Ongkos Travelling Pas-pasan, Begini Tips Liburan Nyaman Ala Mahasiswa

Tinggal menunggu bulan, mahasiswa-mahasiswa akan bertemu dengan liburan semester. Umumnya aktivitas semester perkuliahan di kalangan mahasiswa memang sangat melelahkan.

Ada yang sibuk dengan organisasi kampus, ada juga yang fokus mengejar lomba-lomba untuk mencari pengalaman. Bahkan, tak sedikit mahasiswa yang mengisi waktu luangnya untuk bekerja secara freelance.

Dengan begitu, tentunya mahasiswa membutuhkan waktu untuk bersantai dan bersenang-senang, apalagi sebagai seorang remaja yang masih ingin menikmati hidup.

Banyak petualangan yang harus Anda coba selagi masih muda. Jangan jadikan media social untuk bersantai, namun jadikan itu sebagai sumber informasi travelling hits yang harus Anda jelajahi.

Namun, mahasiswa tetaplah mahasiswa yang terkenal dengan “minim budget”. Wajar saja karena kalangan mahasiswa belum bekerja. Banyak juga mahasiswa yang merantau sehingga harus menghemat pengeluaran.

Jangan bersedih, kini ada beberapa tips untuk travelling dengan budget mahasiswa, lho! Check this out!

1.    Buat Perencanaan Seniat Mungkin

Sebelum liburan, buatlah perencanaan terlebih dahulu. Mulai dari lokasi yang ingin Anda kunjungi, bekal apa saja yang harus dibawa, hingga transportasi. Semua harus diperhitungkan jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda dapat menabung dari sekarang untuk mencapai perhitungan yang Anda targetkan.

2.    Memanfaatkan Semua yang Ada

Namanya juga minim budget, tentu saja semua yang Anda punya harus Anda manfaatkan.

Jika Anda memiliki kenalan kerabat atau saudara yang tinggal di sekitar destinasi Anda, maka minta izinlah untuk menginap. Daripada menghabiskan uang untuk membooking hotel, ya kan?

Selain itu, carila informasi wisata yang membandrol dengan harga miring atau bahkan banyak diskonnya.

Biasanya wisata akan memberikan diskon ketika pengunjung membeli tiket dalam bentuk paket atau banyak untuk rombongan.

3.    Jangan Menggunakan Jasa Tour Guide

Meskipun tujuan wisata yang akan di telusuri masih belum pernah Anda kunjungi, bukan berarti Anda harus menggunakan jasa tour guide.

Hal itu pasti hanya akan menghabiskan uang dalam dompet. Jaman ini sudah jaman internet, sebagai mahasiswa cerdas, manfaatkan lah sebaik mungkin.

Carilah sejarah, spot menarik, hingga adat yang diterapkan di tujuan wisata Anda.

Selain ada banyak info yang lebih menarik dari tour guide, internet juga gratis!

4.    Pilih Tanggal Low Season

Wisata manapun pasti akan ramai ketika high season di musim liburan. Oleh karena itu, pandai-pandailah memilih tanggal yang low season.

Jika high season, semua akomodasi pasti akan bertambah budgetnya mulai dari tiket hingga transportasi. Tempat wisata juga pasti akan ramai dan membuat Anda kurang leluasa dalam berlibur.

Hati-hatilah dengan kriminalitas yang akan meningkat di high season.

5.    Menginap di Hostel

Jika tidak ada keluarga dan kerabat di sekitar tujuan wisata Anda, maka Anda bisa memilih hostel untuk menginap. Ingat, hostel bukan hotel!

Hostel akan jauh lebih murah dan seru daripada Anda menginap di hotel yang cenderung lebih mahal. Ada banyak hostel murah dan nyaman yang pasti ada di sekitar lokasi wisata. Browsing saja hostel yang terpercaya dengan harga kantong mahasiswa.

Akan ada banyak keseruan ketika menginap di Hostel Bersama kawan, mulai dari berbagi kamar dengan tamu lainnya, hingga bertemu dengan bule backpacker. Dijamin, pengalaman travelling Anda akan lebih berwarna.

6.    Utamakan Pinjam daripada Beli

 

Jika Anda tidak memiliki perlengkapan travelling yang harus dibawa, maka usahalah untuk mencari pinjaman.

Jangan langsung beli karena akan menguras isi dompet Anda. Apalagi jika sifatnya berpetualang di alam bebas seperti diving atau hiking ke gunung.

Jika pinjam, uangnya dapat Anda alokasikan untuk kebutuhan lainnya yang jauh lebih penting. Jika tidak bisa pinjam, maka sewa saja. Ada banyak tempat penyewaan barang seperti tenda dan tas carrier.

Baca juga:

Wujudkan Liburan Impian Nan Romantis Bareng Kekasih? Begini Tipsnya

 

7.    Manfaatkan Transportasi Publik

Untuk jalan-jalan atau pergi ke lokasi wisata, Anda dapat memanfaatkan transportasi public seperti bus karena akan lebih murah disbanding taksi. Bisa juga mencari tumpangan agar lebih menghemat biaya.

8.    Bawa Bekal dari Rumah

Meskipun nantinya Anda juga akan berwisata kuliner, namun tetap bawa perbekalan dari rumah. Siapa tahu perut Anda tiba-tiba lapar saat perjalanan.

Daripada beli, siapkan saja sendiri dari bekal yang Anda bawa. Bawalah makanan yang tahan lama seperti mie instant, roti, keripik, atau jajanan lainnya.

Untuk makan, pilihlah makanan warung di pinggir jalan daripada restoran yang pasti mahal. Makan di warung pinggir jalan juga akan lebih mengenyangkan.

9.    Kerja Part Time

Jika uang saku tidak membantu Anda dalam menabung, maka Anda bisa bekerja part time jauh-jauh hari. Bisa juga mencari kerja part time di saat Anda tengah berlibur.

Cari info kerja part time yang ada di lokasi tujuan Anda yang tidak terlalu berat seperti di hotel atau restoran. Dengan begini, budget Anda akan lebih stabil dan banyak.

10. Belanja di  Pasar

 

Jika ingin berbelanja oleh-oleh untuk keluarga, pilihlah pasar sebagai tujuan Anda. Harga toko akan lebih mahal apalagi untuk para pelancong.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.