Liburan yang Bermanfaat, Begini Cara Travelling yang Gak Cuma Habiskan Waktu

Perubahan zaman seringkali turut mempengaruhi perbedaan pola pemikiran dari generasi ke generasi. Jika dahulu kegiatan plesiran atau travelling sering dikaitkan dengan berkontemplasi, merenung, menyepi, atau mensyukuri nikmat Ilahi, saat ini travelling bisa dikatakan tak ubahnya seperti tren milenial.

Foto – foto hasil liburan yang dihasilkan dari tempat terbaik atau permata – permata baru yang bersinar menjadi sekadar obyek untuk menaikkan rating akun media sosial atau menambah jumlah followers. Orientasinya tentu saja, ujung ujungnya duit alias materi.

Bila masih ingin menikmati perjalanan wisata tanpa membuang waktu percuma untuk ajang euforia yang hedonis. Nih, coba deh cek kegiatan positif yang bisa kamu lakukan selama travelling:

Mengajar anak – anak di pedalaman

Pada dasarnya, petualangan ibarat mencari kebahagiaan. Padahal, kebahagiaan itu sederhana. Buatlah dirimu bermanfaat bagi orang lain, maka kamu akan bahagia secara otomatis bisa menjadi “matahari” untuk orang lain.

Sama halnya, saat kamu berkunjung atau berlibur ke pedalaman. Di beberapa daerah di Indonesia, masih banyak suku – suku pedalaman yang belum terjamah pendidikan dengan baik. Daripada kamu cuma memotret, berjalan – jalan di sekitar, kenapa tidak memberikan sedikit pengetahuan yang kamu miliki bagi anak – anak pedalaman?

Mereka umumnya sangat antusias dengan para wisatawan yang datang membawa buku – buku bacaan, gambar atau “oleh – oleh” edukatif. Jadi, bukan hanya kamu yang bisa mendapatkan oleh – oleh dari tempat wisata. Sebaliknya, kunjunganmu yang memberikan oleh – oleh berharga bagi mereka.

Tidak perlu mengajar yang terlalu sulit. Misalnya, dengan mengajarkan mereka kosa kata bahasa indonesia sederhana untuk sehari – hari, bahasa inggris yang umum untuk menyapa, atau bahkan menggambar dan mewarnai. Dijamin, anak – anak bakal antusias menyambut kehadiranmu. Keren banget, kan!

Memberikan donasi ke taman bacaan atau kegiatan sosial

Bahkan selembar uang rupiah bakal menjadi donasi yang sangat berharga bagi mereka. Berlibur ke suatu daerah, jangan lupa turut menyumbang sedikit atau berdonasi untuk memberi bantuan kepada yang membutuhkan.

Selain uang, kamu juga bisa memberikan berupa benda yang masih layak seperti buku – buku pelajaran, buku cerita, buku bergambar, buku tulis, pakaian, perlengkapan sekolah dan sebagainya.

Setidaknya, kunjunganmu tidak cuma bersenang – senang, kamu juga bisa mampir ke taman bacaan atau yayasan para relawan untuk memberikan donasi.

Mengabarkan berita di daerah dalam blogmu

Selama travelling kamu pasti menjumpai sesuatu yang indah, menarik, atau bahkan sebaliknya, kejadian memprihatinkan hadir di depan mata. Ada begitu banyak blogger pro dari luar negeri yang memberikan inputan baik kepada pemerintah daerah ataupun warga agar menjadi tempat wisata yang lebih baik dan ramah wisatawan.

Tidak ada yang akan pernah tahu, tanpa ada yang mengabarkan. Makanya, selama travelling catat dalam jurnalmu poin – poin penting yang kamu jumpai di tempat wisata sebagai bahan tulisan di blog.

Misalnya, ternyata ada pungutan liar untuk wisatawan saat masuk atraksi wisata, kebersihan lingkungan  yang terabaikan di tempat wisata, atau bahkan kondisi wisata yang semakin kritis. Bicara dan kabarkan pada dunia untuk membuat perubahan.

baca juga:

Liburan Dadakan Pertengahan Desember, Inilah 7 Lokasi Wisata Terbaik yang Ideal

 

Mendapatkan relasi baru dan peluang usaha baru

klimg.com

Banyak pulau – pulau yang tersembunyi dan masih belum terjamah yang butuh perhatian banyak kalangan. Bila bukan dari warga negara sendiri, jangan heran bila banyak investor asing yang justru menggarap potensi wisata di Indonesia.

Pulau seperti daerah Nusa Tenggara Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Raja Ampat, semuanya sudah populer. Tak menutup kemungkinan, kamu yang bakal jadi pengusaha wisata selanjutnya.

Melakukan penelitian proyek – proyek tertentu

cdninstagram.com

Sekalian berlibur kamu bahkan bisa merangkap untuk membantu di bidang proyek penelitian dan pengembangan perusahaan. Misalnya, untuk membuka tour and travel atau jasa open trip. Menggaet hotel – hotel yang murah, merancang perjalanan yang romantis atau bahkan menantang, bisa juga untuk kepentingan para peneliti, ilmuwan, dan penulisan buku ilmiah.

***

Terbukti kan, wisata itu gak melulu bersenang – senang atau identik dengan euforia yang percuma. Sambil berlibur ternyata kamu juga memberikan input positif untuk melestarikan dan mendukung kemajuan destinasi wisata.

Kemana pun tujuan liburanmu, pastikan Jari Adventure untuk membantu mengakomodir perjalananmu.  Jari Adventure, mitra sejati petualanganmu.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.