Mau Wisata Religi Tambah Pahala, Begini 10 Tips Travelling Seru di Bulan Puasa

Biasanya akan ada banyak hari libur yang ada di bulan puasa. Maka, ini adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan untuk travelling.

Apalagi Anda adalah seorang pekerja kantoran yang sulit sekali libur. Namun, apakah puasa akan menghambat travelling Anda? Tentu saja tidak.

Meskipun dalam keadaan berpuasa, travelling tetap bisa berjalan lancar, lho! Ibadah puasa Anda juga tidak akan sulit meskipun Anda sedang berlibur. Bagaimana tipsnya? Simak berikut ini.

1.    Sahur tidak boleh terlewat

Point penting agar kuat dan bertenaga saat berpuasa adalah sahur. Meskipun Anda sudah biasa berpuasa setiap hari, namun sahur tidak boleh Anda lewatkan.

Apalagi sedang melakukan travelling yang membutuhkan tenaga lebih. Jika poin ini Anda lewatkan, bisa-bisa tubuh akan lemas saat di jalan.

Tentu saja hal ini tidak Anda inginkan, bukan? Selelah-lelahnya Anda di pagi-pagi buta atau sedang dalam perjalanan, sahur harus tetap nomer 1.

2.    Menu sahur yang bergizi

Meskipun Anda sedang berada jauh dari rumah, bukan berarti makanan bisa bebas apa saja. Untuk sahur, tetaplah untuk mencari menu yang bergizi seimbang agar puasa tetap bertenaga.

Saat travelling, tubuh juga membutuhkan tenaga yag lebih agar selalu dalam kondisi fit meskipun berpuasa. Selain itu, jangan lupa untuk beristirahat yang cukup.

Dengan menu bergizi dan porsi yang cukup ketika sahur, maka puasa dan travelling akan berjalan lancar.

3.    Pilih destinasi tujuan dengan mayoritas warga Muslim

Poin yang satu ini sebenarnya kembali lagi dengan keinginan Anda. Namun, ada baiknya jika Anda memilih destinasi tujuan yang mayoritas warganya muslim.

Itu karena, ini akan mempermudah diri Anda ketika akan berbuka puasa karena pasti ada banyak tempat makan yang halal, termasuk waktu sahur juga.

Selain itu, masjid pasti mudah ditemukan sehingga ibadah akan tetap terlaksana dengan lancar. Travelling saat bulan puasa di kota orang juga akan menambah pengalaman Anda karena Anda akan merasakan sensasi dan tradisi berbeda di bulan Ramadhan.

4.    Buka puasa Bersama di masjid setempat

Rasakan pula sensasi berbeda berbuka puasa Bersama di masjid setempat. Kunjungi masjid yang ikonik di kota tujuan Anda.

Biasanya, masjid-masjid ini akan menggelar buka Bersama, sehingga Anda bisa merasakan sensasi berbeda saat buka Bersama warga setempat. Berkunjung ke tempat ikonik ini juga akan menambah pengetahuan lebih, lho!

5.    Alokasi budget untuk jajan dan lainnya

Namanya juga travelling, tentu saja butuh budget. Siapkan budget jajan untuk ngabuburit, menu buka dan sahur, hingga budget untuk berkunjung ke lokasi wisata.

Alokasikan semua budget Anda dengan pas setiap harinya agar tidak terjadi pelonjakan pengeluaran.

Salah satu godaan terbesar dalam berpuasa adalah jajanan yang dijual di sepanjang jalan. Jadi, alokasikan budget sebaik mungkin, ya!

6.    Bawa barang yang nyaman

Ketika Anda ingin berkunjung ke suatu tempat saat tengah hari, bawalah barang seminim dan senyaman mungkin. Pastikan semua barang sudah Anda packing dengan rapi dan ringkas.

Membawa barang terlalu banyak akan memberatkan diri Anda serta akan membuat tubuh lebih cepat Lelah selama travelling apalagi sedang berpuasa.

7.    Catat waktu imsak dan berbuka di lokasi tujuan

Beda kota, beda juga waktu imsak dan berbukanya. Apalagi jika Anda di luar negeri. Oleh karena itu, carilah informasi mengenai waktu imsak, berbuka, hingga waktu ibadah 5 waktu yang sesuai dengan lokasi tujuan Anda sebelum berangkat.

Hal ini akan sangat membantu Anda jika Anda berkunjung ke lokasi mayoritas non muslim.

8.    Bawa vitamin

Travelling mengharuskan tubuh Anda untuk selalu vit. Salah satu pilihannya adalah mengonsumsi vitamin saat berbuka serta sahur.

Dengan begini, kondisi tubuh Anda akan terus fit saat berpuasa dan tidak mudah lemas.

Baca juga:

Terancam Punah, 11 Kuliner khas Nusantara yang Sudah Jarang Ditemui

 

9.    Minum banyak air putih saat sahur

Jalan-jalan saat tengah hari tentu membutuhkan tenaga yang lebih dari biasanya. Apalagi matahari sedang terik-teriknya sehingga mudah membuat Anda haus.

Oleh karena itu, siasati dengan minum banyak air putih ketika berbuka dan juga sahur. Hal ini akan menghindarkan tubuh Anda dari panas dalam dan dehindrasi.

10.  Kurangi jelajah saat siang hari

Siang hari biasanya waktu yang sangat melelahkan. Ditambah lagi dengan matahari yang terik, macet, dan yang lainnya.

Pikirkan kembali jadwal Anda saat travelling agar tubuh selalu fit. Wisata outdoor yang membutuhkan banyak tenaga bisa Anda lakukan saat pagi, sore, atau malam hari.

Tubuh yang tidak langsung terkena paparan sinar matahari di siang hari membuat Anda terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

Bulan puasa sudah di depan mata, liburan juga tentu akan menyambut Anda. Oleh karena itu, persiapkan segala travelling Anda dengan matang agar puasa tetap berjalan lancar. Selamat mencoba!

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.