Padat Merayap, Tips Hindari Kemacetan Saat Arus Balik Lebaran

Lebaran memang sudah dilewati, namun mudik lebaran belum selesai. Setelah lebaran, biasanya akan terjadi arus balik mudik lebaran.

Seiring berjalannya waktu libur lebaran, semakin cepat pula waktu cuti pekerjaan habis dan kembali ke rutinitas sedia kala.

Bagi Anda yang kini sedang berada di kampung halaman, siap-siaplah untuk menerima arus balik mudik yang tingkat kepadatannya tidak jauh berbeda dengan arus mudik lebaran.

Agar tidak terasa jenuh saat arus balik mudik kembali menuju rumah, simak saja beberapa tips hadapi arus balik mudik lebaran di bawah ini.

1.    Menjaga Kebugaran Tubuh

Poin pang paling pertama serta paling penting saat bersiap untuk arus balik mudik adalah kebugaran tubuh.

Dengan tubuh yang fit dan prima, tentu akan memudahkan Anda dalam berkendara di perjalanan jauh. Menjaga tubuh di saat lebaran bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan.

Hindari makanan berlemak yang berlebihan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Sebelum kembali ke rumah, tidur yang cukup dengan waktu yang pas akan membantu tubuh untuk selalu bugar. Sempatkan diri untuk berolahraga meskipun masih dalam momen lebaran.

2.    Pilih Tanggal yang Tepat

Jangan lupa untuk menentukan tanggal yang tepat untuk kembali ke rumah. Jangan sampai salah dalam memilih tanggal.

Jadwal kepulangan yang tepat tentu dapat membantu Anda dalam perjalanan karena macet bisa terhindari. Pikirkan dengan matang apakah waktu yang Anda pilih itu rawan macet atau tidak.

Selain itu, sesuaikan waktu Anda dengan jatah libur kantor atau jatah libur kampus bagi Anda yang mahasiswa.

3.    Selalu Cek Kondisi Kendaraan

Selain waktu kepulangan, kondisi kendaraan yang baik juga tak kalah penting. Perhatikan segala aspek dari kendaraan Anda mulai dari rem, gas, hingga ban mobil maupun sepeda motor.

Jangan sampai kendaraan Anda macet atau mati mendadak di tengah kemacetan jalanan.

4.    Simpan Nomor Penting

Jangan lupa untuk menyimpan nomor-nomor penting seperti nomor telepon kantor polisi, jasa service panggil, jasa derek, hingga keluarga terdekat.

Anda bisa mengambil iklan-iklan atau pamphlet di pinggir jalan untuk mendapatkan informasi mengenai hal tersebut.

Dengan begitu, hal-hal yang tidak diinginkan di jalan bisa Anda selesaikan dengan bantuan nomor-nomor penting tersebut.

baca juga:

Trans Studio Bandung, Puas Jalan Rame – rame Bareng Teman dan keluarga

 

5.    Menyediakan Fitur GPS

Perjalanan jauh dan macet bisa membuat pengemudi bingung dan stress. Alhasil, percobaan mencari jalan alternative bisa membuat diri Anda tersesat.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya jika Anda menambahkan fitur GPS dalam mobil.

Agar berguna dalam mencari jalan alternatif saat Anda terjebak dalam kemacetan. Jika tidak, Anda bisa melihat GPS melalu HP dengan mengunjungi Google Maps.

6.    Siapkan Obat-obatan

Siapkan obat-obatan umum dan obat pribadi untuk Anda yang akan melakukan perjalanan di atas 5 jam perjalanan.

Jaga-jaga saja saat kondisi fisik sedang menurun. Siapkan obat flu, batuk, pusing, anti mabuh, hingga vitamin untuk menjaga stamina.

7.    Hindari Dehidrasi

Rasa haus yang teramat sangat bisa membuat tingkat konsentrasi menurun. Menghindari dehidrasi dengan meminum air yang cukup dapat membantu diri Anda, terutama jika Anda menyetir sendiri.

Jangan sampai panas dalam dan sariawan menyerang setelah perjalanan selesai. Minuman penambah ion juga bisa menjadi pilihan Anda.

8.    Menaiki Angkutan Umum

Jika Anda tidak siap Lelah karena kemacetan, ada salah satu solusi untuk Anda.

Daripada menaiki mobil atau sepeda motor yang berkemungkinan besar terjebak macet, Anda bisa menaiki kendaraan umum seperti bus, dan kereta api.

Apalagi Anda tidak perlu menyetir sehingga bisa tidur dengan nyenyak di perjalanan.

9.    Tahan Emosi

Terjebak macet bisa membuat emosi seseorang meningkat. Selain itu, banyak hal kurang menyenangkan lainnya yang bisa membuat emosi meingkat seperti pengemudi ugal-ugalan yang melanggar rambu lalu lintas.

Jangan sampai Anda tersulut emosi hingga marah. Apalagi baru kemarin Anda maaf-maafan saat lebaran. Hadapi segala hal dengan tersenyum karena seyum dapat mengalirkan energi positif untuk hari-hari Anda.

Itulah beberapa tips menghadapi arus balik lebaran untuk Anda. Siapkan sematang mungkin seperti halnya Anda saat bersiap untuk mudik ke kampung halaman. Jangan lupa berdoa agar selamat hingga tujuan.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.