Mau Mudik Lebaran Dengan Cepat, Nyaman dan Murah? Naik Kereta Api Aja Yuk..

Moda transportasi umum berupa kereta api, saat ini telah menjelma sebagai sarana angkut primadona ketika mudik lebaran. Bisa mengangkut seluruh anggota keluarga dalam satu gerbong, cepat dan murah. Yang paling penting adalah saat ini fasilitasnya juga sangat lengkap dan nyaman, tak ubahnya seperti pesawat atau bus eksekutif.

Tidak ada lagi penumpang yang berjejalan di dalam gerbong kereta api karena setiap tempat duduk sudah memiliki tiketnya masing – masing.

Inilah sebabnya, 3 bulan sebelum Lebaran, tiket kereta api sudah diborong habis oleh para pemudik dari berbagai kota. Reservasi awal pada 90 hari sebelum keberangkatan inilah kemudian membuat memiliki kereta api mudik seperti tiket emas yang sangat berharga.

Momen libur lebaran yang cukup panjang, juga kerap dijadikan momen keluarga untuk mengajak anak – anak liburan sekolah dan menyambangi keluarga di kampung halaman. Anak – anak bisa duduk tenang dan terhibur di dalam kereta api yang panjang. Tidak seperti menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor, maka memakai moda kereta api jauh lebih nyaman.

Selain masih bisa berjalan – jalan di antara gerbong, terdapat juga gerbong restoran untuk memesan makanan dan minuman bagi si kecil.

Kereta api dari PT KAI pun telah diberikan berbagai fasilitas seperti AC dan kipas angin hingga TV. Jadi, para penumpang tidak perlu cemas kepanasan atau terasa kurang nyaman. Selain itu, akan selalu ada pramugari kereta api yang hilir mudik menawarkan makanan, minuman dan camilan untuk para penumpang di setiap gerbong.

Nah, mudik menggunakan kereta api memang menyenangkan. Tapi, ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar liburan bersama anak – anak juga makin lancar dan tanpa rewel. Berikut di antaranya:

1. Persiapan datang lebih awal ke stasiun

Liburan yang menyenangkan naik kereta api bakal buyar dan melayang sia – sia jika Anda datang terlambat ke stasiun. Terutama jika Anda membawa banyak barang bawaan atau bersama rombongan keluarga dan anak – anak dalam jumlah besar.

Kereta api saat ini dikenal sangat tepat waktu sehingga tidak akan menunggu keseluruhan penumpang tiba.

Menghindari keterlambatan atau bahkan tertinggal kereta api, datanglah ke stasiun lebih awal. Rentang waktunya 2- 3 jam sebelum keberangkatan. Hal ini untuk mengantisipasi jika kondisi jalanan sedang macet.

Ruang tunggu di stasiun kereta api saat ini juga sudah sangat nyaman. Terdapat wi-fi gratis, musholla, toilet bersih dan wangi, serta tempat mengisi ulang baterai HP di berbagai tempat.

2. Selalu bawa KTP dan boarding pass di tas selempang

Hampir mirip seperti naik pesawat terbang, sebelum memasuki peron, petugas biasanya akan memeriksa KTP dan boarding pass. Oleh karena itu, cetak dulu boarding pass jika memesan secara online dan usahakan agar tidak terlambat. Pasalnya, pencetakan boarding pass hanya dibatasi maksimal 15 menit sebelum keberangkatan. Lebih dari 15 menit, maka pencetakan boarding pass sudah tidak bisa dipakai lagi.

Para petugas juga akan memeriksa KTP para penumpang untuk mencegah pencaloan. Jika data antara boarding pass dan KTP sudah sesuai dan sama, maka penumpang dipersilakan memasuki ruang peron.

 

3. Menyediakan camilan atau bekal

Pastikan ketika mengajak anak – anak naik kereta api, Anda sudah mempersiapkan 3 M sebagai bekal. Yaitu Makanan, Mainan, dan Minuman agar anak – anak selalu terhibur dan tidak mudah rewel. Bawa juga beberapa alat yang menambah kenyamanan seperti jaket atau bantal leher dari rumah.

Tapi, tenang saja, jika Anda tidak membawa camilan ini dari rumah, maka masih bisa membeli di toko – toko makanan atau outlet roti yang tersedia di sekitar peron stasiun. Atau bahkan, Anda juga bisa membeli berbagai camilan dan minuman hangat yang ada di gerbong restoran atau gerbong makanan. Di sana juga terdapat tempat duduk bagi penumpang yang ingin menikmati makanan instan hingga makanan berat.

Baca juga:

Butuh Liburan? Ini 5 Destinasi Anti-Mainstream Terbaru 2018 yang Bakal Hits Sepanjang Tahun

***

Menjajal mudik lebaran dengan naik kereta api bersama keluarga akan menjadi momen spesial yang bikin ketagihan di momen lebaran tahun berikutnya. Pastikan untuk memesan tiket kereta api lebih awal agar tidak kehabisan. Selamat mudik lebaran dari Jari Adventure.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.