Ingin Mendaki Gunung Rinjani Si Cantik Di Timur Indonesia, Lakukan Tipsnya!

Bagi kamu yang hobi naik gunung pasti pendakian ke Gunung Rinjani adalah impian terindahmu. Salah satu gunung cantik yang ada di Pulau Lombok ini memiliki keindahan panorama yang sangat terkenal dan menakjubkan, bahkan kecantikannya hingga ke Asia.

 

Rinjani merupakan si cantik yang tak mudah ditaklukan karena faktanya gunung ini dianggap sakral bagi beberapa masyarakat setempat dan juga merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Kerinci di Jambi oleh sebab itu tak heran kalau medan yang harus ditempuh mempunyai tantangan paling nyata yang harus dihadapi pendaki.

 

Nah berikut ini tips mencapai puncak Rinjani yang bisa kamu praktekkan.

 

1.   Jaga kebugaran tubuh dengan berlatih fisik

Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl sehingga membuat pendaki menghabiskan sekitar 4-5 hari untuk sampai ke puncak serta membutuhkan ketahanan fisik sebagai faktor utama.

 

Maka rajinlah berolahraga sebelum melakukan pendakian ke Rinjani. Apabila kamu sudah terbiasa melakukan rutinitas olah fisik maka tak ada salahnya untuk menambah porsi latihan dari biasanya. Selain itu jaga pola makan dan tidur teratur serta asupan nutrisi

 

2.   Pilih waktu yang tepat

Saat waktu terbanyak adalah pertengahan agustus. Semua pendaki dari berbagai dunia dan indonesia berbondong-bondong untuk menyaksikan keindahannya. Selain itu musim libur panjang dan tahun baru juga menjadi periode dengan jumlah pendaki cukup tinggi.

 

Sebaiknya melakukan pendakian pada kurun Maret-Agustus awal. Selain itu saat mendaki ada baiknya kamu menyewa porter maupun guide agar pendakianmu tidak terlalu berat. Rinjani memiliki rute yang cukup menantang dengan medan yang melelahkan terutama saat summit attack.

 

baca juga:

Shopping Oleh-oleh! Kunjungi 6 Pusat Belanja Murah di Thailand

 

3.   Kenali Jalur Pendakian

Jalur pendakian Rinjani memiliki 3 jalur yaitu Sembalun, Torean dan Senaru. Dimana ada jalur favorit yang sering dipilih untuk mendaki yaitu Sembalun dan Senaru. Dengan Sembalun yang selalu menawarkan pemandangan yang sangat indah yaitu padang savana yang luas dan punggung gunung yang berliku dengan jurang di kedua sisi kanan dan kiri. Karena pemandangan yang eksotis ini maka tak salah kalau banyak pendaki memilih jalur ini. Meskipun saat siang hari jalur ini sangat terik tapi tidak jarang pula pendaki yang kewalahan.

 

Berkebalikan dari Sembalun, Senaru menawarkan rute hutan yang landai, kalau kamu memilih jalur ini, kamu akan menjumpai upacara ritual adat keagamaan dan memberi kesan yang tidak dapat dilupakan bagi para pendaki.

 

4.   Bawa perlengkapan yang lengkap

Bawalah perlengkapan yang kamu butuhkan, sebaiknya kamu membawa pakaian hangat dan obat-obatan karena suhu rinjani bisa mencapai 10 C dan suhu normal 20 C sehingga kamu mempersiapkan apa yang kamu butuhkan untuk menghadapi kondisi ini.

 

Untuk tas gunung, sebaiknya kamu gunakan carrier dan daypack. Pastikan bawa perlengkapan standar pendakian lainnya seperti alas kaki yang aman dan nyaman, peralatan makan dan memasak serta bahan-bahannya. Jangan lupa membawa senter, headlamp, sleeping bag dan lain-lain.

 

5.   Catat dan tandai titik penting

Salah satu yang paling dibutuhkan saat mendaki gunung adalah sumber mata air. Jadi kenali jalan dan catat saat melewati sumber mata air untuk kembali mengisi botol-botol yang kosong dan menyegarkan diri di Danau Segara Anak, Plawangan Sembalun dan dibawah jembatan yang berada di Pos 2. Nah untuk tempat camping, kamu bisa memilih untuk bermalam di pos 2 atau pos 3 Sembalun, Danau Segara Anak dan plawangan sembalun.

 

Nah kalau kamu termasuk pecinta spot terbaik untuk mendirikan tenda sebaiknya pilih pos 3 dan di Pelawangan, karena pos 3 memiliki mata air dan di Pelawangan sembalun adalah titik terakhir menuju puncak dan terdapat titik mata air

 

6.   Jangan Buang Sampah Sembarangan

Tetap ingat jangan pernah meninggalkan dan membuang sampah sembarangan saat mendaki gunung. Sampah yang ada di pegunungan sudah menjadi masalah utama bagi para wisata sehingga ketika kalian akan mendaki gunung sediakan trash bag untuk menaruh sampah, botol, plastik hingga kertas. Tak jarang juga setiap pos sudah menyiapkan tempat sampah.

 

Informasi tambahan untuk pendaki yang ingin mendaki ke Gunung Rinjani sampai puncak sebaiknya memilih rute Desa Sembalun dan apabila kamu hanya ingin sampai ke Danau Segara Anak sebaiknya pilih untuk melewati desa Senaru.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.