Trip Menuju Nusa Penida dari Bali, Apa Saran Terbaik dari Pakar Travel?

Sudah sering datang ke Bali dan bosan akan panorama yang itu-itu saja? Atau masih pertama kali datang ke Bali dan ingin tempat yang lebih sepi dan tak biasa?

Maka, datanglah ke Nusa Penida Bali. Nusa Penida merupakan salah satu pulau di Kawasan Bali dengan suguhan panorama yang lebih tenang namun tetap eksotis.

Untuk datang ke Nusa Penida, Anda bisa membaca beberapa tips ke Nusa Penida dari Bali yang pasti akan memudahkan liburan Anda.

Penida sendiri merupakan pulau yang terpisah dari pulau utama Bali, terpisahkan oleh Selat Bandung. Di sekitarnya terdapat beberapa pulau kecil seperti Pulau Ceningan serta Pulau Lembongan.

Untuk itu, Anda memerlukan transportasi laut atau udara untuk datang ke Nusa Penida.

 

  • Transportasi Laut atau Udara

 

Bila Anda memilih transportasi laut, ada beberapa pilihan yang tersedia mulai dari speed boat, kapal feri, atau perahu tradisional.

Tenang saja, pemandangan laut tak akan membuat Anda bosan. Apalagi, pemandangan Selat Bandung yang menawan mata.

Bila Anda tidak menyukai perjalanan laut atau sedang mengalami mabuk laut, Anda bisa menggunakan opsi helikopter.

Berikut beberapa tips ke Nusa Penida dari Bali menggunakan transportasi laut:

 

 

  • Fast Boat dan Dermaga berlabuh di Penida

 

Setiap perusahaan kapal penyebrangan baik dari Bali yang menuju Pelabuhan Toya Pakeh akan berlabuh di titik yang berbeda. Anda perlu mengetahui dermaga kapal yang Anda gunakan.

Di Penida, terdapat 4 titik sebagai tempat berlabuh fishboat, yakni Dermaga Seblanga Banjar Nyuh, Pelabuhan Toya Pakeh, Dermaga Sampalan, serta Dermaga Banjar Nyuh.

 

 

  • Pelabuhan Sanur

 

Dari bali, ada 3 titik Pelabuhan untuk menyeberang ke Nusa Penida, yakni pantai Sanur ke Penida, pantai Kusamba Klungkung dan juga Pelabuhan Padang Bai.

Lokasi paling ramai berasal dari Pantai Sanur Bali, tepatnya Pelabuhan Sanur. Itu karena Sebagian besar wisatawan di Bali memilih menginap di Bali bagian Selatan sehingga Anda bisa memilih Pelabuhan Sanur sebagai tempat Pelabuhan.

Pelabuhan Sanur berada di Jalan Sanur Beach Street Walk, Denpasar. Dari sini Anda bisa melewati Jalan Hang Tuah – Sanur Kaja.

Dari lokasi Pelabuhan, Anda dapat menaiki taksi online atau sewa motor hingga ke Pelabuhan. Sepanjang garis pantai, Anda bisa menemukan penyedia jasa penyeberangan menuju Penida.

 

 

  • Harga Tiket Fast Boat ke Penida

 

Harga tiket fast boat tergantung pada jasa vendors masing-masing boat. Biasanya, harganya kurang lebih 100 ribu rupiah hingga 120 ribu rupiah untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Anda bisa memesannya secara online jauh hari agar tidak kehabisan di berbagai travel online. Biasanya harganya akan jauh lebih murah.

 

baca juga:

Tiada Duanya, 3 Destinasi Kekinian di Bali yang Anti-Mainstream

 

 

  • Jadwal Keberangkatan

 

Setiap boat vendors memiliki jadwal keberangkatan yang berbeda-beda. Berikut jadwal beberapa vendors :

  • El Rey Junior : Keberangkatan pukul 8 pagi, 10.45 pagi, serta 3 sore. Penida – Sanur pukul 9.15 pagi, 12.15 siang, serta 5 sore.
  • The Angkal Fast Boat : Keberangkatan pukul 8.15 pagi dan 3 sore. Penida – Sanur pukul 2 siang dan 4 sore
  • Gogun Express : Keberangkatan pukul 8.15 pagi, 10 pagi, dan 4.30 sore. Penida – Sanur pukul 2 siang dan 4 sore.

 

  • Tips Wisatawan Baru

Sebelum pergi ke Nusa Penida, siapkan beberapa barang yang hendak dibawa. Pakailah sandal karet saat naik ke kapal dan jangan lupa menggunakan sunblock, kacamata, topi, serta masker.

Selain karena pandemi, di sana terdapat sedikit debu sehingga lebih baik menggunakan penutup hidung.

 

 

  • Spot Wisata Penida

 

Sesampainya Anda di Nusa Penida, pasti Anda akan disuguhkan dengan panorama khas pesisir serta bukit yang mengelilingi pulau.

Pantai yang paling terkenal adalah Pantai Atuh, dengan pasir putih dan pemandangan Samudra Indonesia.

Spot Penida lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Broken Beach, Love Tree, Palungan Cliff, Crystal Bay, Kelingking Beach, Suwehan Beach, Angel Billabong, Bukit Teletubbies, hingga Goa Giri Putri & Vihara Dewi Kwan Im.

Itulah beberapa tips ke Nusa Penida dari Bali. Tempatnya yang masih sepi dan tenang sangat cocok untuk Anda yang menginginkan ketenangan. Bagaimana? Apakah pulau ini akan menjadi destinasi selanjutnya?

 

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.