Menikmati Pengalaman Travelling Berkesan Seumur Hidup, Simak 9 Tipsnya

Destinasi wisata yang unik, eksotis, dan baru semakin digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Apalagi saat ini, traveling sudah menjadi salah satu kebutuhan lifestyle. Namun, jika kurang berhati-hati dalam merencanakannya, traveling dapat menjadi beban. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum traveling, seperti di bawah ini.

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum traveling adalah mencari informasi mengenai suatu tempat yang menarik sesuai keinginan. Untuk yang baru pertama kali traveling ke tempat yang baru, riset merupakan hal yang paling penting untuk mengetahui transportasi yang terjangkau, keadaan cuaca, hingga empat kuliner yang menarik. Untungnya, sekarang mencari informasi mengenai tempat wisata sangat mudah karena dapat melalui situs travel atau dari vlogger yang menceritakan pengalaman mereka.

Susun Jadwal

Menyusun rencana perjalanan merupakan hal yang penting dan wajib agar tidak membuang-buang waktu liburan terutama bagi traveler yang tidak menggunakan jasa tour dan travel, jadwal, lokasi, jarak tempuh, dan biaya harus jelas. Pastikan list perjalanan siap sebelum berangkat agar perjalanan dapat sesuai dengan rencana.

Pack Lightly

Bawalah barang yang dibutuhkan saja agar tidak merepotkan. Sebagai contoh, bawalah pakaian yang cukup dan tidak berlebihan atau alas kaki yang cocok yang cocok dengan cuaca. Untuk menunjang liburan pastikan untuk membawa kamera yang mudah dibawa, charger baterai dan power bank dalam satu tas kecil sehingga mudah dicari dan mengurangi potensi barang tertinggal saat travelling.

Jaga Barang Dengan Baik

Memastikan barang-barang aman merupakan hal yang terpenting saat travelling. Bila traveling menggunakan pesawat akan lebih aman jika menggunakan tas backpack besar tanpa check in ke bagasi. Bila menggunakan koper, pastikan terkunci atau dibungkus dengan plastic wrap yang biasanya tersedia di bandara, sebelum masuk ke bagasi. Untuk memudahkan dalam mengidentifikasi barang bawaan, pastikan ada luggage tag berisi informasi pribadi yang dapat dihubungi.

Necessary Gadgets

Bila Anda senang mengabadikan foto, akan lebih baik bila Anda menggunakan kamera saku agar tidak boros baterai pada smartphone dan dapat digunakan saat darurat. Gunakan kamera smartphone hanya jika ingin mengupload foto liburan di social media. Bila tersesat saat traveling, google maps dapat sangat membantu, namun sebaiknya jangan lupa untuk selalu membawa peta konvensional untuk antisipasi bila kehilangan koneksi internet.

Usahakan sampai tujuan pada pagi atau siang hari

Agar tidak kebingungan saat di tempat wisata, usahakan untuk datang saat pagi atau siang hari. Hal ini dikarenakan masih banyaknya jasa atau orang yang mungkin dapat membantumu. Hal ini tentu akan berbeda bila Anda datang saat dini hari, mau tidak mau, Anda harus menunggu hingga pagi bila tidak menemukan alat transportasi.

Jangan mudah percaya

Wajar memang bila saat traveling ke suatu tempat dan tidak percaya dengan penduduk setempat. Namun, perlu diketahui, ada beberapa batasan yang harus selalu diingat. Misalnya saja Anda mengunjungi tempat beresiko tinggi, tentu Anda harus mempercayai penduduk setempat agar dapat mendapatkan bantuan saat mengalami kesulitan.

baca juga:

Bencana Gempa, 6 Hal yang Pantang Dilakukan Petualang Sejati di Tempat Wisata

 

Jangan Diremehkan, 5 Barang Bermanfaat dan Diperlukan Saat Travelling

 

Sebelum Liburan Naik Kapal Pesiar, Simak 8 Aturan Penting Ini

 

Akhir Jalan Daendels 1000 km Anyer-Panarukan dan 10 Destinasi Hits di Situbondo

 

Ongkos Travelling Pas-pasan, Begini Tips Liburan Nyaman Ala Mahasiswa

 

Jangan memamerkan barang berharga

Saat mengunjungi suatu tempat wisata dan Anda memiliki harta yang lebih, alangkah baiknya bila Anda tidak memamerkan benda berharga yang Anda miliki. Hal ini dilakukan untuk menghindarkan Anda dari resiko menjadi target seorang pencuri. Tinggalkan dan simpan perhiasaan atau benda berharga lainnya di hotel dan simpan kamera dalam tas saat tidak digunakan.

Membaur Dengan Warga Lokal

Saat traveling, Anda tentu akan bertemu dengan berbagai orang yang memiliki budaya yang berbeda. Cobalah untuk tidak berpenampilan mencolok dan -meluangkan waktu berinteraksi dengan warga setempat. Dengan begitu, liburan akan terasa lebih menyenangkan karena adanya jalinan hubungan dengan warga setempat, apalagi jika komunikasi terus berlanjut setelah pulang liburan.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan saat sedang traveling, baik traveling di tempat wisata lokal maupun mancanegara. Ingatlah untuk tetap menjaga keamanan barang Anda selagi memperbanyak kenangan di berbagai tempat wisata yang indah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.