Oleh-oleh khas Indonesia Untuk Saudara atau Teman di Luar Negeri? Intip 6 Daftar Ini

Indonesia memiliki banyak sekali hal yang unik dan khas. Bahkan, setiap daerah memiliki tradisi dan ciri khasnya masing-masing.

Meskipun berbeda, ciri khas tersebut masih tetap menjadi keunikan tersendiri bagi Bangsa Indonesia. Salah satu bukti keunikan dan kekhasan Indonesia adalah dari cinderamatanya.

Cinderamata atau oleh-oleh khas Indonesia selalu menjadi buronan para traveler dan wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah.

Jangankan wisatawan luar negeri, wisatawan lokal yang mengunjungi kawasan lainnya saja selalu memburu oleh-oleh khas dari daerah tersebut saking uniknya.

Oleh – oleh otentik Nusantara

Wisatawan luar negeri selalu memborong oleh-oleh khas Indonesia karena memiliki keunikan yang berbeda dengan Negara lainnya.

Biasanya, para turis asing akan memilih barang yang paling merepresntasikan Indonesia, contohnya adalah batik, wayang, atau topeng tradisional.

Hal lainnya adalah dari segi kemasan. Kemasan yang mana yang tetap oke dan tahan dalam perjalanan jarak jauh, namun tetap memperlihatkan sisi Indonesia.

Turis luar negeri juga memilih oleh-oleh yang sesuai dengan selera mereka masing-masing karena pasti setiap orang memiliki selera berbeda-beda.

Lalu, apa saja aneka oleh-oleh unik dan khas dari Indonesia? berikut pembahasannya :

1. Kopi dan Teh

Siapa yang tidak menyukai kopi khas Indonesia? Banyak sekali orang yang jatuh cinta dengan kopi dari segi rasanya yang khas maupun cara penyajiannya.

Indonesia memiliki banyak sekali jenis kopi yang berbeda di setiap daerah. Setiap kopi dari daerah berbeda tentu juga memiliki keunikan yang berbeda pula.

Dari segi kemasan juga cukup baik dan cantik serta memperlihatkan sisi Indonesia. Untuk memilih kopi yang sesuai, pilihlah kopi yang berkualitas dan mencerminkan daerah yang Anda kunjungi.

Selain kopi, Indonesia juga memiliki banyak produk teh yang beraneka ragam. Banyak sekali produk teh Indonesia yang anti mainstream. Teh-teh tersebut memiliki keunikan yang mencerminkan Indonesia sehingga cocok menjadi

2. Rokok Kretek

Rokok kretek memang identik dengan Indonesia. Produk khas Indonesia ini memang bisa saja menjadi salah satu oleh-oleh khas Indonesia.

Biasanya, rokok luar negeri memiliki tipe yang berbeda yaitu mild.

Jika Anda memberikan oleh-oleh rokok kretek kepada kerabat yang merupakan perokok menengah hingga berat, maka ia pasti akan menyukai oleh-oleh yang satu ini.

Baca juga:

Berwisata ke Israel, Ada 6 Fakta Mencengangkan yang Jarang Diketahui

 

3. Sambal

Siapa pecinta sambal dan pedas? Sambal adalah sebuah produk unik khas wilayah Asia. Terutama Indonesia.

Banyak orang Indonesia yang selalu menambahkan sambal ketika makan pagi hingga malam.

Meskipun simple, sambal juga bisa menjadi oleh-oleh khas yang dapat diberikan kepada kerabat dan teman yang ada di luar negeri.

Namun, pilihlah sambal yang awet dan memiliki expired date serta berada dalam kemasan ekonomis dan tertutup agar tidak bau dan basi.

Pilihlah sambal yang memiliki tingkat kepedasan sedang karena kebanyakan orang luar tidak tahan dengan rasa yang terlalu pedas.

4. Makanan Ringan

Salah satu oleh-oleh yang paling digemari oleh banyak wisatawan adalah makanan ringan. Indonesia memiliki banyak sekali makanan ringan beragam jenis mulai dari roti, hingga makanan kering. Pilihlah makanan yang mudah dibawa dan memiliki kemasan yang aman untuk dibawa ke luar negeri atau daerah yang jauh. Anda bisa memilih makanan yang kering seperti keripik atau mungkin dodol yang tahan lama serta mudah dibawa kemana saja.

5. Bumbu Khas Indonesia

Indonesia terkenal akan rempah-rempahnya yang sangat unik dan khas sejak dahulu. Bahkan, Jepang sangat suka bila diberi salah satu bumbu Indonesia yaitu bumbu pecel.

Bumbu bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas Indonesia. Ada banyak sekali bumbu khas Indonesia yang telah diberikan kemasan yang bagus dan aman untuk dibawa ke tempat yang jauh.

6. Batik dan Kain Khas Indonesia

Batik telah menjadi icon bagi Indonesia dan terkenal hingga mancanegara. Tidak hanya batik, Indonesia juga memiliki banyak sekali kain khas yang berasal dari berbagai macam daerah.

Bahkan, batik tidak hanya diolah menjadi pakaian. Ada banyak produk seperti tas, dompet, selendang, bando, bahkan sepatu yang menggunakan batik sebagai motifnya.

Kain khas yang bisa menjadi oleh-oleh khas contohnya adalah Ulos, Songket, dan yang lainnya.

***

Itulah beberapa aneka oleh-oleh khas Indonesia yang dapat Anda berikan kepada kerabat atau teman yang ada di luar negeri.

Jangan ragu untuk memilih produk khas Indonesia serta percaya diri dengan apa yang Anda berikan. Jari Adventure mengucapkan selamat berburu oleh – oleh!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.