Bertahap Dibuka, Ikuti Panduan Aman Mendaki Gunung Sindoro

Diterapkannya New Normal dan melonggarnya PSBB membuat berbagai sektor wisata mulai dibuka. Salah satunya ialah wisata pendakian ke gunung.

Karantina mandiri yang dihabiskan hingga berbulan-bulan tentu membuat banyak orang bosan dan ingin melanjutkan aktivitas yang tertunda, termasuk berwisata.

Itulah sebabnya wisata alam sedang diburu oleh wisatawan lokal. Banyak orang yang mulai mencari lokasi yang asyik untuk berlibur dan menghilangkan kepenatan selama karantina di rumah.

Tujuan utama para pendaki tentunya adalah gunung, beberapa diantaranya ialah gunung di Pulau Jawa. Salah satunya Gunung Sindoro yang ramai pendaki.

Bila Anda akan berwisata ke Gunung Sindoro, simak terlebih dulu informasi dan tips mendaki ke Gunung Sindoro berikut ini.

 

1.                  Jam Operasional dan Lokasi Gunung Sindoro

Gunung Sindoro terletak di Kota Temanggung, Jawa Tengah. Gunung ini berdampingan dengan Gunung Sumbing yang tak kalah megahnya.

Anda dapat berkunjung kapan saja karena terbuka 24 jam setiap hari. Namun, para pendaki hanya diperbolehkan mendaki diatas jam 6 pagi hingga jam 12 malam.

Untuk harga tiket masuk, ternyata sangat terjangkau. Cukup siapkan 25 ribu rupiah saja dan 10 ribu rupiah untuk parkir kendaraan.

 

2.                  Rute dan Jalur Pendakian

Terdapat beberapa rute resmi yang bisa dipilih oleh pendaki, yakni:

  • Jalur Kledung

Jalur yang pertama ternyata jalur yang sangat diidolakan oleh pendaki. Treknya cukup mudah dan pemandangan di sepanjang jalur ini sangat indah. Basecamp jalur Kledung berada tepat di samping jalan raya, sedangkan posnya terdiri dari 4 pos.

Banyak pendaki yang menghabiskan waktu di pos Sunrise Camp, tepatnya di antara pos 3 dan 4. Dari basecamp, Anda dapat menyewa ojek hingga pos 1 dengan membayar 25 ribu rupiah.

  • Jalur Sigedang

Sesuai namanya, jalur ini berada di desa Sigedang, Kecamatan Tambi, Kabupaten Wonosobo. Sering disebut sebagai jalur utara, jalur ini terdiri atas 3 pos. Perjalanannya lumayan terjal dan cukup sulit bagi para pendaki pemula.

  • Jalur Alang Alang Sewu

Jalur yang satu ini berada di samping jalan raya di Reco, Kertek, Kabupaten Wonosobo. Bagi Anda yang baru pertama kali singgah ke Sindoro memang tidak direkomendasikan memilih jalur ini. Treknya sangat sulit dan penuh bebatuan terjal. Selama perjalanan, mendaki akan menemukan 4 pos.

  • Jalur Bansari

Terletak di desa Bansari, Malatan, Kabupaten Temanggung ini memiliki 5 pos hingga mencapai puncak. Jalur ini tidak direkomendasikan untuk pendaki yang memiliki fisik kurang vit.

 

3.                  Daya Tarik Gunung Sindoro

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung yang cukup ramah untuk pendaki. Jalurnya juga bersahabat bagi Anda yang masih pemula.

Dari gunung ini, Anda bisa sekaligus menikmati deretan gunung yang indah dan megah, seperti Gunung Sumbing di sampingnya.

Ada juga wisata alam yang tak jauh dari lokasi Gunung Sindoro, wisata dataran Dieng contohnya.

Pemandangan selama perjalanan saja sudah sangat indah, apalagi ketika Anda mencapai puncak. Lautan awan dan sunrise akan menyapa Anda dari ketinggian.

Petugas basecamp Gunung Sindoro sangat ramah dan mudah akrab dengan para pendaki.

Dari ketinggian, Anda dapat melihat hutan mati layaknya di Papandayan. Tak hanya itu, kawah di puncak Sindoro bisa membuat Anda terpukau dan betah berlama-lama di sini.

 

4.                  Tips Mendaki ke Gunung Sindoro

Sebelum memulai pendakian, Anda perlu melakukan persiapan. Ada beberapa hal yang boleh dan tak boleh dilakukan di Gunung Sindoro, berikut tipsnya:

  • Perhatikan sampah atau logistic yang Anda bawa. Lakukan pengecekan kembali saat akan turun agar Anda tidak mendapatkan denda dari pihak basecamp karena hilangnya 1 sampah. 1 sampah bernilai 1 bibit tanaman baru.
  • Bila Anda mengalami fisik yang kurang baik atau malas mendaki, Anda bisa menyewa jasa ojek antar seharga 25 ribu rupiah.
  • Membawa surat rekomendasi yang menjadi dokumen wajib seperti surat keterangan sehat, KTP, surat izin RT RW setempat, hingga hasil tes Covid-19.
  • peralatan lengkap serta alat Kesehatan dan sanitasi seperti hand sanitizer dan masker.
  • persediaan logistic yang cukup. Pasalnya, di atas tidak ada sumber air yang memadai kecuali Anda membawa uang lebih untuk membeli air mineral di warung beberapa pos pendakian.

 

Informasi dan tips mendaki ke Gunung Sindoro ini bisa menjadi panduan Anda saat hendak mendaki. Kapan Anda siap menjelajahi Gunung Sindoro?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.