Naik Kereta Api… Tut.. Tut… Wajib Catat 7 Tips Penting Berlibur Naik Kereta Api Wisata Berikut ya

Hore.. libur telah tiba! Liburan panjang anak sekolah berlangsung lebih dari sepekan adalah hal yang sangat dinanti oleh sang buah hati. Segala stres karena rutinitas kerja bisa dihilangkan dengan liburan mengunjungi tempat – tempat yang indah dan mengagumkan.

Dari berbagai jenis rute dan moda transportasi yang ada, masyarakat segala lapisan masih mengidolakan kereta api sebagai andalan. Bukan tanpa alasan, kereta api tidak hanya cepat dan nyaman, tapi juga sangat terjangkau kocek untuk segala lapisan.

Nah, ingin mengajak buah hati liburan naik kereta api? Yuk, siapkan dulu beberapa tips penting berikut ya…

Pesan tiket sejak 1 – 3 bulan sebelumnya

Naik kereta api memang menyenangkan. Tapi, begitu juga halnya bagi orang lain. Mereka juga berebut ingin naik kereta api di tanggal dan waktu yang sama. Untuk menyiasati agar tak kehabisan tiket. Rencanakan perjalanan liburan sejak 1 – 3 bulan sebelumnya. Untuk jarak pendek atau berlibur ke kota yang berdekatan, tiket masih bisa dipesan 1 – 2 hari sebelumnya.

Awas kehabisan tiket

Pada saat musim puncak liburan seperti hari libur sekolah atau hari raya Lebaran, tiket kereta api bukan hanya lebih mahal, tapi juga susah diperoleh. Sesuai prinsip ekonomi, di mana jumlah permintaan meningkat, sedangkan jumlah persediaan terbatas, maka harga bakal melambung tinggi.

Alhasil, beberapa orang terpaksa membeli tiket di agen – agen tiket kereta atau bahkan ‘calo’ yang biasanya harganya relatif lebih mahal.

Bawa kartu identitas asli

Sama seperti membeli tiket pesawat terbang, naik kereta api sekarang juga harus menyiapkan kartu identitas resmi dan asli. Seperti KTP atau SIM. Bawa kartu identitas ini di dompet karena selama pembelian tiket ataupun sebelum memasuki ruang tunggu di stasiun juga akan diperiksa.

Kenakan busana yang nyaman

Untuk yang membawa buah hati naik kereta api dalam perjalanan jauh atau panjang yang melelahkan. Sebaiknya pilih busana longgar atau model kaos yang bahannya adem dan menyerap keringat. Tidak perlu yang terlalu fashionable, asalkan anak – anak merasa nyaman mereka bakal selalu riang di dalam kereta api untuk menikmati perjalanan liburan.

Bawa perbekalan untuk membunuh waktu

Sudah tersedia AC, kipas angin, bahkan TV di setiap gerbong kereta api kelas bisnis dan eksekutif. Hanya saja, bagi yang duduknya berada di bagian belakang akan terasa kurang nyaman melihat TV dari kejauhan. Mungkin hal ini bisa disiasati dengan  memilihkan tempat duduk bagi anak – anak persis di dekat TV atau di depan pintu. Namun, jika tidak mendapatkan kursi yang dekat TV, persiapkan saja mainan, atau makanan yang bisa menjaga anak – anak tetap terhibur selama di dalam kereta api.

Sebelum kereta api berjalan, cek barang bawaan

Bepergian rame- rame liburan naik kereta api bersama anak – anak atau teman – teman sebaiknya bawa barang yang ringkas dan ringan serta tidak terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari kerepotan karena barang bawaan yang terlalu banyak atau bahkan kamu lupa dan ada barang tertinggal.

baca juga:

Camping Rasa Hotel, Disini Tempat Liburan Seru Outdoor di Bandung Untuk Keluarga

Duduk di dekat jendela

Naik kereta api hal yang paling menakjubkan adalah melihat pemandangan di balik jendela kaca. Ada pemandangan sawah, anak – anak pulang sekolah, para petani yang bekerja di ladang, hingga melintasi hutan dan arus sungai yang dalam. Semua ini bakal menjadi kenangan indah yang membekas di dalam sanubari.

Abadikan kenangan liburan

Sebelum naik kereta api atau sewaktu di stasiun, jangan lupa mengabadikan kenangan liburan istimewa naik kereta api dalam potret terindah yang terbingkai dengan penuh keceriaan. Kemudian, setelah naik kereta api atau dalam perjalanan, juga ambil foto – foto liburan ataupun video blogging untuk oleh – oleh yang bisa diputar usai liburan. Dijamin, si kecil bakal tersenyum lebar melihat kenangan spesial dan ketagihan untuk mencoba naik kereta api lagi pada liburan selanjutnya.

***

Asyik, banget kan liburan naik kereta api? Liburan jangan cuma tidur atau bermalas – malasan, yuk segera kemasi barang – barangmu dan berangkat ke stasiun terdekat untuk menelusuri rel bersama si gerbong besi?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *