Liburan Tahun Baru 2020 ke Talaud! Ini Tipsnya

Buat kalian yang suka melakukan petualangan, atau berencana melakukan petualangan ke tempat-tempat baru yang mungkin belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, atau mungkin memang tidak banyak dikunjungi orang.

Tentunya sangat sulit bagi kalian untuk mencari informasi yang tepat dan terkadang mempersulit kalian dalam melakukan perjalan.

Kesulitan yang biasanya dihadapi oleh traveler adalah mereka mendapati bahwa misalnya harga transportasi sudah tidak sesuai dengan informasi yang dia dapatkan sebelumnya.

Terkadang juga didapati sangat sulit mencari akomodasi yang sesuai baik soal harga dan juga kenyamanan. Karena biasanya di daerah yang sangat terpencil, tidak ada penginapan yang disediakan.

Penginapan biasanya terletak jauh di kota, yang jarak tempuhnya biasanya memakan waktu seharian. Kendalanya adalah tempat yang ingin dieksplorasi sangatlah banyak dan tidak mungkin hanya dikunjungi dalam 1 hari saja.

Untuk itu kalian harus butuh penginapan yang memadai setidaknya ada tempat bagi kalian untuk bisa beristirahat, setelah melakukan perjalanan eksplorasi seharian.

 Pesona Pantai Eksotis Kabupaten Kepulauan Talaud

Berkunjung ke salah satu Kabupaten Perbatasan Indonesia, Pulau terluar yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Yang sebelumnya belum pernah berkunjung ke sini, yakni ke Kabupaten Kepulauan Talaud, yang merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki Ibu kota Manado.

Rute dan Biaya Liburan

Untuk menuju ke tempat ini, maka kalian harus menempuh perjalanan udara selama 3 Jam 30 menit dari pusat kota Manado.

Kemudian, baru naik Kapal Motor ke Talaud yang harga satu tiketnya mencapai Rp 350.000/orang. Harga ini adalah tarif kapal motor dengan  tempat tidur penumpang biasa.

Namun jika kita tidak nyaman dengan suasana yang panas, maka mau tidak mau harus membayar biaya kamar yang lebih nyaman. Sebagai informasi jika kalian membayar kamar maka dalam satu kamar akan tediri dari dua tempat tidur susun, dimana tidak menutup kemungkinan ranjang yang satunya lagi diisi oleh penumpang yang lain.

Sesampainya di Kota Kabupatennya yakni Melaonguane akan sedikit membingungkan karena tempatnya terlihat sangat kecil. Dengan banyak orang yang berkumpul di satu titik yakni dermaganya.

Disana tidak banyak orang yang bisa berbahasa Indonesia yang baik dan benar, mereka menggunakan bahasa lokal atau bahasa manado. Yang harus kalian lakukan pertama kali adalah bertanya kepada petugas pelabuhan atau masyarakat lokal.

baca juga:

Terpesona Wisata Keren di Singapura, Rugi Kalau Dilewatkan!

 

Tips Berwisata ke Kabupaten Talaud

– Jika ingin bepergian ke tempat yang baru dan terpencil, lebih baik atau lebih bijak jika tidak hanya mencari informasi melalui internet.

– Lebih nyaman bagi kamu memiliki kenalan yang sudah pernah ke tempat tersebut dan tahu seluk beluk tempat itu ataupun mungkin bisa mengenalkan kalian dengan penduduk setempat yang nantinya bisa membantu dalam memberikan informasi yang jelas mengenai tempat tersebut.

– Untuk transportasi lebih baik kalian mencari transportasi yang membuat kalian nyaman. Jika tempatnya terpencil dan harus menyebrangi lautan, lebih baik membayar sedikit lebih mahal demi mendapatkan kenyamanan. Misalnya, jika tidak nyaman dengan moda transportasi laut, maka masih bisa menggunakan pesawat. Karena tersedia rute pesawat yang melayani jalur Manado-Melonguane yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Talaud.

– Bagi wisatawan yang baru pertama mengunjungi desa ini, diharapkan melaporkan diri kita ke petugas setempat. Dengan melaporkan diri, kita akan banyak mendapatkan informasi dan bantuan yang dibutuhkan. Entah itu, sekedar mencarikan penginapan atau pun informasi kependudukan atau lokasi yang rencananya akan kita kunjungi.

– Biasanya di pedesaan orangnya lebih peduli, sehingga akan membantu sebisa mereka .Informasi yang tak kalah pentingnya adalah mengenai provider apa yang yang tersedia di tempat yang akan kita kunjungi. Mungkin terasa sepele, namun internet sangat penting. Sebaiknya, pilih jenis provider yang mencakup area terpencil seperti daerah kepulauan.

Demikian tipsnya, semoga bisa membantu bagi kalian yah.

Jari Adventure

Informasi tour, travel, dan transportation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.