Mudik Lebaran Nyaman Dengan Pesawat Terbang, Ketahui 5 Aturannya

omen mudik lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinanti- nanti oleh setiap pekerja atau keluarga yang merantau di luar kota kelahiran.

Adanya libur panjang lebaran mencapai lebih dari 4 hari, bisa dimanfaatkan sebaik – baiknya untuk kembali ke kampung halaman dan berjumpa kembali dengan para sanak saudara, kerabat, dan yang paling penting adalah orang tua.

Di Indonesia sendiri, moda transportasi pesawat terbang selalu menjadi pilihan banyak orang karena lebih cepat dan nyaman.

Bisa dipastikan, setiap menjelang hari Lebaran atau H – 7 lebaran, bandara di setiap kota akan penuh dan dipadati para penumpang. Kesibukan arus transportasi udara tak bisa terelakkan selama arus mudik dan balik lebaran.

Oleh karena itu, untuk menambah kenyamanan selama mudik lebaran nanti, yuk kita simak beberapa aturan simpel penerbangan berikut:

1. Datanglah lebih awal 2 jam sebelum boarding

Penerbangan tidak pernah menunggu siapa pun. Maka dari itu, pastikan Anda tidak terlambat datang ke bandara demi menghindari tiket pesawat terbang melayang sia – sia karena sudah lepas landas. Coba pertimbangkan untuk datang 2 – 3 jam sebelum jadwal keberangkatan karena pada jam – jam tertentu lalu lintas di perkotaan sangat tidak ramah dan sering terjadi kemacetan yang luar biasa.

Dengan datang lebih awal atau bahkan 2 – 3 jam sebelumnya, risiko tertinggal pesawat terbang ini bisa dihindari dan membuat penerbangan menjadi lebih nyaman.

2. Memakai jasa ojek online

Satu trik kekinian untuk menghindari kemacetan lalu lintas adalah memakai jasa ojek daring atau ojek online. Dibandingkan dengan menggunakan jasa angkutan roda empat yang kerap terjebak di tengah kemacetan, maka memakai jasa ojek online atau sepeda motor tentu akan lebih lincah dan gesit untuk mencari jalur – jalur tikus yang menghindari kemacetan. Jadi, Anda bisa datang ke bandara tepat waktu. Sesuaikan waktu keberangkatan dengan lama tempuh perjalanan menuju ke bandara dari rumah Anda. Oleh karena itu, dengan datang ke bandara lebih awal, bisa menghindarkan diri dari tertinggal pesawat terbang.

3. Jangan menyimpan barang berharga di koper

Sudah bukan rahasia lagi, barang – barang berharga sebaiknya tidak disimpan di dalam koper yang akan dibawa ke bagian bagasi pesawat. Selain besar kemungkinan untuk hilang atau pencurian, koper yang disimpan di dalam bagasi pesawat terkadang mendapat perlakuan yang kurang hati – hati. Misalnya, para petugas bagasi bandara akan melemparkan koper untuk mempermudah proses pekerjaan mereka. Sebenarnya, tidak perlu khawatir berlebihan jika koper Anda terbuat dari bahan berkualitas atau material yang kuat. Namun, bila koper Anda terbuat dari bahan kain atau lentur, tentu akan lebih aman membawa barang berharga seperti perhiasan, jam tangan mewah, dompet dan dokumen lain di tas kecil yang bisa disimpan di dalam kabin penumpang.

4. Penumpang dilarang mengucapkan kata “bom”

Meskipun hanya sekadar gurauan atau bersifat candaan, kata – kata “bom” sangat sensitif bagi penerbangan. Bahkan, sempat terjadi beberapa kali kasus di tanah air karena salah seorang penumpang yang bercanda telah membawa bom di kopernya, maka para penumpang lain yang mendengar menjadi panik hingga nekat melompat dari sisi pesawat terbang. Teror bom memang seolah –olah masih menghantui dan membuat beberapa orang trauma.

Para petugas atau awak kabin juga tak akan segan menindak tegas penumpang yang sudah bercanda melewati batas dengan mengungkapkan kata – kata “bom” baik sewaktu masih di bandara atau sudah naik ke pesawat. Selain itu, ancaman kurungan penjara dan denda juga akan diberlakukan bagi para penumpang yang melontarkan kata – kata yang mengandung “bom” ini.

Baca juga:

Pawai Jampana, Tradisi Sunda “Tandu Hasil Bumi” Rayakan Kemerdekaan 17 Agustus

 

***

Yuk, jadi penumpang yang lebih bijak dan arif dalam beretika kepada para kru pesawat maupun penumpang lainnya. Dengan berlaku sopan dan bijak, para awak pesawat tidak akan sungkan memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang.

Hal yang sama juga berlaku dengan pelayanan agen travel wisata, Jari Adventure. Perjalanan wisata Anda ke berbagai destinasi di Seluruh Indonesia menjadi lebih berkesan dan lebih hemat bersama Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.