Cara Ampuh Memotret Foto Travelling yang Terlihat Luar Biasa

Siapa pun milenial yang suka travelling, pasti tidak akan lupa mengabadikan momen perjalanan terbaik. Cukup dengan kamera DSLR atau kamera smartphone, arahkan dan klik ke suatu obyek, maka tercipta foto yang bisa dijadikan kenang-kenangan perjalanan.

Tetapi, sebenarnya bagaimana cara mendapatkan potret yang terindah? Foto-foto perjalanan yang fantastis itu akan membuat Instagrammers ngiler ke berbagai tempat-tempat istimewa yang pernah Anda kunjungi.

Nah, yuk bikin teman-teman medsos envy dengan tips memotret foto travelling yang biasa agar terlihat luar biasa berikut ya!

 

1. Menangkap gambar terbaik di pagi hari

Trik pertama, bagaimana cara mengambil foto travelling yang lebih mengesankan? Bangunlah pagi-pagi! Yap, ketika pagi hari, kemungkinan jalanan masih sepi, udaranya juga masih segar dan bersih.

Satu jam sebelum matahari terbit dan satu jam sebelum matahari terbenam, cahaya yang Anda dapatkan begitu magis.

Dan pada saat itu, kerumunan wisatawa lainnya masih nyenyak di dalam hotel atau menuju Happy Hour. Sehingga, Anda bisa lebih leluasa mengeksplorasi obyek atau tempat yang menarik tanpa seseorang yang menghalangi.

 

 2. Pastikan untuk Meminta Izin

Terkadang foto mengenai orang atau human interest menjadi sangat memikat. Namun, sebelum mengambil foto atau memotret seseorang yang Anda temui di perjalanan, cobalah meminta izin terlebih dahulu.

Terutama jika ada hal-hal yang mengandung privasi seperti plat mobil, nomor rumah, dll. Jika mereka menolak atau menjawab “Tidak”. Tak perlu berkecil hati, yang terpenting adalah tetap sopan dan selalu meminta izin.

 

3. Gunakan Kamera yang Tepat

Meskipun saat ini banyak kamera HP yang canggih dan mutakhir, namun tetap saja untuk membidik fotografi secara profesional, gunakan kamera DLSR.

Ponsel adalah perangkat komunikasi, bukan kamera. Jadi, memang bisa dipakai untuk mengambil gambar, tetapi tidak se-sempurna menggunakan perlengkapan kamera sejati. Gunakan kamera SLR Anda, lalu unggah foto travelling yang spektakuler ke Instagram.

 

4. Gunakan Aplikasi Pengeditan

Hasil foto travelling kurang sempurna? Jangan khawatir, Anda masih bisa memakai aplikasi pengeditan foto yang akan memaksimalkan hasil akhir pemotretan.

Aplikasi pengeditan ini dapat diatur kembali fungsi ketajaman, kontras, dan tingkat kecerahan gambar.

 

 5. Terus Berlatih

Meski memotret itu hanya sekadar hobi atau iseng-iseng saja buat Anda, namun fotografi adalah bentuk seni yang perlu dipelajari dan latihan terus-menerus.

Jika ada komunitas fotografer atau seminar, bergabunglah dengan grup fotografi lokal. Tonton video acara-acara di Youtube, baca buku-buku tentang fotografi di perpustakaan setempat. Atau hadiri pameran fotografi.

 

6. Menikmati alam bebas

Pergi ke hutan kota atau taman lokal untuk menemukan subyek menarik yang bisa dijepret bertema alam. Atau tak ada salahnya berangkat hiking, pony-trekking, mendaki gunung, kitesurfing, serta menonton lumba-lumba.

Alam bebas menyediakan foto perjalanan paling menarik dan memukau untuk diunggah ke Instagram.

 

7. Pilih Latar Menarik

Carilah banyak warna dan tekstur saat Anda memilih latar belakang untuk foto  travelling unik. Seekor unta yang berdiri di depan dinding yang dicat putih, tidak akan mampu sekeren unta yang tertidur di depan kios pasar warna-warni.

 

baca juga:

Bikin Jadwal yuk! 7 Langkah Sederhana Merencanakan Perjalanan ke Eropa

 

8. Potret dalam Format Frame Portrait

Gambar Instagram umumnya tampil dalam format portrait atau kotak, jadi sebaiknya gunakan format yang sama untuk memotret foto travelling.

 

9. Third Rules yang Terkenal

Apa itu Third Rules? Istilah ini sangat popular di kalangan pecinta fotografi atau pemotretan. Konsepnya fotografer akan membagi obyek atau gambar menjadi tiga, baik secara vertical maupun horizontal.

Dengan begitu, Anda akan menciptakan lebih banyak poin menarik. Mata yang melihatnya juga akan “terpana” pada foto untuk mengambil semua detail yang ditampilkan.

 

Satu lagi tips terakhirnya, jangan lupa bersenang-senang! Terkadang Anda jadi terlalu sibuk memotret, sampai-sampai lupa untuk menikmati apa yang sebenarnya harus Anda lihat atau lakukan.

Mudah-mudahan dengan tips di atas foto yang Anda bidik bisa tampil lebih baik seiring waktu.

Jadi, apakah Anda siap untuk memulai kembali perjalanan yang sempat tertunda kemarin? Yuk, ambil perlengkapan kamera Anda dan berangkat!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.