Bepergian Naik Pesawat, Simak Tips Mencegah Penularan Virus Corona

Aturan New Normal telah beredar di mana saja. Kini, saatnya masyarakat memulai kembali aktivitas mereka. Salah satunya ialah travelling.

Travelling di masa pandemic mengharuskan semua orang untuk tetap berhati-hati saat berlibur. Mulai dari keberangkatan hingga sampai di lokasi tujuan. Terutama saat berada di dalam transportasi di perjalanan.

Diberlakukannya New Normal bukan berarti kita akan bebas seperti sebelum pandemic datang. Melakukan perjalanan menggunakan pesawat akan diberikan banyak aturan baru demi membatasi penyebaran virus Covid-19.

Meski telah dilakukan aturan baru saat New Normal, tentu saja resiko penularan masih ada. Adanya sebuah studi baru yang mengungkap beberapa bagian pesawat bisa menjadi tempat paling beresiko untuk menularkan virus ini.

Oleh karena itu, berikut beberapa tips mencegah penularan virus corona di pesawat yang patut Anda simak.

 

1.                  Teliti dalam memilih maskapai

Maskapai juga menjadi penentu seberapa safety Anda selama perjalanan. Teliti maskapai yang menerapkan peraturan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di dalam pesawat.

Bagaimana aturan hingga cara maskapai dalam menjaga keamanan baik untuk penumpang hingga pegawai.

Berbagai aturan untuk pencegahan Covid-19 biasa diinformasikan melalui situs resmi mereka.

Sebagai calon penumpang, Anda perlu meneliti kembali bagaimana maskapai memberlakukan aturan sesuai protocol Kesehatan.

Seperti jarak fisik antar penumpang maupun pekerja, serta pelayanan makan dan minum saat di dalam pesawat.

 

2.                  Mengurangi interaksi saat di bandara

Sebagai tempat yang cukup luas, bandara menjadi salah satu area yang sangat berpotensi untuk menjadi lokasi penularan virus Corona. Termasuk di dalam pesawat.

Menghindari kontak dengan orang lain merupakan hal yang sangat sulit dilakukan. Namun, Anda harus tetap meminimalisir hal tersebut.

Untuk meminimalisir kontak dengan orang lain, Anda juga perlu mengurangi interaksi saat berada di bandara maupun di pesawat.

Salah satu caranya adalah dengan membeli tiket secara online serta menggunakan layanan mobile boarding pass.

Jangan lupa untuk menyediakan handsanitizer dan rajin mencuci tangan. Berbagai benda di bandara kerap disentuh oleh banyak orang sehingga Anda perlu menjaga diri Anda sendiri.

 

3.                  Membatasi intensitas ke kamar mandi

Meski kebersihan itu perlu, Anda perlu membatasi intensitas ke toilet atau kamar mandi. Pasalnya, kamar mandi bisa menjadi sarang kuman.

Mulai dari engsel pintu, closet, hingga benda lainnya yang bisa menjadi sarang dari kuman atau virus.

Bila Anda harus masuk ke toilet, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir lalu keringkan dengan tisu. Hindari sentuhan dengan engsel pintu, Anda dapat menggunakan alat bantu lainnya.

 

4.                  Menyalakan ventilasi udara di pesawat

Penumpang biasanya dianjurkan untuk menyalakan ventilasi udara di atas tempat duduk. Dengan menyalakan ventilasi, maka aliran udara akan menghalau virus dan kuman menuju arah lantai kabin.

 

5.                  Menjaga jarak dengan orang lain

Untuk mencegah penularan virus corona, maka menerapkan jarak fisik antar orang merupakan hal yang sangat penting minimal radius 6 kaki atau 1,8-2 meter.

Sebelum membeli tiket, hendaknya para calon penumpang mencari informasi mengenai penjarakan fisik antarorang pada maskapai saat melakukan penerbangan.

 

6.                  Pakai masker

Masker adalah pertahanan yang sangat penting untuk mencegah penularan Covid-19. Tak hanya mencegah paparan droplet atau percikan ludah dari orang lain, masker juga bisa membantu Anda dalam mengurangi aktivitas menyentuh bagian wajah seperti hidung, mulut, dan yang lainnya.

baca juga:

Sering Terbang Lintasi Zona Waktu? Yuk, Hindari Jetlag Dengan 5 Tips Ini

Pakai Masker Belum Cukup, Ikuti Tips Aman Travelling Saat Pandemi Coronavirus

Sempat Terhenti Akibat Pandemi, Tips Naik Pesawat Saat New Normal

 

7.                  Bersihkan tangan dan permukaan benda

Setelah Anda memegang suatu benda, pastikan untuk membersihkan tangan Anda. Pastikan tangan selalu dalam kondisi bersih. Saat menaiki pesawat, bersihkan dulu bagian permukaan benda disekitar Anda menggunakan desinfektan.

 

8.                  Mempertimbangkan resiko Kesehatan

Anda harus bisa menilai resiko Kesehatan diri Anda sendiri. Hindari melakukan perjalanan saat sedang kurang fit, karena virus akan mudah menyerang Anda. jika kondisi kurang baik, sebaiknya Anda berdiam diri dan istirahat di rumah.

Resiko tertular Covid akan jauh lebih besar bagi mereka dengan usia diatas 65 tahun, kekebalan tubuh yang bermasalah, Riwayat penyakit serius dan komplikasi lainnya.

 

Meskipun new normal telah diterapkan, Anda tetap perlu menjaga diri Anda sendiri untuk terhindar dari tertularnya virus ini. Siapkah Anda untuk travelling dengan pesawat?

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.