Mudik di Bulan Ramadhan, Intip Menu Sahur yang Praktis Untuk Bekal Makanan

Berencana mudik atau travelling di bulan Ramadhan? Tentu akan sedikit repot untuk menyiapkan santap sahur selama di perjalanan. Membeli di jalan sih memang sah – sah saja, tapi bagi yang mungkin naik transportasi umum dan enggan repot mencari warung makanan karena ingin lebih berhemat, boleh mengambil menu – menu sahur praktis dan awet di bawah ini untuk inspirasi bekal selama di perjalanan Anda.

1. Terik tempe dan kacang

Untuk menu sahur yang praktis dan anti basi, cobalah membuat terik tempe dan kacang. Hmm… rasa asam manis pedas berpadu dengan nasi putih dan kerupuk dijamin, bakal membuat sahur semakin lahap. Apalagi, karena dibuat tanpa kuah dan bertekstur kering, maka tidak akan belepotan atau takut tumpah membasahi tas selama perjalanan mudik. Dijamin sahur di perjalanan semakin mantap!

2. Teri Medan

Pendamping nasi untuk sahur selama perjalanan mudik selanjutnya adalah teri medan. Lauk khas Sumatera Utara ini memang sangat khas dengan bumbu dan rempah yang kaya. Terlebih jika menggunakan bumbu rujak atau bumbu balado. Hmm.. mak nyuss. Teri medan biasanya ukurannya kecil – kecil, lumrah menjadi campuran sambal atau digoreng. Kemudian, cara menyantapnya bisa disajikan bersama nasi putih. Hmm.. rasanya juara!

3. Sambal goreng kentang

Tidak hanya teri medan saja yang cocok dijadikan sambal. Kentang yang diiris – iris tipis, digoreng, kemudian dijadikan campuran sambal ini sangat lezat dengan cita rasa asam manis pedasnya.

Tekstur kering juga lumayan awet untuk perjalanan bahkan lebih dari 24 jam. Bila untuk menu sahur di perjalanan, mungkin sebaiknya level pedasnya sedikit dikurangi agar tidak membuat repot ketika sakit perut di perjalanan.

4. Abon ayam, sapi, ikan

Bicara tentang menu sahur yang praktis dan awet dibawa selama bepergian mudik atau travelling dan liburan, abon juga bisa dijadikan menu ideal lho. Misalnya, untuk para anak gunung alias para pendaki gunung yang ingin membawa makanan cepat saji dan instan. Abon praktis juga bisa dibeli di minimarket atau toko oleh – oleh dengan berbagai varian rasa. Seperti abon daging ayam, daging sapi atau abon ikan.

Hebatnya lagi, abon mengandung nutrisi protein tinggi yang akan menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan meskipun berpuasa. Perjalanan jadi makin nyaman dan mudah sekalipun harus bersantap sahur di dalam perjalanan, kan?

5. Dendeng atau daging gepuk

Gepuk atau dendeng ini merupakan sajian yang awet dan praktis untuk bekal makanan selama travelling. Berupa daging sapi yang dipotong dengan ketebalan sesuai selera kemudian diberi bumbu rempah atau bumbu pedas.

6. Ayam krispi

Satu lagi yang tak kalah nikmat dan awet untuk menu sahur di perjalanan. Yaitu ayam krispi yang renyah dan bikin Anda ketagihan untuk menambah nasi putih. Selain jadi lauk, ayam krispi juga bisa langsung dimakan sebagai camilan. Hmm.. sahur on the road saat mudik dijamin akan terasa nikmat.

7. Telur asin dan Gudeg

Untuk sajian sahur praktis dan lezat, tak lupa ada sajian khas Yogyakarta berupa gudeg dan telur. Gudeg merupakan sajian dari nangka muda yang diolah di atas bara api dengan bumbu – bumbu yang sudah meresap ke daging buah nangka muda. Tak lupa, sajian telur rebus atau telur asin bakal menjadi pendamping nasi putih Anda yang komplit.

Baca juga:

Wisata Religi ke Makam Wali Lima, Para Penyebar Islam di Jawa Timur

 

***

Jangan ragu lagi, cepat – cepat bergegas untuk mudik ke kampung halaman saat bulan Ramadhan. Soal bekal makanan untuk sahur, bisa mencoba menu – menu praktis dan awet di atas.

Kemana pun tujuan libur Lebaran Anda, pastikan juga senantiasa menggunakan jasa agen travel wisata profesional, Jari Adventure.

Jari Adventure, merupakan agen travel wisata dan penyelenggara berbagai event yang berpengalaman dan terbukti pelayanannya selalu berkualitas kepada pelanggan.

Beragam paket wisata kami harganya terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget Anda. Paket perjalanan wisata termasuk outbond, gathering, study tour hingga exhibition atau pameran dan acara event lainnya.

Apa pun kebutuhan perjalanan wisata dan event Anda, serahkan kepada ahlinya, Jari Adventure. Siap menjadi mitra perjalanan Anda.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.