Pakai Masker Belum Cukup, Ikuti Tips Aman Travelling Saat Pandemi Coronavirus

Seperti yang telah kita ketahui, Corona Virus atau yang lebih dikenal sebagai Covid-19 telah mewabah di Sebagian besar negara di dunia sejak di akhir tahun 2019.

Awalnya, Indonesia memang belum terjangkit wabah virus yang satu ini, namun sejak beberapa bulan lalu tepatnya pada bulan Maret mulai bermunculan orang-orang yang terjangkit virus ini.

Dengan begitu, berbagai sektor industry seperti transportasi dan pariwisata terpaksa menghentikan Sebagian kegiatannya.

To do list untuk travelling menjadi terhambat karena imbauan untuk physical distancing dan adanya penerapan PSBB di Sebagian besar kota di Indonesia.

Namun, Indonesia tengah menyiapkan program New Normal untuk menghadapi Corona Virus yang tengah mewabah.

New Normal mengajak kita untuk hidup berdampingan Bersama pandemic (Menurut LBM Eijkman menyatakan bahwa virus corona tidak akan hilang dari muka bumi dalam waktu yang lama).

Sehingga berbagai sektor industi perlahan akan bangkit, termasuk dunia pariwisata. Oleh karena itu, mari kita tengok tips liburan aman ditengah pandemic saat New Normal

 

1.      Gunakan Masker Dimana Saja

Imbauan untuk menggunakan masker tentu tetap berjalan meskipun telah menjalani New Normal. Gunakan masker yang baik agar dapat menangkal segala partikel yang berasal dari luar seperti tetesan ludah saat bersin, berbicara, atau batuk.

Anda bisa memilih masker bedah dan masker jenis N95 karena efektif melindungi Anda termasuk dari Covid-19. Magian luar masker ini bersifat tahan air sehingga menghindari segala partikel droplet berisi bibit penyakit.

Meskipun sedang travelling, tetaplah untuk menjaga physical distancing dengan menghindari keramaian untuk mengurangi resiko terinfeksi Covid-19. Dengan begitu, travelling tetap berjalan nyaman dan aman.

 

2.      Survey Rute Anda

Meskipun Anda telah melakukan berkali-kali perjalanan, pastikan untuk meneliti rute yang akan Anda lewati terlebih dahulu.

Itu karena tidak semua wilayah memiliki rute aman yang sama seperti sebelum mewabahnya pandemi. Pastikan Anda memilih dan memilah peta jalan yang relevan.

Perhatikan pula lokasi strategis seperti tempat penjualan makanan hingga tempat beristirahat serta jam operasi mereka. Banyak tempat yang merubah jam operasi mereka terkait adanya Covid-19.

 

3.      Sanitasi dan Rajin Mencuci Tangan

Untuk menghindari terjangkit dengan berbagai virus, maka Anda harus membiasakan diri untuk mencuci tangan.

Sedia hand sanitizer, tisu basah anti bakteri, kantong plastik sekali pakai dan tisu sekali pakai terutama jika Anda jauh dengan sumber air bersih.

Jauhi kontak personal seperti bersalaman atau menyentuh bagian wajah. Hindari pula transaksi dengan uang cash agar mengurangi interaksi tatap muka dan penularan virus melalui uang.

Jangan lupa untuk berhati-hati setelah menyentuh berbagai barang asing seperti gagang pintu atau keran setelah mencuci tangan.

Anda harus lebih waspada Ketika Anda harus berhenti di pinggir jalan seperti di pom bensin atau kamar mandi umum.

Bagi pengemudi, hendaklah memakai sarung tangan dan siapkan uang cash pas jika Anda tidak dapat bertansaksi dengan kartu.

 

4.      Menjaga Kesehatan dan Cek Suhu Tubuh

Kesehatan tetap nomer satu dimanapun dan kapanpun Anda berada. Sebelum memulai perjalanan, hendaklah untuk memeriksa Kesehatan diri.

Bila perlu, Anda bisa membawa thermometer untuk memantau suhu tubuh dalam perjalanan. Tidur yang cukup adalah salah satu kunci untuk menjaga kondisi Anda tetap prima.

Tidak lupa untuk mengonsumsi vitamin secara teratur dan membawa obat-obatan pribadi. Anda harus tetap dalam kondisi yang prima dan imun yang baik sehingga terhindar dari segala penyakit.

Jika dirasa kurang sehat, segera kunjungi klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

baca juga:

Gunung Papandayan, Tips Pendakian Spektakuler Untuk Pecinta Alam

 

5.      Mencari Informasi Mengenai Himbauan Covid-19

Sebelum bepergian, pastikan untuk mencari informasi dan himbauan dari Kawasan tujuan Anda. Bisa lewat internet, teman atau kerabat yang berada di sekitar destinasi yang Anda tuju.

Tetap lah up-to-date terhadap himbauan selama New Normal yang diberikan oleh Pemerintah.

 

6.      Pilih Lokasi yang Aman Dikunjungi

Terakhir ialah memilih lokasi tujuan yang aman untuk Anda kunjungi. Mencari informasi mengenai kondisi wabah di beberapa negara tentu harus Anda lakukan demi menjaga kualitas travelling dan kondisi Kesehatan Anda.

Hindari negara yang masih dalam zona merah karena dapat membahayakan Anda. Jangan lupa untuk mencatat wisata-wisata yang sudah beroperasi sebelum Anda mulai melakukan travelling.

Dengan adanya New Normal, tentu akan merubah Sebagian aktivitas yang biasa kita lakukan. Travelling dengan aman bisa Anda lakukan dengan mengikuti beberapa tips di atas.

Yang pasti, ikuti aturan dan himbauan yang diberikan oleh Pemerintah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.