponsel Penuh

Hal yang paling simple dan mudah untuk Anda lakukan adalah membawa charger dan power bank kemana saja. Ini bertujuan agar Anda tidak kehabisan baterai ponsel yang Anda gunakan.

Selain itu, pastikan Anda keluar penginapan dengan membawa ponsel dengan baterai yang full. Kenapa? Karena Anda tidak perlu pusing kehabisan baterai ketika Anda membutuhkan aplikasi seperti maps, google, aplikasi pemesanan tiket, dan yang lainnya. Terlebih lagi jika Anda ingin menelfon seseorang dalam kondisi darurat. Jadi, pastikan ponsel dalam keadaan baterai penuh ya!

6.Rahasiakan Traveling Anda

Pastikan untuk merahasiakan traveling Anda jika Anda hanya pergi sendirian, kecuali kepada orang terdekat Anda. Ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan orang yang ingin melakukan hal buruk kepada Anda.

Bila orang tidak tahu jika Anda sendirian dan mengira Anda bersama orang lain, maka orang jahat itu akan berfikir dua kali jika ingin menyerang Anda. Terlebih lagi jika Anda berada di tempat yang ramai. Jika Anda ditanyai oleh orang yang tidak dikenal, jawab saja jika Anda sedang bersama dengan teman atau sedang menunggu teman yang lain.

7.Jangan Terlihat Kebingungan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan Anda sudah mengetahui rute atau transportasi yang Anda naiki. Jika Anda terlihat kebingungan, maka Anda dapat menjadi sasaran empuk orang jahat.

Jika Anda merasa bingung, duduklah terlebih dahulu di dalam sebuah cafe atau tempat duduk yang tersedia dan berusahalah setenang mungkin dalam mencari informasi.

Baca juga:

Mengenal Lebih Jauh Dua Tanjung di Pulau Karimun

 

8.Meminta Nomor Telepon Hotel atau Pihak Keamanan

Sebelum Anda beraktivitas, pastikan Anda memiliki nomor telepon hotel tempat Anda menginap serta nomor telefon pihak keamanan setempat. Ini bertujuan agar apabila Anda tersesat atau mengalami hal yang tidak-tidak, Anda bisa meminta bantuan dengan menelfon nomor telepon tersebut.

Traveling dengan diri sendiri pasti mudah dilakukan bila Anda percaya dengan diri Anda sendiri. Anda harus menghilangkan mindset bahwa Anda akan mengalami hal yang tidak-tidak.

Jangan terlalu percaya dengan orang lain, namun juga jangan terlalu berlebihan mencurigai orang lain. Lebih baik Anda bersikap biasa saja layaknya orang setempat. Persiapkan pula fisik dan mental Anda hingga terhindar dari penyakit.

***

Gandeng agen travelling yang berkualitas dan profesional untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama berlibur sendirian bagi wanita. Jari Adventure tour and travel siap mengakomodasi liburan Anda ke berbagai destinasi di Nusantara dan manca negara. Selamat traveling!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.